Beranda Drives All New Daihatsu Terios, City Busy

All New Daihatsu Terios, City Busy

Foto-foto:Syaiful Achmad & Kurniawan/Carvaganza

HARRY ADALAH adalah seorang konsultan konstruksi yang tinggal di jantung kota Jakarta. Bagi Harry yang berusia 34 tahun, mobilitasnya dalam menjalani pekerjaan menjadi tantangan tersendiri. Ia pun membutuhkan kendaraan yang bisa diandalkan untuk mengarungi jalan perkotaan, yang tidak seluruhnya baik dan padatnya bukan main.

Jakarta sekarang ini sedang membangun. Sejumlah proyek infrastruktur membuat kontur jalan kurang nyaman dan menimbulkan sejumlah titik kemacetan. Misalnya proyek di flyover Jalan T.B. Simatupang Cilandak,  jalur MRT Lebak Bulus, Jalan Sisingamangaraja Blok M, sampai Kawasan Jenderal Sudirman – M.H. Thamrin.

Harry memilih All New Daihatsu Terios karena ia anggap sangat cocok menemaninya melakukan petualangan di Jakarta sehari-hari. Kendaraan tersebut handal sebagai SUV harian ke kantor, terutama ke lokasi-lokasi proyek konstruksi  yang sedang dikerjakan, hang-out dengan teman atau pun mengajak libur weekend keluarga keluar kota.

All New Daihatsu Terios yang merupakan generasi paling baru SUV 7-seater Daihatsu telah mendapat peningkatan dalam hal kemampuan dan memiliki ragam fitur penunjang yang semakin lengkap. SUV ini memiliki karakter tegas yang terpancar dari lekukan bodinya. Drivability yang ringkas memudahkan Harry dalam mengarungi perjalanan menuju lokasi konstruksi, meski harus menghadapi kemacetan yang memuncak. Padatnya torsi yang diberikan mesin di putaran awal menjadi modal Harry dalam meladeni lalu-lintas dengan laju stop-and-go.

Berbekal ground clearance yang mencapai 220mm dan tampang bodinya yang kokoh, All New Daihatsu Terios cukup intimidatif di tengah traffic yang padat. Harry juga tak perlu mengkhawatirkan jalanan bumpy maupun polisi tidur. Berkat suspensi MacPherson Strut dengan Per Keong dan Stabilizer di depan dan 5 Link, Rigid Axe dengan Per Keong dan Stabilizer di belakang mobil terasa nyaman karena memiliki peredam guncangan yang baik. Didukung pula oleh fitur Vehicle Stability Control (VSC) yang menjaga traksi roda.

Sistem infotainment generasi teranyar  yang dikemas pada layar sentuh memiliki fungsi semakin lengkap untuk menghibur diri di tengah kemacetan. Tinggal koneksikan dengan smartphone melalui USB untuk memainkan playlist music favoritnya dan sistem infotainment ini memiliki kemampuan mirroring baik untuk gadget Adroid maupun Apple iOS.

Pada setir, tidak hanya terdapat tombol pengaturan infortainment, melainkan juga tombol untuk menjawab panggilan telepon yang terhubung via Bluetooth sehingga pengemudi bisa tetap fokus.  Hadirnya Front Sensor juga semakin memastikan kewaspadaan di tengah arus lalu-lintas seandainya mobil sudah terlalu dekat dengan obyek atau kendaraan lain di depan. Sensor ini akan memberikan sinyal peringatan kepada pengemudi agar tidak lengah sedikitpun.

Kabin pun semakin senyap karena pabrikan melakukan peningkatan NVH (Noise, Vibration, Harshness) sehingga dapat menikmati aneka hiburan tanpa terganggu suara-suara bising dari luar. Harry pun dapat mengatur ketinggian posisi setir dan jok secara elektrik dengan enam arah pengaturan.

Pada saat melalui jalanan menanjak yang macet, terutama di parkiran gedung-gedung tinggi, Harry sangat terbantu oleh fitur Hill-Start Assist (HSA) yang membantu menahan mobil agar tidak meluncur turun, karena memberi kesempatan selama 3 detik baginya untuk memindahkan kaki dari pedal rem ke gas, juga melepas kopling untuk mulai menanjak kembali. Berkat Electronic Power Steering, setir menjadi ringan sehingga mempermudah proses parkir maupun bermanuver di tengah traffic padat.

Perjalanan di malam hari lebih nyaman dan aman didukung oleh LED Head Lamp yang memberikan pancaran cahaya lebih terang. Tidak lagi perlu repot pula dalam mengoperasikannya, karena kini lampu utama sudah mampu beroperasi secara otomatis, menyesuaikan kondisi cahaya di lingkungan sekitar.

All New Daihatsu Terios pun dapat menemani Harry melepaskan diri dari segala kesibukan dan rutinitas menangani proyek. Harry bermain Motocross dan berlatih Muay Thai demi menjaga kebugaran tubuh. Perjalanan menuju aktivitas kegemarannya ini menjadi petualangan lain yang ditempuh pada akhir pekan. Menuju arena Motocross, Harry harus lebih dulu melalui “jalan tikus” yang berliku dan jauh dari kondisi ideal.

Dengan ground clearance jangkung khas SUV sejati, Harry merasa percaya diri mengajak Terios pacuannya melahap medan off-road.Terios pun semakin cocok menjadi pendampingnya yang memiliki jiwa adventurous di kegiatan sehari-hari.

All New Terios telah dikembangkan menjadi kendaraan yang ideal untuk menghadapi berbagai petualangan baru, untuk pribadi seperti Harry menjalani aktivitas. Mencari tantangan dan petualangan baru menjadi mudah dan semakin nyaman bersama SUV ideal bagi kaum urban satu ini.

All New Daihatsu Terios Deluxe R MT

Layout kendaraan: SUV, mesin depan, 4 pintu, 7-penumpang, RWD
Mesin: I-4 2NR VE 16 valve DOHC Dual VVTi 1.5L/ 104 PS @ 6000 rpm/13,9 kg.m @ 4200 rpm
Transmisi: M/T 5-kecepatan
PxLxT: 4435 x 1695 x 1705 mm
Wheelbase: 2685 mm
Ground clearance: 220 mm
Berat kosong/total kendaraan: 1260/1870 kg
Kapasitas tangki BBM: 45 liter
Rekomendasi BBM: RON 91

WAHYU HARIANTONO

Kolom Komentar



latest updates

Perkenalkan Outlet Baru, Suzuki Day Hadir di Pati

PATI, 12 November 2018 – Bersamaan dengan perkenalan outlet baru di Pati, Jawa Tengah, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) dan...

Jualan Oke, Kapan Mitsubishi Triton Diproduksi di Indonesia?

BANGKOK, 10 November 2018 -- Mitsubishi Triton mampu menguasai pasar pikap dan pikap double cabin 4x4 di Indonesia. Sepanjang tahun...

Audi Q8, Strong Contender

AUDI menghadirkan Q8 untuk pasar Eropa dan akan menjadi senjata khusus dalam melawan BMW X6 dan Mercedes-Benz GLE Coupe. Audi...

Mitsubishi Triton Baru Masuk Indonesia Tahun Depan, Ini Alasannya

BANGKOK, 10 November 2018 – Mitsubishi baru saja memperkenalkan New Mitsubishi Triton yang diluncurkan secara global di Bangkok, Thailand, Jumat...

GALERI FOTO: Sentul Track Day Porsche Club Indonesia

SENTUL, 11 November 2018 – Pada Sabtu kemarin (10/11), Porsche Club Indonesia (PCI) bersama dengan sejumlah klub supercar di Indonesia yakni Ferrari Owners Club...