Beranda Blogs FEATURE: Campervan in NZ, Exploring the Middle Earth (Bag. 2)

FEATURE: Campervan in NZ, Exploring the Middle Earth (Bag. 2)

Banyak kemudahan yang Anda dapatkan saat melakukan Campervan. Bagaimana dengan biaya?

BERBAGI

MESKI memberikan fleksibilitas lokasi, bukan berarti Anda bisa sembarangan memarkir Campervan untuk bermalam. “Banyak spot gratis yang tersedia untuk bermalam dengan campervan. Tapi tempat-tempat tersebut tak memiliki fasilitas untuk mengisi ulang listrik,” tambah Rudi.

Listrik merupakan faktor penting karena menjadi sumber energi untuk lampu, heater, kulkas, microwave dan keperluan lainnya. Maka setiap dua sampai tiga hari sekali, Rudi Kurniawan bermalam di camping ground dengan biaya NZ$20 untuk 2 orang. Jika lebih, terkena charge tambahan NZ$5 per kepala.

Berhubung campervan seperti rumah berjalan, maka Anda juga berurusan dengan limbah rumah tangga seperti waste water dan buangan dari toilet. Tapi Anda tak perlu khawatir karena banyak tersedia dump station yang sebagian besar gratis. Jika menyewa campervan, Anda akan mendapatkan buku panduan mengenai lokasi-lokasi yang dibutuhkan seperti dump station dan camping ground. Bahkan beberapa campervan dilengkapi GPS yang menyediakan informasi-informasi tersebut.

Bagaimana dengan biaya traveling dengan campervan jika dibandingkan menyewa mobil? “Harga sewa campervan beragam, tergantung musim. Saya menyewa campervan Apollo di musim dingin sehingga mendapat diskon sekitar 65% dari harga musim panas. Jadi total biaya lebih ekonomis ketimbang menyewa mobil plus akomodasinya,” kata Ubai.

Pria yang selalu meluangkan waktunya untuk traveling ini membayar sekitar NZ$530 untuk 10 hari, sudah termasuk asuransi. Beda dengan Rudi yang menyewa campervan Britz di musim semi sehingga diskonnya tak sebesar Ubai. Ia membayar sekitar NZ$1.350 untuk 10 hari, juga termasuk asuransi zero excess.

Meski harga bisa ditekan jika tanpa asuransi, Ubai menegaskan, “Asuransi itu penting karena kecelakaan bisa terjadi kapan pun.” Dan ia mengalaminya sendiri. Saat berada di tengah hutan menuju Christchurtch dari Queenstown, campervan-nya masuk ke kubangan lumpur dan menghantam batu. Dengan asuransi, Ubai terbebas dari biaya perbaikan yang sangat besar.

Liburan tak akan nyaman jika kita harus mengeluarkan uang ekstra di luar yang sudah direncanakan. Jika segalanya sudah dipersiapkan, Anda bisa menikmati keajaiban Middle Earth dengan tenang.

The Temporary Homes for Campervan

Rudi dan Ubai merupakan dua manusia beruntung yang pernah menjelajahi New Zealand dengan campervan. Keduanya menyewa spesifikasi kendaraan yang berbeda. Rudi memilih campervan berbasiskan Toyota Hiace berkapasitas 4 penumpang, sedangkan Ubai mengendarai VolksWagen dengan kapasitas 2 orang.

Toyota Hiace

Layout Kendaraan: Van, mesin depan, 4 penumpang
Mesin: Diesel 2.6 L/148 hp
Power Supply: 12V battery/240V main supply
Dimensi (PxLxT): 5380 x 1880 x 2800 mm
Kapasitas Tangki: 70 liter
Fitur: Kulkas, microwave, kompor, tempat tidur untuk 4 orang, dan toilet

Volkswagen

Layout Kendaraan: Van, mesin depan, 2 penumpang
Mesin: Diesel 2.5 L/ 107 hp
Power Supply: 12V battery/240V main supply
Dimensi (PxLxT): 7100 x 2000 x 3200 mm
Kapasitas Tangki: 75 liter
Fitur: Kulkas, microwave, kompor, tempat tidur untuk 2 orang, toilet, shower room

MIRAH PERTIWI

subscribe Carvaganza's youtube channel to get the latest car reviews

BERBAGI



Toyota Vios 2018 Masuk Singapura, Beda dengan versi Indonesia

SINGAPURA, 15 Desember 2017 – Toyota Vios 2018 mulai dijual di beberapa negara Asean. Yang terkini, sedan B Segmen itu...

Kia Picanto 2018 Hadir di Malaysia, Indonesia Menyusul?

KUALA LUMPUR, 15 Desember 2017 – Tak lama setelah perkenalan new Kia Picanto, city car andalan Kia Motors itu sudah...

10 Mobil BMW Hadir di Indonesia Pada 2018

JAKARTA, 15 Desember 2017 – Rencana besar tengah disiapkan BMW Indonesia. Pemegang merek BMW di Tanah Air itu akan memboyong...

Ganti Oli dan Servis Ringan Portable dari Pertamina Lubricants

JAKARTA, 14 Desember 2017 – Dalam rangka ulang tahun PT Pertamina ke-60, PT Pertamina Lubricants meluncurkan Pertamina Lubecare Mobile Service....

PLN Siap Dukung Kendaraan Listrik BMW

JAKARTA, 14 Desember 2017 -- BMW Indonesia bekerjasama dengan PLN Disjaya dalam pengembangan kendaraan masa depan yang menggunakan teknologi listrik...