Beranda Drives FIRST IMPRESSION: Coba Performa SUV DFSK Glory 580

FIRST IMPRESSION: Coba Performa SUV DFSK Glory 580

JAKARTA, 25 April 2018 – Pasar otomotif Indonesia kini telah resmi kedatangan produk Sport Utility Vehicle (SUV) terbaru, yang hadir dari negara China, yakni DFSK Glory 580. Melihat data spesifikasinya, mobil ini bisa dibilang menjadi SUV yang punya fitur paling lengkap di kelasnya.

Di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018, tempat di mana Glory 580 diluncurkan, tersedia unit test drive untuk dicoba langsung oleh siapa saja yang penasaran. Carvaganza pun memanfaatkan kesempatan ini untuk merasakan impresi dari SUV dengan harga Rp 245,9 juta – 308 juta itu oleh PT Sokonindo Automobile.

Melihat desain eksteriornya, Glory 580 seperti memadukan elemen desain dari beberapa model SUV seperti Nissan X-Trail, Hyundai Santa Fe, dan Volkswagen Tiguan. Mobil ini memiliki opsi varian mesin 1.800cc dan 1.500cc turbo, di mana untuk 1.500cc turbo menjadi varian yang lebih mahal.

Kami mendapat unit varian termahal, yakni Glory 580 1.5T Luxury CVT, yang sudah dibekali fitur terlengkap. Mesin terasa nyaris tanpa getaran dari dalam kabin, ketika dinyalakan melalui tombol Engine Start Stop.

Respons mesin di putaran awal terbilang halus dan linear saat berakselerasi santai di area test drive yang cukup terbatas. Sebagai gambaran, area test drive di area outdoor Jakarta Intenational Expo Kemayoran terdiri dari terdiri dari lintasan U-turn, tikungan semi-parabolic, dan polisi tidur beruntun atau rintangan jalan bergelombang.

Di atas permukaan lintasan yang tidak rata, karakter peredaman suspensi Glory 580 langsung terasa agak kaku dan keras. Kabin SUV 7-seater ini langsung terasa agak berguncang selama melintas di area test drive.

Putaran setirnya ringan dan memang memudahkan kita saat manuver U-turn, tapi menurut kami setir Glory 580 justru terlalu ringan untuk sebuah SUV dan membuatnya kurang komunikatif untuk pengemudi saat butuh bermanuver cepat.

Untuk manuverabilitas, di area test drive ini Glory 580 dipaksa tidak bisa melalui tikungan U-turn dalam satu kali putaran penuh setir. Dengan dimensi sepanjang 4.680mm dan wheelbase 2.780mm, kami harus sedikit mundur untuk kembali maju menuntaskan U-turn.

Sementara di tikungan semi-parabolic, dengan suspensi yang agak keras, gejala body roll dapat sedikit dicegah dalam kecepatan 30 km/jam. Keuntungan lain dari kerasnya peredaman kaki-kaki Glory 580 adalah saat melalui rintagan polisi tidur, body tidak terlalu banyak mengayun, khususnya di roda belakang.

Kekurangan mobil ini baru terungkap saat kami coba untuk akselerasi kencang, dengan menginjak pedal gas dalam-dalam. Paduan mesin turbo dan transmisi CVT menyebabkan jeda cukup lama saat membutuhkan respons instan, apalagi karena turbo baru aktif di atas 2.000 rpm yang menimbulkan efek lag cukup panjang.

Kelemahan lain adalah bahwa ada jeda cukup lama saat posisi CVT dipindahkan dari D ke N lalu R, saat kami coba putar balik. Begitu masuk ke R dan pedal gas diinjak, mesin tidak langsung merespons dalam durasi setidaknya 1 detik.

Beruntung dari semua kekurangan yang kami rasakan di area test drive ini, kabin Glory 580 cukup nyaman dan terasa mewah dengan hadirnya balutan material kulit di seluruh jok yang ukurannya cukup besar. Aksen piano black di konsol tengah dan panel pintu menjadi nilai plus mobil ini soal penampilannya.

Harus diakui, dari impresi awal ini memang DFSK masih perlu berbenah untuk Glory 580. Kekurangan yang kami sampaikan di atas cukup penting bagi Glory 580 demi bisa bermain kompetitif dan merebut hati konsumen Indonesia yang masih perlu diyakinkan untuk memilih produk dari pabrikan baru asal China ini.

WAHYU HARIANTONO

Kolom Komentar



latest updates

Volkswagen Indonesia Perkenalkan Layanan Booking Service Online

JAKARTA, 14 Desember 2018 – PT Garuda Mataram Motor (GMM), agen pemegang merek Volkswagen di Indonesia, melakukan terobosan untuk semakin...

TEST DRIVE: Peugeot 3008 2018, Young Blood

JUJUR, saya lebih menyukai Peugeot 3008 yang terbaru. Saya pernah mengemudikan Peugeot 3008 generasi pertama dan versi faceliftnya. Kesan saya...

Bocor! Ini Penampakan Toyota Supra Versi Produksi

TOKYO, 14 Desember 2018 – Toyota Supra terbaru sudah pasti akan meluncur versi produksinya pada awal tahun depan, mengakhiri penantian...

Nissan Genjot Terra Saingi Fortuner dan Pajero Sport

JAKARTA, 14 Desember 2018 – Nissan terus menggenjot kehadiran andalannya, Nissan Terra, untuk bertarung di pasar SUV Indonesia. SUV premium...

Daimler Serahkan 200 Unit Truk Mercedes-Benz Axor 4928 T

SEMARANG, 14 Desember 2018 -- PT Daimler Commercial Vehicles Indonesia (DCVI), agen tunggal penjualan resmi kendaraan niaga Mercedes-Benz di Indonesia,...