Diprotes Lagi, Jeep Berniat Membuang Nama Cherokee

Jeep Grand Cherokee

OKLAHOMA, CARVAGANZA - Nama Cherokee untuk Jeep sudah melekat lebih dari satu dekade dan populer di kalangan pecinta SUV (Sport Utility Vehicle). Nama ini diambil dari salah satu suku Indian di Amerika dan diklaim sebagai bentuk penghormatan dan dikenal sebagai kendaraan yang mampu melalui segala medan. Namun selama ini bangsa Cherokee sendiri sering menyuarakan penentangan penggunaan nama sukunya pada mobil Jeep. Mereka menganggap tidak ada korelasi antara penghormatan pada suku Cherokee dengan menempelkannya pada sebuah mobil.

Kasus tersebut makin santer pada dua minggu lalu ketika kepala suku Cherokee Chuck Hoskin Jr secara resmi menyampaikan keberatannya pada media caranddrive.com. Chuck menyampaikan agar Jeep dapat sesegera mungkin untuk mencopot nama sukunya pada kendaraan yang dijual. Ia juga menyampaikan bahwa bagaimana mungkin itu merupakan bentuk penghormatan bagi sebuah bangsa tapi bangsa tersebut menolaknya.

Jeep Grand Cherokee

Dikutip dari Wall Street Journal, Jeep sendiri tidak ada masalah jika harus membuang nama Cherokee pada kendaraannya. Meskipun ini merupakan keputusan yang berat, mengingat emblem Cherokee merupakan sesuatu yang bernilai bagi konsumen dan perusahaan. Sebenarnya, diskusi serupa pernah terjadi saat Jeep meluncurkan Jeep Cherokee pada 2013 lalu. Saat menggunakan nama tersebut, Jeep mengakui belum melibatkan perwakilan suku Cherokee ke dalam struktur perusahaan.

Namun CEO Stellantis, Carlos Tavares berpendapat lain, bahwa akan membuka dialog dan meninjau kembali penggunaan nama Cherokee pada brand Jeep. "Pada tahap ini, saya tidak tahu apakah ada masalah yang nyata. Tapi jika ada, ya, tentu akan kami selesaikan. Saya juga tidak melihat sesuatu yang negatif di sini pada penggunaan nama tersebut ini murni sebagai bentuk ekspresi.

Jeep Grand Cherokee

Namun dikutip dari motortrend.com, proses dialog sudah mulai berjalan antara Stellantis dan perwakilan Bangsa Jeep, Chuck Hoskin Jr. Sejauh ini kemungkinan terbesarnya Jeep akan menghilangkan nama Cherokee pada seluruh mobil-mobilnya, termasuk yang akan diluncurkan dalam waktu dekat, Grand Cheerokee L.

Jeep Grand Cherokee sendiri dibekali dengan mesin V6 3,2-liter yang menghasilkan tenaga 271 hp dan dialirkan ke seluruh rodanya melalui transmisi otomatis 9-percepatan. Sementara itu, Grand Jeep Cherokee L yang akan diluncurkan dalam waktu dekat ini, merupakan SUV versi panjang dari Cherokee atau memiliki konfigurasi 7-penumpang dengan kemampuan off-road yang juga Tangguh. Grand Cherokee L menggendong mesin yang lebih besar dari saudaranya itu, yakni V6 3.6-liter dengan transmisi otomatis 8-percepatan. Rencananya akan tersedia dua varian Jeep Grand Cherokee L yakni Limited dan Laredo yang merupakan varian tertinggi. ALVANDO NOYA / RS

Baca juga: Honda City Hatchback Hanya Dijual Satu Varian, Ini Alasannya!

Pelajari lebih lanjut tentang Jeep Cherokee

  • Tampak Depan Bawah Jeep Cherokee
  • Tampak belakang serong Cherokee
  • Lampu depan Cherokee
  • lampu belakang Cherokee
  • Tampak belakang Cherokee
Jeep Cherokee
Rp 1,52 Milyar Cicilan mulai dari : Rp 34,68 Juta

Mobil Jeep Lainnya

  • Jeep Wrangler
    Jeep Wrangler
  • Jeep Compass
    Jeep Compass
  • Jeep Gladiator
    Jeep Gladiator

Mobil Jeep Pilihan

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza