Beranda Drives First Impression Range Rover Velar

First Impression Range Rover Velar

JAKARTA, 14 Desember 2017 – Ketika Range Rover Velar diboyong ke Indonesia oleh PT Wahana Auto Ekamarga (WAE) pada pada Oktober 2017 saya benar-benar terkesan. Range Rover Velar sukses menetapkan standar baru untuk sebuah SUV premium. Sejak awal peluncuranya saya penasaran untuk bisa mencoba mobil ini. PT WEA akhirnya memberikan saya kesempatan mengajak Range Rover jalan-jalan awal bulan ini.

Oh ya, mobil yang saya coba adalah Range Rover Velar 3.0 SE Dynamic dengan mesin 3.0 liter. Ini merupakan satu dari dua tipe yang ditawarkan PT WEA untuk pasar Indonesia. Satu tipe lainnya 2.0 R-Dynamic SE (Rp 2.050 miliar off the road) yang menggunakan mesin 4-silinder 2.0 liter yang dapat memberikan tenaga 250 hp dan torsi 365 Nm.

Sedangkan tipe yang saya jajal, Range Rover 3.0 SE Dynamic (Rp 2.350 miliar), menggunakan mesin V6 3.0 liter dengan supercharge yang dapat melontarkan tenaga 380 hp dan torsi 45 0Nm. Versi mesin V6 ini dikombinasi transmisi otomatis 8-kecepatan lansiran ZF. Bahkan klaimnya, mobil ini dapat berakselerasi 0-100 km/jam hanya dalam waktu 5,9 detik dengan top speed 250 km/jam.

Dari tampilannya, mobil ini cocok untuk menunjang gaya hidup “jaman now”. Desain dan tarikan garisnya sangat kekinian. Tapi jangan salah, di balik tampilannya itu Range Rover Velar cocok untuk “bermain tanah” karena mobil punya kemampuan untuk itu.

Saya mencobanya di trek off-road di kawasan BSD. Memang saya tak bisa membawanya bermain “off-road sebenarnya”, tapi setidaknya saya mencoba trek tanah untuk mendapatkan sensasinya. Range Rover Velar dibekali penggerak all wheel drive. Sangat mumpuni di trek speed off-road BSD. Pengendaliannya tetap stabil di tikungan meski dibawa dengan kecepatan tinggi. Selain itu, saya juga mudah saat melibas trek off-road yang tinggi dan basah karena mobil yang sudah menggunakan suspensi udara ini dapat diatur ketinggiannya.

Bahkan, setir mobil juga sangat mudah dikontrol. Bobotnya memang sedikit berat di tangan, tapi ini adalah hal wajar karena Range Rover Velar mengadopsi velg 21 inci dan ban tebal. Raungan suara knalpot miliknya juga menggelegar menambah adrenalin setiap kaki saya menyentuh pedal gas.

Kemampuannya beradaptasi dengan banyak lingkungan patut diacungi jempol. Mobil yang dilengkapi 7 mode berkendara, 3 mode pengaturan ketinggian suspensi dan 8-kecepatan otomatis.

Nah untuk hasil uji yang lebih lengkap, Anda bisa membacanya di carvaganza.com, majalah Carvaganza atau channel Yutube Carvaganza.

VALDO PRAHARA

Kolom Komentar



latest updates

Datsun Go+ Community Indonesia Nikmati Gunung Bromo

JAKARTA, 20 November 2018 – Komunitas Datsun Go+ Community Indonesia (DGCI) menikmati kemegahan Gunung Bromo, Jawa Timur, berserta lautan pasirnya...

Carlos Ghosn, Orang Besar Yang Terancam Runtuh

TOKYO, 20 November 2018 – Carlos Ghosn, bukan nama baru di dunia otomotif. Dialah orang yang sukses membangun aliansi pabrikan...

Komunitas BMW E36ID Semangat ke Bimmerfest Meski Mobil Rusak

JAKARTA, 20 November 2018 -- Gelaran kumpul akbar para pecinta BMW di ajang Indonesia Bimmerfest 2018 di Semarang, Jawa Tengah,...

Lamborghini SC18, Pesanan Spesial Divisi Balap

SAN’TAGATA, 20 November 2018 – Sebuah model eksklusif kini hadir dari Lamborghini yang dirancang oleh divisi balap, menggunakan basis Lamborghini...

Kasus Ghosn Bikin Gempar, Saham Renault dan Nissan Terjun Bebas

TOKYO, 20 November 2018 – Penangkapan Chairman Nissan, Carlos Ghosn, oleh pihak berwajib Jepang membuat dampak besar. Saham Renault tempat...