Beranda Drives Jaguar F-Pace 2.0, Baymax On Wheels

Jaguar F-Pace 2.0, Baymax On Wheels

Foto-Foto: Yudhi Ramli/Carvaganza

JAGUAR F-PACE sudah hadir sebelumnya di Indonesia dengan mesin 3.0 liter supercharged. Tipe tertinggi tersebut berhasil menjadi salah satu mobil pilihan Carvaganza Editors’ Choice 2017. PT Wahana Auto Ekamarga (WAE) sebagai distributor Jaguar kembali memboyong SUV tersebut dalam versi mesin yang lebih kecil, 2.0 liter turbocharged. Tentu saja kami tak melewatkan kesempatan ini untuk mengujinya.

Secara desain, Jaguar F-Pace 2.0 liter tak memiliki perbedaan dengan “kakaknya”. Penampilannya tetap elegan dan berkelas, khas mobil lansiran Inggris. Tapi sebagai sebuah SUV, mobil ini tak lepas dari aura sporty dan kokoh. Hal tersebut terlihat dari grille besar yang diberi kelir hitam serta penggunaan velg berdiameter 20 inci. Berhubung kami mendapat mobil tes berwarna putih, saya tak bisa melepas pikiran saya dari Baymax dalam film Big Hero 6. Robot tersebut terlihat ramah tapi bertenaga super dan canggih.

Masuk ke interior, saya dihadapkan pada jok kulit berwarna beige dan segala pengaturan infotainment digital. Saya langsung bisa merasakan atmosfer mewah dan luas, apalagi dengan adanya panoramic sunroof. Layar headunit yang terintegrasi dengan dashboard menawarkan banyak fitur hingga info mode berkendara.

Seperti pada Range Rover Velar, F-Pace dilengkapi Valet mode – sistem yang mengharuskan Anda memasukkan pin ketika ingin mengubah setingan infotainment demi menjaga privasi. Selain itu, terdapat pula eco data untuk merekam cara berkendara yang efisien. Penggantian driving mode juga memberi tampilan berbeda pada instrument cluster sehingga pengemudi dapat langsung mengetahui mode berkendara yang sedang digunakan.

Berhubung kami mendapat F-Pace 2.0 berwarna putih, saya tak bisa melepas pikiran saya dari Baymax – robot ramah tapi bertenaga super dan canggih.

Saat mobil dihidupkan, suara dari knalpot tak meraung layaknya F-Pace 3.0 atau F-Type. Saya menggunakan mode Normal untuk memulai perjalanan menelusuri kemacetan ibukota di malam hari. Meski mesin dijejalkan turbo, ia masih sangat santun saat menghadapi perjalanan stop and go. Setiap perpindahan transmisinya juga terasa begitu halus.

Lepas dari kemacetan, saya menggeber F-Pace ke jalan bebas hambatan. Secara konstan, saya mengajaknya berlari dalam kecepatan 100 km/jam. Berkat turbo, ia cukup mengasyikkan. Saya tak membutuhkan banyak usaha untuk menginjak pedal gas. Sedikit sentuhan saja, torsi maksimal sebesar 365 Nm sudah dapat mendorong mobil maju dalam range putaran mesin 1200-4500 rpm. Bahkan selama di jalur tol, saya membuktikan bahwa dengan putaran mesin 1600 rpm, mobil ini memiliki efisiensi bahan bakar 17,2 km/liter.

Bersenang-senang dengan SUV sport sepertinya tak lengkap tanpa mencoba mode Dynamic. Begitu mengganti ke mode itu, seketika tampilan instrument cluster berubah lebih sporty dengan nuansa merah. Adrenalin saya langsung meningkat dan menjadi lebih percaya diri untuk mengajaknya berlari kencang dan bermanuver dengan tajam.

Mesin dan transmisi terasa lebih agresif dan responsif pada setiap perpindahannya. Saat berakselerasi, ia dapat menembus 6,8 detik dari kondisi diam hingga 100 km/jam. Pencapaian mengagumkan untuk sebuah SUV dengan mesin 2.0 liter. Saya juga bisa memindahkan transmisi secara manual dengan paddle shift di belakang setir sehingga membuatnya lebih menyenangkan.

Suspensi F-Pace tergolong moderate dengan karakter keras. Saat melewati speed bump, guncangannya masih lembut dan nyaman bagi penumpang. Tapi ketika diajak menikung dalam, bantingannya seperti sedan sport yang sangat stabil dan rigid. Hal ini membuat saya lebih percaya diri saat menikung dalam kecepatan relatif tinggi di jalan bebas hambatan.

Persepesi pasar terhadap sebuah SUV adalah mobil yang mampu melibas jalur off-road. Tapi F-Pace tak dilengkapi fitur penunjang off-road seperti pada Range Rover Velar maupun Audi Q5. Sepertinya mobil ini lebih cocok untuk penunjang kegiatan sehari-hari di tengah kota. PT WAE membanderol mobil ini dengan harga Rp 1,699 miliar off-the-road.

Spesifikasi Jaguar F-Pace 2.0

Layout kendaraan: SUV, mesin depan, 5 pintu,5 penumpang, AWD
Mesin: 2.0L Petrol Mid Ingenium I4 Turbocharged / 246hp @5500rpm / 365Nm @1200-4500rpm
Transmisi: A/T 8-kecepatan Jaguar Sequential Shift
Top Speed: 217 km/jam
0-100 km/jam: 6,8 detik
P x L x T: 4731 x 2175 x 1667 mm
Wheelbase: 2874 mm
Bobot kosong: 1820 kg
Kapasitas Tangki: 63 liter
Rekomendasi BBM: RON 95

VALDO PRAHARA

Kolom Komentar



latest updates

TEST DRIVE: Lamborghini Urus, Historical Callings

LAMBORGHINI URUS sudah merencanakan model line ketiga sejak lama. Pada tahun 1970-an, Lamborghini pernah memperkenalkan kendaraan SUV yang disebut Cheetah...

Striker Honda Brio Edisi Khusus IMX 2018, Cuma Rp 2 Juta

JAKARTA, 17 November 2018 – Honda ikut hadir di ajang Indonesia Modification Expo (IMX) 2018 yang berlangsung Sabtu dan Minggu,...

BMW Seri 5 M Performance Diluncurkan di BIMMERFEST Semarang

SEMARANG, 18 November 2018 -- Para pecinta BMW seluruh Indonesia kembali berkumpul dalam ajang tahunan yaitu BIMMERFEST di Semarang. Tahun ini...

43 Pereli Papan Atas Tanah Air Bertarung di Kejurnas Reli Medan

MEDAN, 18 November 2018 – Ajang Kejurnas Reli 2018 putaran dua dan tiga yang digelar di kawasan perkebunan Rambong Sialang, Sumatera Utara, pada Sabtu...

Honda Civic Type R Pemenang Diecast Custom Competition Hadir di IMX 2018

JAKARTA, 17 November 2018 -- Honda menampilkan sebuah Civic Type R dengan stiker bodi di ajang Indonesia Modification Expo (IMX)...