Beranda Community 5 Mobil Tertua yang Masih Diproduksi

5 Mobil Tertua yang Masih Diproduksi

JAKARTA, 8 November 2016 – Berapa biasanya usia kendaraan masih diproduksi oleh pabrikan? 10 tahun? 20 tahun? Nah, ternyata masih banyak model yang diproduksi meski si mobil sudha berusia puluhan tahun.

Setidaknya ada 5 mobil, menurut autoevolution.com, yang hingga saat ini masih diproduksi oleh pabrikan. Ada dari Jepang, Inggris, Rusia, dan dua dari Jerman.

Ini dia daftarnya:

07112016-car-suzuki-jimny

Suzuki Jimny

Generasi ketiga Jimny ini rasanya tak perlu banyak perkenalan. Mobil ini merupakan salah satu nama besar di dunia off-road. Model terbaru merupakan penerus spiritual dari LJ10 dari tahun 1970, mobil yang menempatkan SUV mini dalam tradisi 4×4 milik Suzuki.

Diperkenalkan pada Tokyo Motor Show 1998, Jimny memiliki status ikonik. Ada tiga alasan utama. Mulai dari desain imut namun tegas, Jimny adalah kendaraan sport utility dalam arti yang paling tepat dilihat dari penggunaan chassis body-on-frame, dual-rasio transfer box, vakum-locking hub, dan ground clearance yang tinggi.

Di bagian dalam memang tak terlalu mewah, karena memang tidak diperuntukkan bagi kenyamanan ala sedan. Jimny lebih dikenal karena kemampuannya.

07112016-car-lada-niva

Lada Niva

Lada adalah bisa dibilang mobil paling terkenal asal Rusia. Setelah memulai debutnya pada tahun 1979, mobil yang disebut Riva ini berhenti diproduksi pada tahun 2012. Sebelum Riva ada Niva. Diperkenalkan pada tahun 1977 dan memegang gelar produksi massal pertama off-roader dengan unibody.

Sebelumnya dikenal sebagai VAZ 2121. Niva adalah CJ versi Rusia, atau mungkin juga Jeep Wrangler. Ketika VAZ dibangun insinyur dan tim desain memiliki tujuan sederhana membangun mobil yang murah, mudah dalam perawatan, dan tahan banting. Model pertama mobil ini sangat sederhana seperti gambar kanak-kanak.

Meski demikian, dibalik tampilan sederhananya, SUV kompak ini memiliki kemampuan luar biasa. Ini bukan pujian sembarangan. Salah satunya, inilah mobol yang digunakan para pekerja di stasiun penelitian Bellingshausen untuk berkeliling Antartika saat suhu di bawah nol.

07112016-car-morgan

Morgan 4/4

Bisa dikatakan inilah mobil tertua yang masih diproduksi. Morgan 4/4 2016 terlihat sama persis seperti Seri 4/4 II keluaran tahun 1955.

Mobil ini hanya dibangun 386 unit pada periode 1955-1960, semua dilengkapi perangkat milik Ford 100E 1.2-liter. Model terkini, yang dibuat sejak 2009, menggunakan platform Ford Sigma 1.6-liter.

Dengan tenaga 110 hp dan torsi 97 lb-ft (131 Nm) mobil ini memang bukan lawan mobil sport modern seperti Mazda MX-5. Tapi Morgan 4/4 tetap dianggap sebagai salah satu mobil sport paling murni yang masih ada.

07112016-car-opel-antara

Opel Antara

General Motors memiliki salah satu mobil dengan banyak nama. Opel Antara juga dipasarkan sebagai Vauxhall Antara, Holden Captiva 5, Chevrolet Captiva, Daewoo Winstorm Maxx, dan juga terkait erat dengan Saturn Vue.

Opel Antara akan banyak diterima jika sesuai dengan Antara GTC Concept yang ditampilkan pada tahun 2005. Tapi ketika Antara melakukan debutnya pada tahun 2006, hampir semua orang kecewa. Meski di luar secara desain, Antara sedap dipandang, namun crossover biasa saja jika bicara soal kehandalan.

Sebagian besar menilai jika Opel Antara memiliki kabin yang sempit, terlihat murahan, dan biaya operasional yang tinggi.

07112016-car-mercy-g-class

Mercedes-Benz G-Klasse

Barangkali inilah mobil, dengan usianya yang tua, namun tetap berkelas, gaya, dan menjadi incaran penggila three-pointed star. Bahkan G 350d Professional dengan jendela manual, dibangun dengan tangan dan dijual € 79.968 atau US$ 88.900 setara Mercedes-Benz SL.

Mercedes-Benz G-Class, kadang disebut G-Wagen kependekan dari Geländewagen yang berarti cross country vehicle. G-Class W463 yang ada saat ini merupakan revisi signifikan dari generasi W461 buatan tahun 1979.

Bagi mereka kebanyakan mungkin terasa aneh membeli mobil berbentuk kotak, tanpa lekuk modern, yang membuat terasa seperti menaiki mobil di zona perang. Tapi inilah mobil yang banyak dicari para penggemar Mercedes-Benz.

RAJU FEBRIAN<!– ADOP SEO Tag E>

Kolom Komentar



latest updates

Mitsubishi Motors Dukung Pengembangan Infrastruktur Mobil Listrik di Indonesia

JAKARTA, 10 Desember 2018 – PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) mendukung langkah PT Pertamina (Persero) dalam program pilot...

Turnamen Bulu Tangkis Daihatsu Jaring Bibit Baru

JAKARTA, 10 Desember 2018 – Aktivitas brand social responsibility yang dilakukan oleh Daihatsu dengan menggelar turnamen bulutangkis telah sukses menjaring...

Mobil Listrik VW Incar Rekor Lap Tercepat di Nurburgring

WOLFSBURG, 10 Desember 2018 – Sukses menjadi juara di Pikes Peak International Hillclimb tahun ini, Volkswagen (VW) akan kembali mengajak...

Pengajuan Kredit Diperketat, Penjualan Mobil Murah Toyota Turun

JAKARTA, 10 Desember 2018 – Tren penjualan mobil murah di Indonesia mengalami penurunan pada tahun ini, khususnya untuk segmen Low Cost Green Car (LCGC)....

TEST DRIVE: Ferrari GTC4Lusso T 2018, The Tame Yet Fast Chariot

KALAU melihat line-up produk Ferrari saat ini, GTC4Lusso T telah menjadi nama yang paling rumit untuk disebutkan. Bayangkan, untuk mengejanya...