Beranda Community 5 Tips Memilih Ban yang Cocok dengan Mobil Anda

5 Tips Memilih Ban yang Cocok dengan Mobil Anda

JAKARTA, 30 Desember 2015 — Ban merupakan salah satu komponen yang paling vital bagi sebuah kendaraan. Karena ban merupakan komponen yang langsung bersentuhan antara mobil dengan jalanan. Kita dapat membayangkan jika salah satu dari ban mobil kita mengalami masalah, tentunya tidak nyaman bahkan dapat membahayakan nyawa.

Jika ban sudah melewati 3 tahun atau kondisi ban sudah tipis ada baiknya Anda segera mengganti dengan ban baru. Bagaimana memilih ban yang cocok dengan kendaraan Anda? Nah berikut tips sederhananya.

1. Tipe dan ukuran
Tipe dan ukuran ban yang direkomendasikan untuk mobil kita pada umumnya tertera pada plakat yang ada di pintu atau laci, di belakang tutup tangki bahan bakar atau pada petunjuk penggunaan. Sebagai contoh ban dengan kode P195/55/R15 84V. Huruf ‘P’ adalah singkatan dari Passenger yang berarti bahwa ban tersebut didesain untuk mobil penumpang. Selain itu ada pula LT (Light Truck), ST (special trailer) serta T yang berarti Temporary atau ban serep.
Huruf ‘R’ berarti bahwa ban tersebut berjenis Radial. Untuk ukuran, kita harus memperhatikan dengan seksama karena jika memilih dan menggunakan ukuran yang lebih kecil atau lebih besar dibandingkan dengan ukuran velg, maka ban tidak akan dapat terpasang. Ukuran disimbolkan dengan angka di belakang huruf ‘R’.

2. Lebar Ban
Kita juga mesti memperhatikan lebar ban dengan seksama. Semakin lebar ban maka daya cengkramnya akan semakin baik, begitupun sebaliknya. Akan tetapi, ban yang lebar akan mempengaruhi akselerasi.

3. Pola Tapak
Selain lebar, pola tapak juga akan berpengaruh kepada daya cengkeram dan akselerasi. Alur normal pada umumnya memiliki tingkat kenyamanan yang cukup baik, akan tetapi jika kita tinggal di daerah basah yang memiliki curah hujan cukup tinggi, disarankan untuk memilih ban dengan alur V karena mampu memberikan daya cengkeram yang lebih baik ketika melintasi genangan.

4. Profil Ban
Ban dengan profil tipis yaitu 40 atau 50 memang terlihat keren ketika digunakan, akan tetapi juga memiliki sisi buruk. Ban dengan profil tipis sangat riskan ketika digunakan untuk melintasi jalan yang buruk karena velg akan cepat rusak. Oleh karenanya, produsen pembuat mobil pada umumnya memasang ban dengan profil tebal.

5. Tahun Produksi
Kode produksi dicetak bi bagian ban (sisi ban) lihat pada gambar, dengan penandaan unik seperti peneng. Setiap pabrik ban (Seperti PT gajah Tunggal) memiliki jumlah kode digit tersendiri untuk menandai ban hasil produksinya, ada yang 5 digit, ada pula yang 7 digit. Akan tetapi kode 4 Digit dari belakang adalah sebuah standard international yang menunjukkan dari produksi pada Minggu (Week) dan Tahun (YEAR) ban tersebut diproduksi. Misalnya, jika tertera kode 0613 maka hal itu berarti ban Anda diproduksi pada minggu ke-6 pada tahun 2013.

Semoga bermanfat…

TITO LISTYADI

Kolom Komentar



latest updates

Striker Honda Brio Edisi Khusus IMX 2018, Cuma Rp 2 Juta

JAKARTA, 17 November 2018 – Honda ikut hadir di ajang Indonesia Modification Expo (IMX) 2018 yang berlangsung Sabtu dan Minggu,...

BMW Seri 5 M Performance Diluncurkan di BIMMERFEST Semarang

SEMARANG, 18 November 2018 -- Para pecinta BMW seluruh Indonesia kembali berkumpul dalam ajang tahunan yaitu BIMMERFEST di Semarang. Tahun ini...

43 Pereli Papan Atas Tanah Air Bertarung di Kejurnas Reli Medan

MEDAN, 18 November 2018 – Ajang Kejurnas Reli 2018 putaran dua dan tiga yang digelar di kawasan perkebunan Rambong Sialang, Sumatera Utara, pada Sabtu...

Honda Civic Type R Pemenang Diecast Custom Competition Hadir di IMX 2018

JAKARTA, 17 November 2018 -- Honda menampilkan sebuah Civic Type R dengan stiker bodi di ajang Indonesia Modification Expo (IMX)...

Datsun Gandeng Sneakers Saint Barkley di IMX 2018

JAKARTA, 17 November 2018 – Datsun Indonesia tampil unik di ajang Indonesia Modification Expo (IMX) 2018 pada 17-18 November 2018...