Beranda EDITOR'S PICKS INTERVIEW: Kyoya Kondo, Firm Commitments

INTERVIEW: Kyoya Kondo, Firm Commitments

Small MPV Mitsubishi ini adalah sebuah investasi besar, model besar dan kepercayaan besar.

BERBAGI
Kyoya Kondo, President Director PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (Foto: Mulki Prihandoko)

WAJAH pria kelahiran Jepang 1967 ini terlihat begitu sumringah ketika kami mewawancarainya di Hotel Fairmont di kawasan Senayan, Jakarta Selatan. Maklum, sebelum diwawancarai khusus oleh Carvaganza, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) yang dipimpinnya baru saja melahirkan produk baru di  kelas small MPV. Mobil ini, Mitsubishi Xpander, kemudian melakukan global debut di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 pada Agustus lalu.

“Mungkin seperti yang Anda bilang, seperti punya bayi baru,” ucapnya sambil tertawa. “Betul rasanya seperti punya bayi baru. Tahun ini adalah tahun yang sangat signifikan bagi kami karena selain model baru small MPV yang baru saja diperkenalkan kepada media, kami juga memiliki pabrik baru dan jaringan distributor yang baru tentunya, yang ditandai dengan perubahan nama perusahaan kami.”

“New small MPV ini sudah mulai dipersiapkan empat tahun lalu dan mobil ini memang khusus dipersiapkan secara istimewa untuk masyarakat Indonesia. Fondasi-fondasi pengembangannya didasarkan pada kebutuhan konsumen dan kondisi jalan di Indonesia,” ujar pria jebolan Universitas Hitotsubashi Jepang ini.

“Jadi ini adalah memang mobil bagi masyarakat Indonesia. Basis pembuatannya pun di sini di pabrik kami yang baru di Bekasi, Jawa Barat, yang memiliki kapasitas produksi 80 ribu unit untuk saat ini,” tambah penggemar olahraga thriathlon ini. “Mobil ini benar-benar menggunakan platform baru, yang mengombinasikan karakter mobil MPV dengan segala utilitasnya dengan mobil SUV yang memiliki karakter tangguh dan dinamis.”

Menurutnya, Ia baru terlibat dalam proyek small MPV ini tahun lalu ketika ia ditugaskan untuk mengurusi pasar Asia. “Saya waktu itu ditugaskan oleh Jepang untuk bertanggung-jawab dalam hal intelektual pabrik dalam proyek pengembangan small MPV ini. Kami menganggap bahwa Indonesia merupakan pasar yang sangat penting di Asia, terlihat dari investasi kami untuk proyek MPV ini senilai 30 milyar yen (sekitar Rp 3,5 trilyun). Saya terlibat dalam pengembangan network untuk mobil ini yang berkenaan dengan segala persiapan jaringannya.”

Nah, Ia baru terlibat secara intensif ketika diangkat sebagai presdir PT MMKSI pada April lalu sehingga ia menangani dan mengomandani seluruh hal yang berkenaan dengan proyek MPV tersebut.

Ia mengatakan merasa sangat terkesan dengan performa mobil ini termasuk dalam hal desain. “Mobil MPV ini memiliki desain yang sangat stylish. Saya sendiri pernah mengemudikan mobil ini di Jepang. Kesan saya terhadap mobil ini, amazing. Pengendaliannya stabil, pengendaraannya nyaman dan setirnya sangat obyektif dengan kerja suspensi yang baik yang mampu meredam guncangan dengan baik. Didukung oleh pula oleh kabin yang luas dan desain yang stylish.”

Ditanya tentang dominasi Toyota Avanza di segmen ini, Kondo dengan rendah hati mengatakan bahwa Mitsubishi adalah pemain baru di segmen small MPV dan merupakan pemain kelima di klasemen tersebut. Namun, ujarnya, Mitsubishi optimistis dengan komitmen yang kuat terhadap kualitas produk, sales maupun after-sales, pihaknya akan mendapatkan kepercayaan dari konsumen sehingga MPV baru Mitsubishi akan menjadi mobil andalan keluarga Indonesia.

“Kami merasa optimistis model ini akan mendapatkan kepercayaan masyarakat di Indonesia karena kami memiliki komitmen yang kuat terhadap Indonesia dan produk yang kami jual. Masyarakat di Indonesia pun sudah memberikan kepercayaan kepada model-model kami di segmen yang lain. Dengan kapasitas produksi small MPV 80 ribu unit per tahun, kami yakin dapat menjadi pemain terbesar kedua dalam waktu tertentu nanti,” pungkas yakin.

EKA ZULKARNAIN

subscribe Carvaganza's youtube channel to get the latest car reviews

BERBAGI



Tak Menarik, Mazda Enggan Bangun Mesin Turbo Kecil dan Transmisi CVT

TOKYO, 11 Desember 2017 – Di saat pabrikan lain berlomba-lomba membuat mesin berkapaistas kecil dan turbo serta transmisi CVT, tidak...

Pembalap Toyota Team Indonesia Siap Beradu Cepat di Fuji Speed Way

TOYOTA, 10 Desember 2017 – Dua pembalap Toyota Team Indonesia (TTI), Alinka Hardianti dan Haridarma Manoppo, tampil menawan dan berhasil...

BMW Siapkan 11 M Series dan 15 M Performance Hingga 2020

STUTTGART, 9 Desember 2017 -- BMW M memiliki empat angka penting dalam beberapa tahun ke depan: 11, 15, 2020 dan...

Honda Gelar Tantangan Hemat BBM Komunitas Mobilio

BOGOR, 10 Desember 2017 – PT Honda Prospect Motor kembali menggelar lomba hemat bahan bakar untuk pengguna Honda Mobilio melalui acara Honda Mobilio...

Aplikasi My Mitsubishi Motors ID Hadir untuk Memudahkan Konsumen

JAKARTA, 9 Desember 2017 -- PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) telah meraih peringkat utama atas survey Sales...