Beranda Community Waspadai Kepala Aki Yang Sudah Kendor

Waspadai Kepala Aki Yang Sudah Kendor

JAKARTA, 14 Juli 2017 – Aki merupakan benda yang vital terhadap suplai listrik pada sebuah mobil. Peran vital dari sebuah aki adalah untuk menghidupkan mobil karena arus listrik yang dibutuhkan untuk menghidupkan mobil cukup besar.

Terkadang, konsumen suka mengabaikan kondisi aki sehingga masa pakai aki menjadi lebih pendek. Ada beberapa faktor yang harus diperhatikan untuk menjaga kondisi aki, salah satunya adalah kondisi kepala aki.

Terkadang terdapat kasus, capit kepala aki sudah kendor. Untuk mengatasi hal tersebut, banyak orang mengambil jalan pintas dengan mengganjalnya dengan baut atau menggunakan plat besi. Namun jalan pintas tersebut salah.

Jika memang capit kepala aki sudah mulai kendor, sebaiknya segera langsung diganti. Pasalnya, jika kepala kendor dan hanya diganjal dikhawatirkan tidak bisa memberikan suplai listrik yang maksimal terutama saat start mobil.

Baca Juga:  Test Drive Mobil-Mobil Mewah Tersedia di The 2nd Indonesia Autovaganza

“Jika Kepala Aki sudah mulai rusak, sebaiknya langsung diganti untuk mencegah hal yang tidak diinginkan,” ujar Sahrudin, Technical Advisor Astra Otopart.

Kemungkinan terburuknya mengganjal kepala aki  bisa menyebabkan terjadinya hubungan arus pendek atau korsleting. Jika konsleting terjadi, tak menutup kemungkinan bisa membuat mobil Anda terbakar.

Bagaimana? Sudahkah anda mengecek kondisi aki mobil anda?

TITO LISTYADI