BMW Seri 2 Active Tourer Generasi Baru Dapat Grille Besar Juga, Semakin Mewah dan Canggih

  • Seri 2 Active Tourer
  • Seri 2 Active Tourer
  • Seri 2 Active Tourer
  • Seri 2 Active Tourer

MUNICH, Carvaganza – Lama tidak terdengar kabarnya, BMW Seri 2 Active Tourer kini kembali hadir lewat generasi barunya yang telah resmi diperkenalkan oleh BMW. Pada generasi baru ini, BMW membuatnya menjadi lebih modern, sporty, mewah, serta tetap punya nilai kepraktisan tinggi. Mercedes-Benz B-Class akhirnya kembali punya rival sepadan di kelasnya.

Sama seperti sebelumnya, Seri 2 Active Tourer menjadi model dengan nilai jual dari sisi kepraktisan. Generasi baru ini masih dalam format sebuah hatchback yang dimensinya dibuat lebih besar daripada Seri 1. BMW sendiri menolak menyebutnya sebagai sebuah MPV, seperti model Seri X tidak mereka sebut sebagai SUV, melainkan SAV.

BMW membangunnya dengan basis arsitektur FAAR yang juga telah dipakai pada Seri 2 Gran Coupe, X1 dan MINI Countryman untuk mobil berpenggerak roda depan. Perubahan utama dari mobil ini bisa dilihat begitu melihat eksteriornya. Sepasang grille kidney yang membesar hadir menghiasi fascia depan. Klaimnya grille ini bukan sekadar untuk mesin bernapas, tapi juga menjadi tempat bernaungnya sejumlah sensor radar pendukung fitur driver assistance.

Seri 2 Active Tourer

Grille tersebut juga punya funsi active air flap, yang akan menutup ventilasi untuk menambah efisiensi aerodinamika saat tidak begitu diperlukan pendinginan. Sepasang lampu depan kini tampil lebih ramping untuk kesan desain lebih dinamis. Begitu juga dengan lampu belakang yang juga meramping, sepintas mirip lampu milik X5.

Baca Juga: Dua Model Baru Mercedes-AMG Siap Meluncur di Sentul Pekan Ini

Dimensi Active Tourer ikut membesar pada generasi baru ini. Panjangnya bertambah 32 mm, lebarnya bertambah 24 mm, dan tingginya bertambah 21 mm. sementara wheelbase masih sama di angka 2.670 mm.

Bagian interior Seri 2 “MPV” ini berubah sangat drastis dibandingkan pendahulunya. Active Tourer baru mengikuti arah desain BMW terbaru, bahkan sampai ke gaya desain mobil listrik BMW iX. Layar infotainment one-piece melengkung mendominasi dashboard. Di sisi pengemudi ada layar 10,25 inci sebagai panel instrumen digital, sementara di tengah 10,7 inci sebagai pusat infotainment iDrive generasi kedelapan. Interface layarnya bergaya seperti smartphone, sehingga mudah dioperasikan.

Seri 2 Active Tourer

Di bawah layar infotainment tidak ada sama sekali tombol pengatur AC, yang digantikan oleh kompartemen besar. Seluruh tombol AC digeser, yang kini dioperasikan lewat layar tengah. Tuas transmisi berubah menjadi tombol yang terletak di konsol tengah tinggi sejajar dengan arm rest. Konsol tengah yang bertingkat memberikan kesan lega pada kabin, serta menyediakan kompartemen yang melimpah.

Fitur-fitur baru yang BMW sediakan lewat Seri 2 Active Tourer baru antara lain navigasi dengan augmented reality, pilihan fungsi baru untuk voice control, wireless phone mirroring, serta update software dengan cara over-the-air.

Sebagai sebuah BMW, handling dipastikan tetap menyenangkan meski bentuknya sebuah hatchback gemuk. Chassis dioptimalkan pada bagian depan untuk respons kemudi lebih baik. Sementara di belakang terpasang suspensi three-link untuk memberikan ruang interior lebih lega.

Seri 2 Active Tourer

Ragam varian Seri 2 Active Tourer akan hadir setidaknya melalui 218i sebagai yang termurah, bermesin 1.5 liter turbo tiga silinder yang punya tenaga 134 hp dan torsi 230 Nm. Kemudian 220i dengan mesin sama, namun tenaga 154 hp dan torsi 240 Nm. Mesin 2.0 liter turbo akan ditawarkan untuk 223i dengan output 201 hp dan 320 Nm. Sementara varian diesel 218d dengan mesin 2.0 liter turbo menyimpan kombinasi tenaga 148 hp dan torsi 360 Nm.

BMW akan sediakan juga opsi plug-in hybrid untuk Seri 2 Active Tourer, yang mengandalkan mesin 1.5 liter turbo, dipadu motor listrik untuk menggerakkan roda belakang. Klaimnya, varian PHEV ini akan menawarkan kombinasi output dengan total 242 hp dan 322 hp, yang energi listriknya ditampung oleh baterai sebesar 14,9 kWh. Jarak tempuhnya dengan listrik saja disebut mencapai 80 kilometer.
WAHYU HARIANTONO

Baca Juga: Rilis Tahun Depan, Honda Civic Type R Terbaru Sudah Sebar Teaser

Sumber: Autocar

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil BMW Pilihan

  • Upcoming

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya