Beranda Updates 2 Tim Mahasiswa Indonesia Berpastisipasi di Drivers’ World Championship

2 Tim Mahasiswa Indonesia Berpastisipasi di Drivers’ World Championship

BERBAGI
Tim Bengawan 2 dari Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta

LONDON, 30 Mei 2017 – Dua tim mahasiswa Indonesia kembali berpartisipasi di ajang Shell Eco Marathon (SEM) Drivers’ World Championship (DWC) 2017 yang berlangsung di London, Inggris. Namun faktor cuaca menghentikan langkah mereka meraih posisi puncak di ajang adu balap antara mobil-mobil hemat energi terbaik dari seluruh dunia.

Subscribe Now!

SEM DWC yang berlangsung 25-28 Mei 2017, Indonesia diwakili Tim Bengawan 2 dari Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta dan Tim ITS 2 dari Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), Surabaya. Keduanya  mewakili Asia di Grand Final setelah tim Asia lainnya dari Filipina gagal menyelesaikan tahap kualifikasi berupa uji rem dinamis (Dynamic Brake Test).

Keduanya lolos dalam kualifikasi awal berupa inspeksi terhadap 12 aspek teknis kendaraan, dan Dynamic Brake Test dimana kendaraan peserta harus melalui tahap uji dengan memacu kendaraannya hingga kecepatan maksimal 50 km/jam dan harus dapat dihentikan dalam jarak 20 meter.

Baca Juga:  Shell Campus Week, Edukasi Hidup Ramah Lingkungan a la Shell

Di tahap qualifying lap yang prosesnya sama seperti qualifying lap balap mobil/motor, kendaraan tim satu persatu dihitung catatan waktu terbaiknya dalam satu lap untuk menentukan urutan race.

“Kami masih penasaran sebelum bisa mengibarkan bendera merah putih di panggung Drivers’ World Championship. Kami memiliki keyakinan bahwa kami akan menjadi pemenang, meskipun kami mulai start di urutan paling belakang berdasarkan hasil qualifying laps,” kata Bhima Poetra Perdana, Team Manager ITS Team 2.

Aksi adu balap ini terhenti di lap ke-2 dari 4 lap yang direncanakan karena hujan yang turun cukup deras. Kendaraan dari 8 tim mahasiswa yang berkompetisi gagal menyelesaikan trek balap Queen Elizabeth Olympic Park dengan energi terbatas untuk melalui trek sepanjang 6,7 km dengan variasi ketinggian trek antara 3-12 m.

Baca Juga:  Shell Campus Week, Edukasi Hidup Ramah Lingkungan a la Shell

Panitia akhirnya memutuskan pemilihan pemenang berdasarkan hasil qualifying lap. Saint Thomas Academy Experimental Vehicle Team Alpha (USA) meraih juara pertama. Selanjutnya, La Joliverie Polytech Nantes (Perancis) dan Knights 3 Alden-Conger High School (USA), menempati posisi kedua dan ketiga.

“Saya sangat bangga melihat kegigihan, tekad dan semangat tim-tim mahasiswa Indonesia yang luar biasa tinggi,” ujar Darwin Silalahi, President Director & Country Chairman Shell Indonesia.

RAJU FEBRIAN

BERBAGI



Lamborghini LM002, SUV Pertama Lamborghini

ROMA, 16 Oktober 2017 -- Lamborghini Urus akan segera menjalani debutnya pada bulan Desember mendatang. Sebenarnya, Urus bukanlah SUV pertama...

Daihatsu Perkenalkan Sedan Concept di Tokyo Motor Show 2017

TOKYO, 17 Oktober 2017 - Pabrikan mobil kompak asal Jepang yaitu Daihatsu turut meramaikan ajang Tokyo Motor Show 2017 yang...

McLaren Club Indonesia Java Urban Drive 2017

JAKARTA, 17 Oktober 2017 – Pemilik dan penggemar mobil sport asal Inggris, yang tergabung dalam McLaren Club Indonesia (MCI) mengadakan driving experience bagi...

Honda Buka Dealer Keenam di Makassar

MAKASSAR, 17 Oktober 2017 – PT Honda Prospect Motor terus memperkuat jaringan di wilayah Indonesia bagian timur. Honda meresmikan Honda Sanggar...

Taklukkan Jalur IOX 2017 Celebes, Team Mopar Badak Tiba di Tana Toraja

TANA TORAJA, 16 OKTOBER 2017 – Jalur ektrim dan petualangan keras pada kejuaraan Indonesia Off-road Expedition (IOX) 2017 – Celebes berhasil...