Home Updates Mobil-Mobil Baru yang Jadi Pembicaraan di Tahun 2016

Mobil-Mobil Baru yang Jadi Pembicaraan di Tahun 2016

SHARE

JAKARTA, 30 Desember 2016 – Tahun 2016 masih menjadi tahun “biasa-biasa saja” bagi dunia otomotif tanah air. Menurut data wholesale Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan mobil nasional masih akan sama dengan tahun lalu di angka 1 juta unit.

Meski demikian, puluhan model mobil diperkenalkan agen pemegang merek (APM) sepanjang tahun 2016 lalu. Mobil-mobil ini datang dari berbagai segmen. Ada yang sukses, ada juga yang biasa aja.

Nah, model apa saja yang mendapat perhatian cukup meriah dari konsumen? Ini dia di antaranya:

Toyota Calya dan Daihatsu Sigra

Setelah sukses dengan low cost green car (LCGC) 5 penumpang, Agya dan Ayla, Toyota dan Daihatsu kembali berkolaborasi. Kali ini mereka membangun LCGC yang mampu menampung 7 penumpang. Keputusan ini menyusul sukses segmen ini yang sebelumnya hanya dihuni Datsun GO+. Diperkuat mesin 1KR-VE 1.0L VVT-i dan 3NR 1.2L Dual VVT-i, Calya dan Sigra dijual di rentang harga Rp 106 juta hingga Rp 150 juta. Terbukti Januari-November, Calya mampu terjual 39.768 unit dan Sigra 26.289 unit.

Baca Juga:  Bayi Pajero Sport Mampir di Booth Mitsubishi GIIAS 2017

Toyota All New Fortuner

Mengawali tahun 2016 lalu, perang terjadi di segmen SUV. Toyota termasuk APM yang mempekenalkan andalannya di segmen ini lewat All New Fortuner. Berbagai perubahan dilakukan Toyota pada Fortuner baru. Selain eksterior, bagian interior juga mendapat gubahan. Dijual di rentang harga Rp 450 juta hingga 640 juta, Fortuner mengusai segmen SUV dengan penjualan 26.168 unit.

Mitsubishi All New Pajero Sport

Tak mau kalah dengan Fortuner, Mitsubishi juga menghadirkan SUV andalannya All New Pajero Sport. Dari beberapa kali uji coba yang dilakukan Carvaganza, acungan jempol layak diberikan untuk kombinasi mesin 4N15 dengan transmis otomatis 8 kecepatan tiptronic. Dijual mulai  Rp 436 juta hingga Rp 623 juta, Pajero Sport menempel penjualan Fortuner di angka 16.639 unit.

Baca Juga:  Toyota Berpeluang Memperbesar Pasar Mobil Kompak di Indonesia

Honda Civic Turbo

Di segmen sedan, satu nama yang cukup fenomenal adalah Honda Civic Turbo. Selain tampilan, Civic baru ini menggunakan mesin baru 1.500cc menggantikan Civic sebelumnya yang menggunakan mesin yang lebih besar yaitu 1.8L dan 2.0L. Namun terbukti All New Honda Civic yang menggunakan mesin 1.5L VTEC Turbo dengan teknologi Earth Dreams cukup mumpuni. Meski baru dijual sejak Mei, Civic turbo mampu mengungguli penjualan Corolla Altis.

Toyota Sienta

Indonesia kedatangan MPV baru Toyota Sienta. Kehadirannya makin diuntungkan dengan melorotnya Honda Freed yang kemudian berujung pada penghentian penjualan. Gampang dikenali dengan pintu gesernya, Toyota Sienta menjadi pemain tunggal di kelasnya. Dari data Gaikindo tercatat penjualan Sienta hingga November mencapai 15.826 unit.

Honda Brio Satya

Baca Juga:  Tetap Eksis, Renault Pajang Line-Up Andalannya di GIIAS 2017

Di bulan Mei, Honda menghadirkan New Brio Satya. Menggunakan mesin 1.2L, Honda mengklaim mesin ini memiliki tenaga dan torsi terbesar di kelasnya. Mesin ini mampu menghasilkan 90 PS (89 hp) pada 6.000 rpm dengan torsi 110 Nm pada putaran 4.800 rpm. Brio Satya juga menggunakan transmisi baru CVT yang membuatnya cukup mumpuni meski bertubuh mungil.

Renault Kwid

Sempat ‘tertidur’ cukup lama, PT Auto Euro Indonesia selaku APM Renault di Indonesia akhirnya membuat gebrakan. Mereka meluncurkan crossover termurah di Indonesia yang diberi nama Renault Kwid. Kehadiran Kwid memang mendapat banyak perhatian. Salah satu penyebabnya adalah harganya yang relatif terjangkau, Rp 117 juta on the road Jakarta. Jika melihat dari harganya, Renault Kwid akan bersaing dengan pasar LCGC. Meski demikian, Renault sepertinya tidak berencana untuk menjadikan low-crossover tersebut sebagai mobil LCGC.

RAJU FEBRIAN

SHARE

Cetak Wirausaha Bengkel, Pertamina Luncurkan Enduro Student Program

CILACAP, 22 Agustus 2017 – Sebanyak 20 siswa dari SMK terpilih se-Cilacap mengikuti Enduro Student Program (ESP) batch 2 (dua) yakni program...

Suzuki Ertiga Masih Favorit Penjualan di GIIAS 2017

JAKARTA, 21 Agustus 2017 – Suzuki New Ertiga ternyata masih menjadi model favorit di booth PT Suzuki Indomobil Sales (SIS)...

Rekor, Tata Prima Dongkrak Penjualan Tata Motors di GIIAS 2017

JAKARTA, 21 Agustus 2017 – Jajaran truk Tata Prima berhasil mencatat rekor penjualan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show...

Mitsubishi FUSO Tembus SPK 776 Unit di GIIAS 2017

JAKARTA, 21 Agustus 2017 -- PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) selaku authorized distributor dari Mitsubishi FUSO Truck &...

Mitsubishi Xpander Banjir Pesanan, Sudah Laku 7.489 Unit

JAKARTA, 21 Agustus 2017 – Banjir pesanan tak hanya didapatkan Mitsubishi Xpander di ajang GIIAS 2017. Di saat yang bersamaan...