Beranda Drives Lexus NX 300, Prince On The Road

Lexus NX 300, Prince On The Road

Berlabur kemewahan dan fitur canggih, Ia bak pangeran berkendara di jalan raya.

Foto-foto: Sigit Sugianto (Carvaganza)

LEXUS adalah kendaraan yang identik dengan kemewahan yang terpancar dari ragam tipe yang dimiliki, termasuk Lexus NX 300 yang telah hadir di Indonesia ini. SUV premium ini memiliki struktur kemewahan yang telah menjadi ciri khas pabrikan dan di pasar global tersedia dalam ragam varian mulai dari standard atau luxury, F-Sport maupun Hybrid. Tapi sayang, untuk versi hybrid tidak dijual di Indonesia.

Bodinya yang besar berukuran panjang lebih dari 4 meter dan lebar hampir dua meter berhiaskan tarikan garis tegas sehingga memunculkan kesan kokoh dan elegan. Warna mobil Amber Crystal Shine yang senada dengan kelir velg 18 inci memancarkan kesan harmonis dan keindahan.

Pada saat mendekati mobil, lampu illumination yang ada pada headlamp, spion dan handle pintu menyala sebagai penerang jalan. Pada saat memasuki kabin, nuansa mewah dan aura sporty terlihat menyatu berkat desain dashboard, trim pintu, konsol tengah yang elegan dikombinasikan dengan jok kulit berwarna hitam. Namun, Anda bisa memesan warna interior lain sesuai keinginan Anda sendiri.

Suara mesin terdengar halus ketika Anda menekan tombol start/stop. Kabin sangat kedap sehingga suara mesin nyaris tak terdengar dan kekedapan itu juga Anda bisa rasakan pada saat mobil melaju di jalan. Posisi jok dan setir dapat diatur secara elektrik sehingga bisa mendapatkan posisi duduk yang nyaman.

Pada mode pengendaraan Eco, perpindahan transmisi otomatis 6-kecepatan terasa halus meski rentang perpindahan cukup jauh. Indikator ECO akan menyala kalau kita berkendara masih dalam batas efisien dan ditunjukkan dengan warna biru pada layar odometer. Berkat fitur Vehicle Stability Control (VSC) mobil terasa stabil ketika melewati tikungan atau pun bermanuver.

Untuk mobil dengan mesin 2.0 liter turbo dan bobot 1,7 ton, Lexus NX 300 tergolong efisien. Pada pengendaraan dalam kota mencatatkan konsumsi 9,5 km per liter, sedangkan di jalan tol mencapai 12,1 km/liter.

Pada mode Normal, pengendaraan tergolong seperti mode Eco hanya saja rentang perpindahan gigi transmisi lebih pendek sehingga penyaluran tenaga ke roda terasa lebih cepat. Setingan suspensi sendiri tidak mengalami perubahan.

Berbeda ketika kita pindahkan ke Sport. Bagi car enthusiast mode ini akan lebih menyenangkan karena perpindahan transmisi terasa lebih cepat dan agresif. Bahkan setiap perpindahan transmisi memberikan dorongan torsi yang kuat, seperti membawa mobil sport dengan miss fire, hanya pada NX 300 tidak ada suara raungan knalpot. Oh ya, perpindahan transmisi juga bisa dilakukan secara manual dengan paddle shift atau tuas manual shiftronic.

Untuk mencapai 100 km/jam dari titik diam cukup mudah hanya dalam waktu 7,3 detik. Berkat dukungan suspensi dari MacPherson di depan dan Double Wishbone di belakang mobil masih terasa nyaman saat diajak berlari hingga top speed 200 km/jam. Ups, tapi pastikan juga tombol VSC tidak dalam posisi off karena jika tidak aktif, mobil akan terasa limbung pada saat bermanuver.

Ketiga mode berkendara di mobil hanya mengubah setingan transmisi dan limiter mesin loh. Sedangkan untuk suspensi dan bobot setir tidak dapat diubah. Bobot setirnya terasa ringan dan kurang komunikatif sehingga saat bergeser pada kecepatan tinggi, ia memberikan reaksi lambat dan saya harus lebih konsentrasi.

Mobil yang dijual seharga Rp 1,030 miliar ini  menawarkan fitur canggih lainnya yang dapat memudahkan pengendara, seperti kamera 360 derajat yang secara otomatis akan menyala ketika berjalan di bawah 10 km/jam. Ada pula Blind Spot Monitoring yang memberikan sinyal saat ada kendaraan di samping yang tidak terlihat.

Pada jok baris kedua, posisi reclining bisa diatur sehingga penumpang dapat duduk lebih rebah dan santai. Selain itu, dari bagian pengemudi juga dapat melipat jok baris kedua secara elektrik hanya dengan menekan tombol yang ada di bawah setir. Setelah terlipat seluruhnya, kabin terasa lebih lega dan menambah ruang untuk membawa barang.

Sekali lagi, Lexus NX 300 Luxury memang menawarkan kemewahan. Saya lebih suka duduk di baris kedua dengan menggunakan jasa pengemudi dan menikmati jalan bersama sang putri yang duduk di sebelah. Saya juga dapat menikmati indahnya langit atau lampu-lampu kota pada malam hari melalui sunroof.

Lexus NX 300 Luxury 2018

Layout kendaraan: SUV, mesin depan, 5 pintu,5 penumpang, FWD
Mesin: 2.0L 8AR-FTS VVT-iW Turbo 4-cylinder / 235hp @4800-5600rpm / 350Nm @1650-5000rpm
Transmisi: Otomatis 6-kecepatan
Top Speed: 200 km/jam
0-100 km/jam: 7,3 detik
P x L x T: 4630 x 1845 x 1630 mm
Wheelbase: 2660 mm
Bobot kosong: 1700 Kg
Kapasitas Tangki: 60 liter
Rekomendasi BBM: Ron 98

VALDO PRAHARA

Kolom Komentar



latest updates

FEATURE: New Cars in Pebble Beach, New Meets Classic

Nama Pebble Beach Concours d’Elegance tentunya tak asing bagi para pecinta mobil klasik. Para kolektor bermimpi untuk bisa membawa mobil...

Wow! Ini Dia Bocoran Nama dan Harga Wuling SUV

JAKARTA, 19 Desember 2018 – Wuling Motors berencana baru akan meluncurkan Wuling SUV pada tahun depan, yang sampai saat ini belum diumumkan waktu pastinya....

Dian Asmahani, Wuling Memberikan yang Terbaik Untuk Indonesia

WULING MOTORS merupakan brand yang masih sangat muda di Indonesia. Pabrikan asal Cina itu baru masuk di Indonesia pada bulan...

BMW X5 xDrive45e iPerformance, When Efficiency Meets Supremacy

STRATEGI mobil listrik milik BMW memang istimewa.  Saat Anda menginginkan sebuah mobil listrik perkotaan yang canggih, Anda dapat memilih BMW...

Bulan Depan, Generasi Terbaru Mercedes-Benz CLA Lahir

STUTTGART, 19 Desember 2018 – Satu model baru Mercedes-Benz dipastikan akan meluncur pada awal tahun depan, saat berlangsungnya Consumer Electronic...