Beranda Drives All New Hyundai Tucson 2018, New Feelings

All New Hyundai Tucson 2018, New Feelings

Foto-Foto: Kurniawan/Carvaganza

SEJAK tahun 2004 seiring dengan berjalannya waktu, Hyundai Tucson telah meramaikan jagat SUV/crossover di dunia. Dari tahun ke tahun pabrikan telah melakukan ragam penyempurnaan pada model ini sehingga membuat model ini menjelma sebagai model dengan desain ‘immortal’ yang memiliki garis karakteristik sendiri.

Sebagai compact SUV yang dipasarkan ke Eropa dan Amerika Serikat, pabrikan Korea Selatan ini sudah merancang Tucson sebagai SUV yang benar-benar menarik dalam hal penampilan, kabin yang elegan dan lega serta sarat dengan fitur. Bayangkan, Tucson versi pertama sudah dilengkapi dengan sejumlah fitur yang memanjakan kenyamanan penumpang dan menjamin keselamatannya, seperti enam airbag, electronic stability control, CD player, alloy wheel, remote keyless entry dan jok kulit premium.

Hyundai Tucson yang Carvaganza coba kali ini terdiri dari dua tipe yang merupakan bagian dari generasi ketiga yang dilahirkan dari tahun 2015 sampai dengan sekarang. Keduanya adalah All-New Tucson XC CRDi EVGTurbo 2018 bermesin diesel dengan Hyundai Tucson Special Edition (SE) model 2018 bermesin bensin. Versi SE secara khusus dirilis di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018 di Kemayoran, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu dengan pembeda berupa aksen putih pada grille bawah, kaca spion, side skirt dan spoiler bawah.

Dalam hal desain, fascia Hyundai Tucson mendapat perubahan cukup signifikan berupa desain anyar pada grille hexagonal berpulas krom, lampu kabut, garis desain body samping maupun belakang dengan beberapa lipatan. Perubahan desain juga terlihat pada lampu depan yang sudah memakai projector dengan HID Xenon dan pada bagian bawah terdapat Daytime Running Light (DRL) yang bersanding dengan lampu kabut plus velg alloy 17 inci yang menambah kesan macho. Cahaya lampu utama dapat diatur melalui Adjuster Leveling Projection Head Lamp yang terletak di dashboard di bagian kanan setir.

Penyempurnaan-penyempurnaan itu merupakan bagian dari filosopi Fluidic Sculture 2.0 sehingga  Tucson anyar ini memiliki bentuk yang lebih tajam dibandingkan versi sebelumnya dan membuat mobil terlihat lebih agresif, aerodinamis dan gagah. Body SUV ini terpasang dalam konstruksi monokok berteknologi Advance High Sgtrenght Steels (AHSS) sehingga selain lebih menjamin keselamatan penumpang juga membuat pengendaraan lebih halus.

Penyempurnaan juga dilakukan pada bagian interior dengan layout dashboard yang lebih sporty, trim pintu lebih apik dengan sentuhan warna hitam dan beige pada SE maupun versi diesel. Kabin terasa lapang dan mewah di mana didukung pula oleh panorama roof yang menyita 90 persen bagian atap mobil sehingga bisa menambah penerangan ke bagian interior. Panoramic roof tersebut semakin membuat bagian interior terasa sangat lapang sehingga pandangan ke segala penjuru terasa luas.

Pada dashboardnya terdapat Multimedia Head Unit Monitor layar sentuh 8 inci yang berisikan ragam informasi kendaraan maupun infotainment  serta navigasi dan berfungsi pula sebagai kamera mundur serta kamera Eagle Eye View (EEV) atau lumrah disebut bird eye camera 180 derajat. Sistem infotainment dapat terkoneksi dengan iPhone/iPOD, USB dan Aux. Setir terasa lembut di tangan karena telah dilapisi oleh material kulit dan desain konsol tengah pun berubah dengan dilengkapi dua tempat penyimpanan.

Untuk menyejukkan kabin terdapat AC dual zone yang diatur dari depan dan jok kedua dapat dilipat sehingga bagasi menjadi lebih lega. Untuk mempermudah keluar masuk bagasi, sudah dilengkapi dengan sistem tutup elektrik Power Tailgate yang aman bagi anak-anak.

Mesin bensin maupun diesel 2.0 liter berlimpah dengan tenaga baik di putaran rendah maupun menengah. Pada saat Carvaganza mencobanya di fasilitas pabrik Hyundai Mobil di Bekasi, mesinnya terasa halus dan padat di setiap putaran yang dikombinasikan dengan transmisi otomatis dengan shiftronic 6-kecepatan. Mesin diesel R 2.0 CRDi (Common Rail Direct Injection) 2000 cc turbo menghasilkan tenaga maksimal 176 hp (178 PS) dengan torsi maksimal 400 Nm.

Sedangkan pada tipe bensin yang berwarna biru memakai mesin NU 2.0 MPI D-cvvt 2000 cc yang menghasilkan tenaga 155 hp pada 6200 rpm dan torsi maksimal 196 Nm pada 4000 rpm. Nah, Tucson yang bermesin diesel ini adalah unit yang paling laris di IIMS 2018 dibandingkan dengan versi bensin.

Terdapat dua mode pengendaraan Eco dan Sport untuk mendapatkan dinamika berkendara yang berbeda yakni Eco dan Sport. Pada Eco penambahan tenaga pada putaran bawah agak berat karena memang difungsikan untuk mengefisiensi pemakaian BBM namun pada saat putaran tengah, mesin responsif seperti biasa. Sedangkan mode Sport memberikan respon tenaga yang lebih agresif sejak dari putaran rendah dan ditandai  dengan raungan mesin yang lebih keras.

Dalam hal pengemudian, setir terasa enteng dan berisi jadi mudah memberikan setiap input terhadap setiap kondisi jalan yang dilewati. Suspensi MacPherson Strut di depan dan Multi Link di belakang memberikan peredaman yang baik terhadap setiap guncangan sehingga kenyamanan penumpang tetap terjaga.

Kestabilan mobil pada saat menikung atau pada saat melewati jalanan bumpy memunculkan kepercayaan diri kepada pengemudi untuk tetap fokus mengemudikan kendaraan. Impresi ini saya dapatkan terutama pada saat melewati Test Track yang dimiliki Hyundai di fasilitasnya yang terdiri dari ragam kondisi jalan. Untuk sistem pengereman sudah dilengkapi dengan ABS dan EBD.

Pada saat Anda berakselerasi di jalan raya, Anda akan langsung menyukai feedback yang diberikan oleh mobil setiap kali Anda menambah kecepatan atau pun melakukan deselerasi serta menikung. Anda bisa memilih mode pengendaraan Eco dan Sport untuk mendapatkan feeling dinamika berkendara yang berbeda baik dari sisi pengemudian maupun pengendaraan.

Dengan tampilan, fitur dan performanya, tak heran jika Hyundai Tucson menjadi salah satu SUV paling laris di Australia dan kendaraan populer di kalangan kelas menengah di kawasan Amerika Utara.

All New Hyundai Tucson 2018

Layout kendaraan: SUV, mesin depan, 4 pintu, 5 penumpang, RWD
Mesin: Bensin NU 2.0 MPI D-cvvt I-4 DOHC 16 valve 2.0L/ 155 hp @6200 rpm/196 Nm @4000 rpm; Diesel R 2.0 CRDi 2.0L/ 178 PS (176 hp)/ 400 Nm
Transmisi: A/T 6-kecepatan shiftronic
0-100 km/jam: –
PxLxT: 4475 x 1850 x 1650 mm
Wheelbase: 2670 mm
Curb weight: –
Kapasitas tangki BBM: 62 liter

EKA ZULKARNAIN

Kolom Komentar



latest updates

Nissan Indonesia Donasi Kendaraan Penjernih Air untuk Sulawesi Tengah

JAKARTA, 14 November 2018 – Nissan Indonesia memberikan donasi untuk korban bencana alam di Sulawesi Tengah dan daerah lain yang terkena dampak....

Balap Jalanan BSD Siap Digelar Akhir Tahun, Lombakan 9 Kelas

JAKARTA, 14 November 2018 - Balap BSD City Grand Prix akan kembali digelar di sirkuit BSD, Tangerang Selatan, untuk menutup...

Komunitas Isuzu Elf Gelar Jamnas dan Munas di Solo

SOLO, 14 November 2018 – Komunitas dan kumpul bareng otomotif tak hanya milik pengguna sedan mewah atau SUV. Pemilik dan...

IMX 2018 Siapkan Puluhan Hadiah Menarik bagi Pengunjung

JAKARTA, 14 November 2018 – Berbagai hadiah menarik disiapkan panitia Indonesia Modification Expo (IMX) 2018 yang akan diselenggarakan di Balai Kartini,...

Lotus Exige Sport 410, In-Between

Bagi penggemar Formula 1 tentunya sudah tak asing dengan nama Lotus. Brand ini punya sejarah panjang di ajang motorsport bergengsi...