Beranda Drives Land Rover Range Rover Evoque  2.0, Exotism SUV

Land Rover Range Rover Evoque  2.0, Exotism SUV

Foto-Foto: Valdo Prahara/Carvaganza

MENGEMUDIKAN Land Rover Range Rover Evoque bagi saya adalah hal yang menyenangkan. Jalanan menanjak pedesaan yang berliku dikombinasikan dengan pemandangan pantai dari atas bukit  adalah inspirasi tersendiri pada saat mengarungi jalanan Pulau Dewata.

Dan Saya melakukannya dengan dua wartawan Carvaganza lainnya mengemudikan Range Rover Evoque Si4 bertipe SE Plus di mana pada saat itu bersamaan dengan mengikuti kegiatan touring RAT (Riders Association of Triumph) Indonesia dalam rangka merayakan hari ulang tahunnya yang  keempat.

Land Rover dikenal sebagai manufaktur SUV yang kokoh, tangguh dan mumpuni untuk jalanan on-road maupun off-road. Namun ketika menghasilkan Evoque, Land Rover berkeinginan memadukan nilai-nilai kemewahan dan kenyamanan tertinggi dalam berkendara dengan nilai ketangguhan SUV yang telah menjadi karakter pabrikan.

Kendaraan ini mulai hadir pada Juli 2011 dan langsung mendapat sambutan antusias di berbagai belahan benua. Hingga akhirnya mobil yang memiliki kode identitas lahir L538 ini mendapatkan sedikit sentuhan guna meremajakan penampilannya medio 2014 lalu.

Evoque yang dipasarkan di Indonesia hanya memiliki satu pilihan sumber tenaga, yakni berbahan bakar bensin 2.0 liter Si4 turbocharge yang menghasilkan tenaga 237hp dan torsi maksimal 340 Nm. Jika pedal gas Anda benamkan, sentakan tenaganya masih mampu membuat tubuh Anda tersandar di jok semi-bucket elektriknya.

Mesin ini dikawinkan dengan transmisi otomatis komposisi terbar  9-kecepatan lansiran ZF. Selain mampu menjaga akurasi tenaga di setiap putaran mesinnya, sistem transmisi dengan banyak tingkat kecepatan ini juga mampu menjaga efisiensi bahan bakar saat berada di kecepatan rendah.

Karakter sebuah SUV yang gagah di sisi luar, dipadukan dengan kemewahan dan kenyamanan paripurna di dalam kabin. Kemewahan terasa dari jok berlapis kulit berkualitas yang dapat dipersonalisasi warnanya sesuai keinginan konsumen, lampu iluminasi dan Ambient Lights yang dapat diubah sesuai mood berkendara serta pilihan kombinasi warna tritone color interior yang memadukan silver, hitam dan warna senada pada interior.

Balutan kulit Oxford dilingkar setir terasa nyaman digenggam. Pada kemudi terdapat switch multi control yang dapat mengakses beberapa fitur dari Evoque, seperti Headunit, menjawab panggilan telepon, Cruise Control, menu Multi Information Display hingga Paddle Shift yang terletak di balik kemudi.

Anda dengan mudah dapat menjangkau seluruh bagian di konsol tengah Evoque. Mulai dari mengakses layar sentuh 8 inci, Headunit pintar bersistem navigasi, mengatur suhu udara kabin, memutar kenop transmisi hingga menyeleksi tombol Terrain Response yang menawarkan assist untuk berkendara empat roda di empat medan (Grass, Gravel dan Snow, Mud dan Ruts serta Sands).

Evoque merupakan mobil yang pintar. Tak perlu skill mengemudi off-road kelas atas yang harus piawai mengatur torsi mesin dan lingkar kemudi untuk membawa Evoque bermain off-road ringan.

Namun bisa dipastikan, hampir seluruh konsumen Evoque rasanya tak tega menyiksa mobil dengan banderol termurah Rp 1,360 milyar ini di jalanan berlumpur. Apalagi kalau Panoramic Roof-nya yang besar dibuka, nilai elitis kabin menjadi sangat kuat. Rasanya mobil ini terlalu elok untuk bermain tanah. Ia cocoknya menikmati jalanan dan pemandangan Bali yang eksotis seperti yang saya lakukan saat ini.

Range Rover Evoque 2.0

Layout kendaraan: SUV, mesin depan, 5 pintu,5 penumpang, AWD
Mesin: I-4 turbocharge 2.0L/  237 hp @5500rpm / 340Nm @1750rpm
Transmisi: A/T 9-kecepatan
0-100 km/jam: 7,3 detik
Top Speed: 217 km/jam
P x L x T: 4370 x 1990 x 1605 mm
Wheelbase: 2660 mm
Bobot kosong: 2350 Kg
Kapasitas Tangki: 54 liter
Rekomendasi BBM: Ron 95

VALDO PRAHARA