Beranda Community Tips Berkendara Saat Musim Hujan

Tips Berkendara Saat Musim Hujan

JAKARTA, 27 September 2017 — Musim penghujan telah tiba, jalanan yang licin dan tergenang air menjadi kondisi yang berbahaya saat berkendara. Untuk itu, menjaga kondisi kendaraan adalah hal utama terutama ketika menghadapi musim penghujan ini.

Kesiapan tak hanya dibutuhkan pengendara tapi yang lebih penting lagi ada;ah kendaraan yang digunakan. Lampu, tekanan ban, dan mengetahui kondisi jalan merupakan beberapa hal yang harus Anda waspadai.

Nah, berikuat adalah beberapa tips untuk mempersiapkan kendaraan ketika menghadapi musim penghujan. Hal ini disampaikan oleh Mira Keumala Safri, Marketing Director & Instructor Jakarta Defensive Driving Consultant (JDDC).

1. Periksa semua lampu

Lampu kendaraan harus dapat berfungsi dengan baik. Agar lampu tersebut bermanfaat membantu anda melihat di jarak pandang yang terbatas saat hujan. Nyalakan lampu utama meskipun siang hari dan hujan rintik-rintik karena membantu pengendara lain melihat kendaraan Anda.

2. Periksa kondisi tekanan udara

kondisi tekanan ban yang cukup dan alur ban yang masih baik akan menghindari kendaraan melayang di atas air (aquaplaning) dan tergelincir (slip) pada saat hujan. Jangan mengambil resiko dengan menggunakan ban yang sudah tipis.

3. Periksa kondisi kontrol utama

Komponen kendaraan Anda yaitu kemudi, pedal rem, gas maupun kopling apakah sudah dalam kondisi baik dan berikan perawatan ekstra selama musim hujan karena untuk mengantisipasi keadaan darurat atau akibat kesalahan pengendara lain yang dapat menyebabakan kecelakaan.

4. Kecepatan Konstan

Kurangi kecepatan Anda ketika berkendara, karena pada saat hujan permukaan jalan licin akibat dari bercampurnya oli dengan air agar ban Anda tidak tergelincir (slip). Mengemudikan kendaraan dalam kodisi kecepatan rendah akan membuat alur ban kendaraan Anda lebih banyak bersentuhan langsung dengan aspal dan membuat daya cengkram ban lebih baik.

5. Jaga jarak aman kendaraan

Jagalah jarak berkendara kendaraan Anda dengan pengendara lain karena pada saat hujan jarak aman pengereman kendaraan membutuhkan jarak yang lebih jauh daripada kondisi kering.

6. Perhatikan kondisi jalan

Jangan sembarang menerobos genangan air karena kita tidak tahu kedalamannya. Hal ini bisa mengakibatkan kendaraan Anda mogok atau terperosok ke dalam lubang yang mungkin ada di dalam genangan air tersebut.

VALDO PRAHARA

Kolom Komentar

Last Updates

Toyota Indonesia Dukung Vokasi Industri Perkuat Fondasi Kompetensi SDM

MAKASSAR, 17 Januari 2019 – Toyota Indonesia ikut berperan dalam langkah Kementerian Perindustrian menyambut era Industry 4.0, dengan meningkatkan kompetensi...

Jaga Kualitas Layanan, Mitsubishi Motors Gelar Kompetisi SDM Diler

JAKARTA, 17 Januari 2019 – Berbagai langkah dilakukan PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) terus terus meningkatkan kualitas layanan...

Ini Jurus Jitu Mitsubishi Xpander Hadang Toyota New Avanza

JAKARTA, 17 Januari 2018 – Untuk menghadapi persaingan di pasar kendaraan Low MPV yang semakin ketat, Mitsubishi Xpander sudah dari...

VIDEO: Kejutan Toyota Avanza Veloz Setelah 15 Tahun

JAKARTA, 17 Januari- PT Toyota Astra Motor (TAM) akhirnya secara resmi meluncurkan Toyota New Avanza dan New Veloz terbaru. Low MPV ini diluncurkan di Senayan,...

Shell Operasikan Kembali 4 SPBU di Jawa Timur

SURABAYA, 17 Januari 2019 – Guna menjawab kebutuhan pelanggan di Jawa Timur, Shell mengoperasikan terminal BBM di Gresik dan secara...