Beranda Drives BMW 520i  Luxury, Keeping The Pace

BMW 520i  Luxury, Keeping The Pace

Carvaganza mencoba sedan mewah Seri 5 ini dari Jakarta sampai Surabaya.

Foto-foto: BWM Indonesia | Valdo Prahara

BMW SERI 5 di Indonesia sudah hadir sejak tahun 1972, setiap generasinya selalu menjadi ikonik bagi BMW. Saat ini generasi terbaru dengan kode bodi G30 sudah hadir di Indonesia sejak 2017, hanya saja yang perdana hadir adalah varian 530i luxury line. Kemudian beberapa bulan setelahnya diikuti oleh 520 diesel dan pada awal 2018 hadir varian 520i luxury line.

Varian 520i luxury ini dihadirkan BMW untuk mereka para pemula yang ingin memiliki sedan bisnis yang mewah. Meskipun sedan medium ini untuk kelas entry level, mobil ini tetap mempertahankan ciri khas BMW sebagai mobil sedan mewah yang fun-to-drive. Hal ini dibuktikan saat Carvaganza mengikuti acara media drive BMW Seri 5 dari Jakarta hingga Surabaya, Jawa Timur, selama 4 hari.

Sebagai sedan bisnis, saya pun diajak menikmati aura sebagai seorang pebisnis kelas atas dengan mengawali hari bertemu di salah satu hotel bintang 5 di Jakarta untuk merasakan pelayanan mewah dan baru berangkat saat matahari tepat berada di tengah kepala.

Hari pertama, mode berkendara Comfort dipilih sebagai yang pertama memberikan sensasi. Perjalanan diawali dengan menuju tempat pengisian bahan bakar Shell di Gatot Subroto dalam rangka mencoba satu tangki bahan bakar full hingga ke Surabaya. Pada mode Comfort, putaran setir dan bobotnya terasa ringan dan sangat komunikatif. Bahkan perpindahan transmisi juga terasa halus. BMW 520i bagi saya terasa lebih empuk bantingannya daripada 530i yang pernah saya coba juga beberapa waktu lalu.

Hujan deras mengiringi kepergiaan kami menuju Surabaya ketika kami di Tol Bekasi dan Cikampek. Namun berkat sinar terang dari lampu utama yang menggunakan proyektor LED, kami tak kesulitan membelah jalan raya.

Pada perjalanan hari kedua menuju Lanud Ahmad Yani, Semarang, Jawa Tengah, saya lebih banyak memakai mode Sport sehingga melibas Tol Pejagan hingga Brebes terasa lebih cepat. Mesin menjadi lebih responsif ditambah dengan rasio gear yang lebih rapat.  Bahkan untuk bermanuver pun terasa lebih cepat dan mudah, padahal bobot setir menjadi lebih berat tapi tetap mudah dikontrol.

Sesampainya di Lanud, kami mencoba  mini gymkhana dan drag race. Pengetesan menggunakan mode Sport loh. Saat melibas mini gymkhana yang dipandu Gerry Nasution selaku BMW Driving Trainer, mobil dapat menembus waktu 28,52 detik, sedangkan untuk drag race 201 meter ditembus dengan waktu 9 detik. Hal ini membuktikan bahwa sebagai sedan mewah, 520i memiliki tenaga yang luar biasa dan bahkan pabrikan mengklaim mobil ini mampu berakselerasi 0-100 km/jam adalah 7,8 detik.

Sebagai sedan mewah, bangku baris keduanya pun masih terasa duduk di sofa didalam kerjaan. Empuk dan nyaman adalah kata yang bisa dikaitkan dengan rasa dalam perjalanan menuju Solo. Ruang kabinnya lebih lega daripada generasi sebelumnya yakni F10 dan jauh terasa lebih mewah. Posisi duduk lebih rebah serta santai sehingga perjalanan jauh pun tidak akan membosankan ataupun melelahkan.

Akhirnya kami sampai di Kota Pahlawan, tripmeter menunjukkan angka 900 Kilometer. Carvaganza memenangkan liga irit dari acara ini dengan sisa BBM ¼ tangki atau mobil bisa diajak berjalan lagi 246 km.  BMW sendiri mengklaim bahwa mobil berkapasitas 65 liter bensin ini dapat berjalan hingga 1146 kilometer dengan pengisian BBM full.

Nah mau tau harga mobilnya berapa? BMW 520i dijual paling murah dengan harga Rp 1,009 miliar, BMW 520 diesel dijual Rp 1,029 miliar dan BMW 530i Luxury dijual Rp 1,379 miliar.

BMW 520i Luxury

Layout kendaraan: Sedan, mesin depan, 5 pintu,5 penumpang, RWD
Mesin: I-4 twinPower Turbo 2.0L/ 184hp @5000rpm / 290Nm @1250rpm
Transmisi: A/T 8-kecepatan Steptronic.
Top Speed: 235 km/jam
0-100 km/jam: 7,8 detik
P x L x T: 4936 x 1868 x 1466 mm
Wheelbase: 1605 mm
Bobot kosong: 1615 Kg
Kapasitas Tangki: 65 liter
Rekomendasi BBM: Ron 95

VALDO PRAHARA

Kolom Komentar

Last Updates

Toyota New Avanza Hadir, Mitsubishi Gentar Suzuki Lebih Santai

JAKARTA, 18 Januari 2019 - Kehadiran Toyota New Avanza dan Grand New Daihatsu di Indonesia rupanya tidak terlalu menggentarkan pasar...

TIPS: Mau Mobil Hemat BBM? Cukup Ubah Gaya Nyetir

JAKARTA, 18 Januari 2019 – Hemat atau tidaknya penggunaan bahan bakar miyak (BBM) alias bensin sebuah kendaraan, menjadi hal yang...

Mitsubishi Sedang Persiapkan Xpander Versi Baru?

JAKARTA, 18 Januari 2018 – Persaingan di pasar kendaraan Low MPV semakin panas setelah kehadiran Toyota New Avanza yang baru...

Toyota Indonesia Dukung Vokasi Industri Perkuat Fondasi Kompetensi SDM

MAKASSAR, 17 Januari 2019 – Toyota Indonesia ikut berperan dalam langkah Kementerian Perindustrian menyambut era Industry 4.0, dengan meningkatkan kompetensi...

Jaga Kualitas Layanan, Mitsubishi Motors Gelar Kompetisi SDM Diler

JAKARTA, 17 Januari 2019 – Berbagai langkah dilakukan PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) terus terus meningkatkan kualitas layanan...