Bukan Hypercar, Kendaraan Listrik Pertama Bugatti Justru Skuter

Bugatti Scooter

MOLSHEIM, Carvaganza – Siapa yang sangka ternyata pabrikan sekelas Bugatti juga tertarik untuk memproduksi kendaraan listrik. Tapi kendaraan listrik pertama yang diproduksi oleh Bugatti justru bukan mobil, melainkan skuter otomatis dengan kecepatan maksimal 28 km/jam. Dalam proses pengembangan dan produksinya, Bugatti menggaet perusahaan e-skuter asal Amerika Bytech International.

Skuter elektrik ini didesain sepenuhnya oleh Bytech International yang kemudian dikembangkan oleh Bugatti agar memiliki fitur tambahan yang biasanya ditemukan pada mobil super cepat. Tenaganya disuplai oleh baterai 36 V atau berkapasitas 0,36 kWh yang memiliki daya jangkauan hingga 35 km dengan modal baterai penuh. Terdapat tiga model pengendaraan yakni ekonomi, City dan Sport agar dapat mencapai kecepatan maksimal yakni 28 km/jam. Saat proses pengisian daya, baterai dapat diisi saat terhubung ke skuter atau dilepas dan dicolokkan dengan waktu pengisian sekitar empat jam pada soket steker domestik AS.

Bugatti Scooter

Rancang bangunnya cukup unik, pabriakn membuat frame skuter dari paduan magnesium dan beratnya hanya sekitar 16kg dan dapat dilipat untuk dibawa kemana-mana. Selain itu, tersedia layar LED besar yang menampilkan kecepatan, mode, dan lampu baterai, serta dilengkapi kontrol untuk lampu depan. Skuter elektrik besutan Bugatti ini menggunakan ban run-flat 9 inci dan mampu membawa beban hingga 110kg.

Bugatti dan Bytech juga telah melengkapi mesin dengan sejumlah fitur tambahan lainnya, salah satunya iala lampu sein untuk memberikan sinyal pada pengguna jalan lain saat berbelok. Lampu sein tersebut dapat ditempatkan pada handle bar atau setang kemudi dan pelindung roda bagian belakang. Selaiin itu, Bugatti Skuter bertenaga listrik ini juga dibekali dengan sistem pengereman anti-lock E-ABS di roda belakang demi keselamatan pengendara di jalan raya. Dan untuk menegaskan identitasnya, terdapat emblem Bugatti yang khas di bagian depan.

Bugatti Scooter

Kalau Anda tertarik untuk segera meminangnya sabar dulu ya, pasalnya skuter listrik Bugatti ini baru tersedia untuk pasar Amerika Serika saja. Bahkan pabrikan belum merilis harga pasti yang akan dibanderol pada kendaraan listrik pertama Bugatti ini. Beberapa negara skuter serupa sudah banyak ditemui salah satunya Indonesia, sayangnya belum ada informasi terkait bahwa Bugatti EV ini akan dipasarkan di tanah air.

Setelah Rimac mengambil alih Bugatti dari Grup Volkswagen pada tahun lalu memang fokus pertama yang digalakkan adalah model listrik yang sebenarnya juga sudah berjalan lama di internal Bugatti. Kabarnya saat ini Bugatti sudah mempersiapkan beberapa hypercar bertenaga listrik untuk diperkenalkan dalam waktu dekat.
ALVANDO NOYA / RS

Baca juga: Ini Dia 3 Mobil Listrik yang Diluncurkan BMW Indonesia Tahun Ini

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil BMW Pilihan

  • Upcoming

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Review
  • Artikel Feature