Beranda Drives BMW X3 xDrive20i Luxury 2018, Advance Weapon X

BMW X3 xDrive20i Luxury 2018, Advance Weapon X

Foto-Foto: Sigit Sugianto

ON A MISSION. Itulah tagline yang secara tegas digunakan oleh BMW pada kampanye globalnya dalam mempromosikan generasi terbaru dari BMW X3. Kendaraan ini dijadikan sebagai senjata baru pabrikan di segmen midsize SUV atau yang mereka lebih suka sebut SAV (Sport Activity Vehicle). Dengan sangat percaya diri BMW merilis X3 terbaru ke pasar dunia, dengan membawa transformasi total dari model sebelumnya.

Saking seriusnya dalam kampanye tersebut, pabrikan Jerman ini bahkan sampai membuat aktivasi 360o virtual reality test drive The All-New BMW X3 di Planet Mars, seolah mengungkap misinya untuk menjadi penguasa di seluruh jagat, bahkan yang belum pernah dijangkau manusia (untuk saat ini setidaknya). Melalui X3, BMW ingin menunjukkan SUV yang memiliki performa layaknya seorang atlet  dengan dukungan modernitas pada fitur dan teknologi canggih terkininya.

Mobil ini pertama kali diperkenalkan pada Frankfurt Motor Show 2017, sebelum akhirnya didatangkan oleh BMW Group Indonesia pada bulan April 2018 lalu. Generasi ketiga dari X3 ini semakin serius memberi perlawanan kepada Mercedes-Benz GLC dan Audi Q5, dengan dipersenjatai berbagai pembaruan dan penyempurnaan.

Setidaknya ada dua milestone yang dibawa oleh X3 generasi ini, pertama adalah sebagai model SUV pertama BMW yang menggunakan seri kode G, tepatnya G01. Kemudian kedua, X3 juga menjadi model SUV pertama dari BMW yang mengusung pakem desain dan teknologi terbaru dan tercanggih yang sebelumnya baru ada pada model Seri 7 dan Seri 5, yang praktis membuat X3 sebagai Seri X tercanggih di Indonesia saat ini.

Begitu X3 melaju dari kondisi diam, respon mesin terasa linear dari bawah sampai atas.

Selain desain dan teknologi, X3 juga telah membengkak dari sisi dimensi yang secara keseluruhan sudah melebihi dimensi X5 generasi pertama, yang merupakan model SUV perdana BMW. Karakter desain agresif dengan garis tajam dari generasi sebelumnya kini digantikan dengan garis body yang cenderung membulat dan menciptakan kesan atletis dan elegan dari X3.

Keseragaman tampilan X3 dengan Seri 7 dan 5 terbaru langsung terlihat begitu masuk ke dalam kabinnya, dengan penampilan dashboard yang mengombinasikan aksen wood panel kuat, serta soft touch panel berlapis kulit Vernasca. Dominasi material akrilik pada konsol tengah dan tombol-tombolnya semakin menegaskan identitas model terbaru BMW pada X3.

Mobil yang didesain oleh Calvin Luk (juga desainer BMW Z4 Concept) ini telah memiliki sistem iDrive generasi 6.0 pada layar monitor 10,25 inci, yang selain telah gunakan layar sentuh, Gesture Control meski sensitivitasnya tidak sebaik Seri 7 dan 5. Panel instrumen pun telah berubah menjadi layar digital 8,8 inci.

Saat ini baru ada satu varian X3 yang ditawarkan untuk pasar Indonesia, yaitu X3 xDrive20i Luxury, bermesin 2.0 liter TwinPower Turbo, dengan turbocharger yang bekerja dengan sistem twin-scroll. Dengan sistem tersebut, mesin lebih konsisten menyalurkan tenaga dan torsi di setiap putaran, mengurangi gejala turbo-lag dan membuat konsumsi bahan bakar lebih ekonomis tentunya.

Benar saja, begitu X3 melaju dari kondisi diam, respons mesin terasa linear dari rpm rendah ke tinggi, hampir tidak kentara dari balik kemudi bahwa mobil ini memiliki mesin berinduksi turbo. Apalagi dengan transmisi Steptronic 8 kecepatan yang menyalurkan output mesin ke seluruh roda, membuat laju X3 tetap halus di setiap kecepatannya.

Sistem xDrive mendistribusikan daya ke seluruh roda dengan pembagian lebih dominan ke roda belakang, sehingga karakter fun khas BMW tetap bisa dirasakan seperti pada model sedannya. Meski menggunakan sistem elektrik, putaran setirnya terasa solid dan tidak terlalu ringan untuk memberi feeling yang mantap.

Baik dalam cruising speed maupun saat melalui tikungan dengan kecepatan medium, suspensinya terasa kokoh dan dengan baik mampu menahan body roll, apalagi mengingat bobotnya yang mencapai 1,8 ton. Sehingga, kedinamisan handling dari X3 tetap bisa dinikmati dengan nyaman dan lebih percaya diri.

Berpindah mode mengemudi dari Comfort ke Sport, sensasi performa khas BMW lebih bisa dirasakan. Karakter mesin yang semakin responsif ke pedal gas diikuti dengan putaran setir lebih berat namun membuatnya terasa lebih presisi, membuat X3 semakin menyenangkan dipacu. Sayang, absennya paddle-shift membuat kesenangan di balik kemudi kurang maksimal.

Meski performa dinamis X3 juga didukung fitur keselamatan terdepan dan canggih, kekurangan lainnya dari sisi convenience adalah tidak tersedianya kamera mundur untuk membantu saat parkir. Mengingat dimensi X3 yang semakin bongsor, bermanuver parkir tentu akan lebih tricky khususnya di area yang sempit.

Layaknya X-Men dengan proyek eksperimen mutan Weapon X, X3 menjadi senjata paling mutakhir dari BMW untuk seluruh Seri X saat ini, khususnya dengan beberapa fitur unggulan yang tidak dimiliki para rival, untuk menguasai segmennya. Untuk memilikinya di garasi, silakan siapkan mahar Rp 1,009 miliar off the road.

Spesifikasi BMW X3 xDrive20i Luxury

Layout Kendaraan: SUV, 5 pintu, 5 penumpang, mesin depan, AWD
Mesin: I-4 twinpower-turbo Valvetronic 2,0 liter / 184 hp @ 5000-6000 rpm / 290 Nm @ 1350-4250 rpm
Transmisi: A/T 8-kecepatan Steptronic
P x L x T: 4708 x 1891 x 1676 mm
Wheelbase: 2864 mm
Bobot kosong: 1790 kg
0-100 km/jam: 8,3 detik
Top Speed: 215 km/jam
Kapasitas Tangki: 60 L
Rekomendasi BBM: RON98

WAHYU HARIANTONO

Kolom Komentar



latest updates

Bridgestone Indonesia Gelar Kompetisi Bulutangkis Antar Pelajar

BEKASI, 13 Desember 2018 -- PT Bridgestone Tire Indonesia (Bridgestone Indonesia) menggelar kompetisi bulutangkis antar pelajar bertajuk ‘Chase Your Dream...

Sebastien Loeb akan Geber Hyundai di WRC 2019

ALZENAU, 13 Desember 2018 – Peta kekuatan dan persaingan di World Rally Championship (WRC) tahun depan sepertinya akan mengalami perubahan,...

Keduluan Importir, Mercedes Indonesia Luncurkan G-Class Tahun Depan

JAKARTA, 13 Desember 2018 – Beberapa waktu lalu, Mercedes-Benz G-Class generasi terbaru telah meluncur di Indonesia, namun bukan dari pihak...

Kemewahan MPV Mercedes-Benz Sapa Pengunjung Kemang Village

JAKARTA, 13 Desember 2018 – PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBDI) menutup tahun 2018 dengan menggelar eksibisi khusus yang didedikasikan untuk...

Pininfarina Battista, Mobil Paling Gahar dan Kencang di Italia

TURIN, 13 Desember 2018 – Automobili Pininfarina tengah menyiapkan satu hypercar listrik. Pabrikan asal Italia itu mengumumkan mobil listrik pertama...