Beranda Drives All new NP300 Navara: Escapade

All new NP300 Navara: Escapade

Navara tidak akan keberatan jika “tuxedonya” bermandi lumpur. Because it can!

(Foto: Nissan Motor Indonesia)

APA yang ada dipikiran Anda ketika mendengar mobil pikap atau double cabin? Mobil tambang, kendaraan pengangkut dan hal-hal yang berhubungan dengan sumber daya alam. Dewasa ini, pikap tidak lagi harus terparkir di area konservasi tambang atau sejenisnya. Kini ia juga tetap gagah sebagai pendukung gaya hidup, bahkan juga sebagai lambang status sosial.

Hal itulah yang kini terpancar dari all-new Nissan NP300 Navara, ia juga tampak gagah untuk diajak mendaki gunung dan parker menghadap sunrise. Saya berani bertaruh, salah satu model kendaraan yang terpikirkan di kepala Anda ketika membayangkan berpetualang menuju hutan adalah Navara.

08-06-2015-Navara-Tambora-02

Navara yang menggunakan nama sebuah kota di Spanyol ini menggambarkan kendaraan pikap yang tidak hanya trendy, tapi juga memiliki kapabilitas di segala medan. Eksteriornya semi-boxy tapi tetap mencerminkan kedinamisan. The design speaks for itself: petualang sekaligus stylish.

Tipe tertingginya, VL, menggunakan grille chrome dan headlamp yang terintegrasi dengan daytime running light. Demi meningkatkan karakter sebagai mobil pengakut, all-new Nissan Navara juga dilengkapi dengan rail roof dan velg chrome berukuran 18-inci. Semua tampilan tersebut hanya tersedia pada tipe VL.

08-06-2015-Navara-Tambora-03

Interior Navara memaksa kita menata kembali persepsi terhadap pikap. Tak seperti layaknya interior double cabin pada 10-20 tahun lalu, all new Nissan Navara justru memberikan fitur-fitur yang lazim berada di mobil penumpang. Salah satunya adalah audio yang ditampilkan pada layar sentuh 7-inci dan dapat dikoneksikan ke iPod melalui Bluetooth.

Selain itu, kenyamanan ala passenger cars juga didapat dari lapisan kulit pada jok yang dibenamkan pengatur elektrik. Fitur yang mengesankan adalah layar Multi Information Display dengantampilan 3D. Perangkat tersebut tak hanya menjalankan fungsinya dalam memberikan informasi kendaraan, tapi juga memanjakan mata pengendara dengan visualisasi modern. Navara juga dilengkapi fitur-fitur pendukung seperti cruise control, vehichle dynamic system dan rear view camera.

Nissan Motor Indonesia menyatakan bahwa selain memfasilitasi kebutuhan di segmen fleet market, all-new Navara juga hadir sebagai pendukung gaya hidup masyrakat urban. Bahkan penjualan Nissan Navara di Jakarta selama ini justru bukan sebagai kendaraan pengangkut melainkan sebagai statement dari gaya hidup konsumennya. Untuk itu, Nissan begitu fasih dalam memberikan fitur-fitur yang berdekatan dengan modern lifestyle.

Meski begitu, bukan berarti all-new Nissan Navara tak mumpuni melibas medan berat. Mobil ini ditenagai dengan mesin empat silinder 2.5L VGT bertransmisi otomatis 7-kecepatan. Keduanya menyalurkan torsi 450Nm keempat rodanya, mulai dari putaran 2.000rpm hingga seterusnya. Yup, all-new Nissan Navara ini juga dibekali penggerak empat roda (4WD) dengan transfer case.

08-06-2015-Navara-Tambora-04

Bahkan sehari sebelum diluncurkan, Nissan Motor Indonesia menguji kemampuan all new Nissan Navara berpetualang di Tambora, Nusa Tenggara Barat, yang memiliki medan ekstrem. Tak banyak pabrikan di Indonesia yang berani menguji model pikapnyase brutal ini.

Kemampuannya tersebut juga didukung fitur-fitur standar kendaraan segala medan. All-new Navara dilengkapi dengan suspensi depan Independent-double wishbone dengan front stabilizer bar dan suspensi belakang 5-link coil spring dengan shock absorber. Nissan juga membenamkan fitur-fitur untuk kemampuan all new Navara di segala medan, seperti Hill Start Assist dan Hill Descent.

08-06-2015-Navara-Tambora-05

Bagi Anda yang menyukai sensasi melibas medan off-road, all new Navara pun memiliki control traction control yang membantu pembagian tenaga di keempat rodanya. Paling tidak jika Anda tinggal di kota tapi punya hobi berpetualang, hanya perlu satu mobil untuk mengakomodir kebutuhan Anda.

Meskipun industri otomotif tanah air masih terlihat kurang bergairah, Nissan Motor Indonesia tetap optimistis menghadirkan all new Nissan Navara dan membanderolnya Rp 430 juta. Itupun harga yang ditawarkan untuk tipe VL, varian tertinggi dari Navara. Jika Anda masih belum bisa mengubah persepsi bahwa double cabin juga bisa menjadi kendaraan nyaman tapi tetap tangguh, silahkan pilih X-Trail. Keputusan di tangan Anda.

[table id=7 /]

ALVANDO NOYA

Kolom Komentar

Last Updates

Avanza dan Xenia Baru Tak Naikkan Harga Bikin Pesaing Ketar-Ketir

JAKARTA, 15 Januari 2019 – Persaingan segmen Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) dipastikan bakal semakin panas. Dua model baru yaitu...

SUV Mercedes-Benz Jelajah Yogya dan Semarang di Hungry For Adventure

YOGYAKARTA, 15 Januari 2019 – Mercedes-Benz untuk kesekian kalinya kembali menggelar kegiatan yang menguji ketangguhan jajaran produk SUV-nya, dengan menjelajah...

Daihatsu Xenia Baru Meluncur, Apa Saja Kelebihannya

TANGERANG, 15 Januari 2019 -- Setelah lama ditunggu kehadirannya, akhirnya, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) resmi meluncurkan Grand New Xenia...

New Toyota Avanza dan New Veloz Resmi Meluncur, Harga Tidak Naik!

JAKARTA, 15 Januari 2019 - PT Toyota Astra Motor (TAM) akhirnya secara resmi meluncurkan New Toyota Avanza dan New Veloz...

Izin Turun, Honda Walking Assist Device Siap Dijual di AS

OHIO, 15 Januari 2019 – Meski belum berencana menjual secara umum namun perangkat Honda Walking Assist Device (HWAD) sudah mendapat pre-market notifications dari lembaga...