Home Drives All New Mazda CX-5 Elite, SUV yang Menyenangkan

All New Mazda CX-5 Elite, SUV yang Menyenangkan

SHARE

JAKARTA, 15 Desember 2017 – Saya harus membuat pengakuan. Sejak pertama kali melihat dan mencoba mobil-mobil Mazda, saya dibuat jatuh cinta. Yang terkini adalah All New Mazda CX-5. Carvaganza mendapatkan kesempatan dari PT Eurokars Motor Indonesia merasakan varian tertingginya All new Mazda CX-5 Elite.

Versi terbaru SUV ini hadir dengan tampang lebih tajam dan garis tegas. Fascianya yang memiliki mata sipit dan grill menjorok ke dalam membuat tampilannya semakin gagah dan kokoh. Namun kesan elegan tidak hilang sejak model sebelumnya. Aksen krom di berbagai panel dan lampu DRL-LED yang bersinar di siang hari yang menonjolkan kemewahannya.

Masuk ke dalam, saya disuguhkan kabin yang lapang dikombinasikan dengan jok berbalut kulit berkualitas dengan 8 cara pengaturan plus memori untuk pengemudi dan 6 cara pengaturan untuk penumpang depan. Kemewahannya dapat dilihat dari desain dashboard yang berubah dari versi sebelumnya. Kini lebih besar dan lebih elegan. Bahkan noise road pada CX-5 terbaru kini sudah lebih kedap sehingga suara dari luar tidak terlalu mengganggu di dalam mobil.

Pabrikan asal Jepang ini mengklaim bahwa kabin All New Mazda CX-5 dibuat lebih senyap 10 persen dibandingkan versi sebelumnya berkat penyempurnaan insulasi di sejumlah titik seperti pada bagian pintu, firewall dan bagian kolong.

Penyempurnaan pada setingan mesin, suspensi depan dan belakang, setingan chassis dan penyematan teknologi G-Vectoring Control (GVC) juga mobil menjadi lebih nyaman. Pengemudi dan penumpang tidak mengalami kelelahan yang berlebihan ketika menempuh perjalanan jauh.

Pasalnya, mobil menjadi lebih stabil ketika dipacu di jalan lurus serta minim body-roll ketika menikung di jalanan twisty dan bumpy. Padahal ground clearance-nya cukup tinggi, meskipun jika dibandingkan versi terdahulu lebih rendah. Bahkan untuk bantingannya pun terasa lebih empuk dan membuat nyaman penumpang.

Tenaga 187 hp pada 6000 rpm dan torsi maksimal 251 Nm pada 3250 rpm yang dihasilkan mesin 4 silinder segaris DOHC 16 valve 2500 CCC terasa berdaging di setiap putaran. Perpindahan transmisi otomatis 6-kecepatan yang menyalurkan tenaga ke roda depan terasa halus. Mazda CX-5 juga terasa santai saat meladeni input pedal gas dari pengemudi ketika mengarungi tanjakan.

Handling mobil terasa obyektif dengan kerja setir yang presisi dalam membaca kondisi jalan dengan feedback-feedback yang positif. Putaran setir terasa padat sehingga membantu mempermudah pengemudi dalam menjelajah jalanan ibu kota. Bagi orang yang suka menyetir jauh sambil menikmati cara kerja kemudi dan suspensi secara bersamaan sambil menikmati rentang kecepatan yang disediakan Mazda CX-5 sangat menyenangkan.

Ada dua varian All New Mazda CX-5 yang ditawarkan PT EMI yaitu All New Mazda CX-5 GT seharga Rp 526,800,000 dan All New Mazda CX-5 Elite yang dibanderol Rp 548,800,000.

Spesifikasi Mazda All New CX-5 Elite

DIMENSI
Panjang: 4,550 mm
Lebar: 1,840 mm
Tinggi: 1,680 mm
Wheelbase: 2,700
Ground clearance: 193 mm
Berat: 1,548 kg

MESIN
Tipe: SKYACTIV-G 2.5L In-line 4 cylinder DOHC 16 valve
Kapasitas: 2,488cc
Tenaga maksimum: 140 kW (190 ps) / 6,000 rpm
Torsi maksimum: 251 Nm (25.6 kgm) / 3,250 rpm
Transmisi: SKYACTIV-DRIVE 6-Speed
Kapasitas tangki: 56 liter
Rekomendasi BBM: RON 90 Unleaded Gasoline

SUSPENSI
Suspensi depan: MacPherson strut
Suspensi belakang: Multi-link
Rem depan: Ventilated discs 297 mm
Rem belakang: Solid discs 303 mm
Ban: 225/55R19
Velg: 19 x 7Jv

VALDO PRAHARA

SHARE

Last Update

Mitsubishi Fuso Manjakan Konsumen di Lebaran Service Campaign 2018

JAKARTA, 22 Juni 2018 -- PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), distributor resmi kendaraan Mitsubishi Fuso di Indonesia, memanjakan...

Momen Langka, Menangkap Landmark Kota Jakarta

JAKARTA, 22 Juni 2018 – Untuk memotret mobil di pusat kota Jakarta di hari biasa sangat sulit. Hari biasa di...

Konsumsi BBM New Datsun GO Capai 19 Km/L Berkat Transmisi CVT

JAKARTA, 22 Juni 2018 -- Pada musim mudik Lebaran 2018 ini saya memang tidak berencana untuk mudik ke kampung halaman orang...

The First Fullerton Concours d’Elegance in Singapore

SELAMA ini Singapura hanya dikenal melalui balap Formula 1 setiap tahun sebagai event otomotif bertaraf dunia yang digelarnya. Tahun ini,...

Tak Kompetitif, Ferrari Pecat Raikkonen di Akhir Musim?

MARANELLO, 22 Juni 2018 – Tahun ini kemungkinan besar akan menjadi kesempatan terakhir Kimi Raikkonen berada di Formula 1, menyusul...