Beranda Community Tips Berkendara di Musim Hujan a la Rifat Sungkar

Tips Berkendara di Musim Hujan a la Rifat Sungkar

(Foto: Alvando Noya / Carvaganza)

JAKARTA, 15 November 2015 – Memasuki akhir tahun masyarakat Indonesia disambut dengan musim hujan. Selain sedia payung sebelum hujan, bagi pengendara mobil sangat penting merubah gaya berkendara disaat musim penghujan.

Berikut tips berkendara di musim hujan a la Rifat Sungkar pembalap nasional sekaligus owner dari Rifat Driving Lab (RDL).

  1. Saat musim hujan, baiknya menukar posisi ban dengan arah menyilang. Ban depan kanan ditukar ke belakang kiri, demikian sebaliknya. Ban depan kiri ke belakang kanan, demikian juga sebaliknya. Namun sebaiknya dilakukan di bengkel atau orang yang profesional.
  2. Kembali menjaga posisi air whiper agar selalu menyemburkan di kaca tepat di depan mata pengendara, tidak boleh terlalu ke atas atau ke bawah. Ini penting agar menjaga kejernihan kaca depan saat hujan
  3. Selalu memastikan tekanan angin yang dianjurkan oleh tiap pabrikan. Infomasi ini biasanya ditempatkan di sisi pintu sebelah kanan ketika dibuka.
  4. Jangan menginjak rem mendadak saat melewati genangan air (aquaplanning), karena akan menyebabkan slip dan berakibat fatal. Disarankan saat melewati genangan air pengendara melakukan deselarasi dengan melepas gas tanpa menginjak pedal rem dan selalu perhatikan objek di depannya.
  5. Sebelum memutuskan berkendara di musim hujan baiknya selalu memastikan posisi air intake dalam kap mesin. Karena saat melalui genangan air tidak dianjurkan melewati batas dari posisi air intake.

Demikian tips berkendara di musim hujan a la Rifat Sungkar yang dapat dilakukan oleh Anda, semoga bermanfaat dan selalu berhati-hati saat berkendara.

ALVANDO NOYA