Agresif di Awal Tahun, BMW Rilis X1, X3 dan X5 Baru Sekaligus

JAKARTA, Carvaganza – Tidak cukup dengan strategi agresifnya pada tahun 2020 dengan meluncurkan puluhan model baru, BMW Group Indonesia  membuka tahun 2021 dengan cara yang sama. Tiga produk baru sekaligus diluncurkan BMW yang memperkuat lini SUV mereka tahun ini. Tiga model tersebut masing-masing mewakili model X1, X3 dan X5.

Varian baru dan upgrade alias penyegaran diberikan oleh BMW kepada tiga model tersebut, yang sudah dirakit lokal dari fasilitas Gaya Motor di Sunter, Jakarta Utara. Ketiga model itu masing-masing adalah X1 sDrive19i, X3 sDrive20i, dan X5 xDrive40i xLine. Hal ini tegaskan komitmen BMW dalam berikan fitur relevan sesuai dengan pemintaan konsumen di Indonesia.

“BMW Group Indonesia memulai tahun 2021 dengan optimis dan saya Pribadi sangat bangga kami berhasil melewati tahun 2020 yang penuh tantangan berkaitan dengan pandemi COVID-19. Pada kuartal satu tahun ini, BMW Indonesia memulai kampanye komunikasi dengan menghadirkan tiga model BMW X terbaru, yang dikenal sebagai X-Crew,” papar Ramesh Divyanathan, President Director BMW Group Indonesia.

“BMW Group Indonesia memilih BMW Seri X sebagai model pertama yang diluncurkan tahun ini untuk memperkuat posisinya sebagai brand terdepan di segmen SAV Premium Indonesia sekaligus memenuhi kebutuhan kendaraan yang serbaguna dan tentunya berikan sensasi dan kenyamanan berkendara yang sempurna.”

BMW X1 2021

X1 sDrive18i

Untuk model entry level dari line up SUV mereka, BMW menghadirkan X1 sDrive18i ini sebagai varian pelengkap dari yang sudah ada sebelumnya. Meluncur dengan julukan ‘The Courageous’, X1 baru ini memberi alternatif varian yang lebih terjangkau. Diharapkan bisa menjadikannya semakin atraktif sebagai salah satu model terlaris SUV dari BMW.

Tampilan diklaim lebih sporty dengan mengandalkan black cladding dan matte silver pada sisi bawah bumper depan. Diffuser belakang tampil dengan nuansa color-coded, menyertai frame kaca dan roof rails dengan finishing satin alumunium. Bagian kaki-kaki juga tampil segar oleh aplikasi velg Y-spoke style 566 18-inci dengan aksen bicolour.

Bagian interior mendapatkan peningkatan kenyamanan bagi penumpang, dengan disediakannya Comfort Access untuk mengakses semua pintu tanpa menyentuh remote. Sistem infotainment iDrive ditingkatkan, yang kini sudah mendukung Apple CarPlay yang bisa diakses wireless. Sementara fitur Rear-view camera kini terintegrasi dengan Parking Assistant yang memudahkan proses parkir paralel.

Masih dengan mesin tiga silinder 1,5 liter turbo, X1 sDrive18i mengandalkan transmisi otomatis dual-clutch 7-percepatan. Varian baru ini ditawarkan dengan harga Rp 669 juta (off the road).

BMW X3 2021

X3 sDrive20i

Ini adalah penyegaran pertama sejak X3 versi sDrive20i diluncurkan tahun 2019 lalu. Baik dari sisi penampilan dan fitur menjadi menu pembaruan BMW pada versi SUV dari Seri 3 ini, yang memadukan unsur efisiensi dan sporty dalam satu paket. X3 versi penggerak dua rod aini dipasarkan dengan harga Rp 969 juta (off the road).

Eksterior tidak berubah banyak, yang diwakili oleh velg baru berdesain V-spoke style 692 bicolour, berdiameter 19-inci. Selebihnya, tampilan bagian luar masih relatif sama dengan versi awalnya. BMW membuat penampilan luar X3 menjadi lebih modern dan dinamis.

Interior mengandalkan comfort seat yang lebih nyaman dengan bantalan berkualitas dan tebal, dengan trim Sensatec generasi terbaru. Nuansa ini dipadukan dengan finishing trim dengan warna Black High Gloss dan juga highlight Pearl Chrome + Galvanic Embellisher untuk rangkaian tombol pengaturan fitur. Demi memberikan kesan lapang, tersedia panoramic roof.

Di balik kap mesin tersimpan unit empat silinder 2,0 liter turbo yang bertenaga 184 hp dan torsi 300 Nm. Mesin dengan transmisi otomatis Steptronic 8-percepatan ini terhubung menggerakkan roda belakang.

BMW X5 2021

X5 xDrive40i xLine

SUV dengan nickname The Boss ini menjadi yang paling banyak mendapat upgrade dari tiga model yang diluncurkan. Yang paling menarik perhatian adalah X5 edisi 2021 bisa menampung lebih banyak penumpang, dengan terpasangnya jok baris ketiga. Jadi, kini X5 bisa mengisi setidaknya sampai tujuh orang di dalamnya.

Kursi baris kedua juga ikut ditingkatkan kenyamanannya, yang kini bisa diatur posisi duduknya melalui tombol secara elektris. Lalu adanya Comfort Cushions pada head rest menambah nilai kenyamanan untuk penumpang, yang dilapisi material Alcantara. Nuansa kemewahan berkendara di dalam kabin dipertegas oleh aplikasi finishing trim Alumunium “Mesheffect” Dark, dengan kombinasi headliner berwarna cerah.

Kualitas hiburan turut memanjakan penumpang, yang  kini mengandalkan sistem audio dari Harman Kardon yang dilengkapi 16 speaker. Tidak hanya dari sisi infotainment, fitur baru juga ditingkatkan dari sisi keselamatan dan keamanan. Hadirnya sistem Driving Assitance yang semakin lengkap dan canggih. Sebut saja Parking Assistant Plus yang termasuk Surround View berkemampuan kamera 360o, Panorama View, Top View, dan 3D View.

BMW X5 2021

Kelengkapan Driving Assistant juga ditunjukkan oleh hadirnya Crossing Traffic Warninig, Lane Departure Warning, Lance Changing Warning, serta Front Collision Warninig with Brake Intervention dan Rear Collision Prevention. Yang pasti, berbagai potensi terjadinya kecelakaan semakin diminalisir oleh rangkaian fitur pada X5 xDrive40i xLine.

Dengan harga Rp 1,559 miliar (off the road), X5 xDrive40i xLine hadir dengan mesin enam silinder 3,0 liter turbo bertenaga 340 hp dan torsi 450 Nm. Dengan transmisi otomatis Sport Steptronic 8-percepatan, sistem xDrive yang digunakannya menggerakkan seluruh roda. Ketiga model baru ini akan sudah tersedia di dealer resmi BMW se-Indonesia pada pekan depan. (WAHYU HARIANTONO)

Artikel yang direkomendasikan untuk anda