Beranda Blogs Inilah Peran Penting Tutup Pentil Ban

Inilah Peran Penting Tutup Pentil Ban

BERBAGI

JAKARTA, 30 Juni 2017 – Ada satu bagian pada kendaraan yang mungkin sering kali diabaikan keberadaannya. Bagian tersebut adalah tutup pentil ban kendaraan. Memang benda tersebut sering kali dianggap tidak penting oleh pemilik kendaraan.

Sejatinya tidak ada satupun benda pada kendaraan yang tidak memiliki peran. Tutup pentil ban sendiri memiliki peran. Peran dari tutup pentil itu untuk menjaga kondisi ban. Menurut Sales Training Manager PT Goodyear Indonesia, Andry Adam, penutup pentil ban tidak bisa dipandang sebelah mata lantaran berfungsi menjaga kebersihan bagian dalam pentil ban.

“Debu bakal masuk ke dalam jika pentil ban tidak ditutup. Serpihan debu itu yang nantinya masuk ke dalam dan mengganggu kinerja pentil. Alhasil angin yang ada di dalam ban keluar,” ujar Andry.

Baca Juga:  Paus Fransiskus Lelang Hadiah Lamborghini Huracan

Untuk menjaga kondisi pentil ban tetap bagus ada baiknya ketika ingin mengisi angin untuk membersihkan pentil terlebih dahulu. Cara yang bisa dilakukan adalah dengan menyemprot dengan angin bertekanan agar debu yang menempel di bagian pentil hilang.

“Hal tersebut ditunjang oleh adanya part didalam pentil yaitu inside core. Bagian tersebut berupa per yang membuka dan menutup jalur angin. Ketika tak ada tutup pentil, kotoran seperti pasir, tanah, kerikil kecil akan masuk. Terlebih saat ini mulai masuk musim hujan, kotoran yang mengering akan mengeras dan secara tak langsung menekan inside core, sehingga terjadi kebocoran angin secara halus,” bebernya.

Risiko ban kurang angin memang tak akan begitu terasa ketika kendaraan melaju pada kecepatan rendah. Namun bahaya mengintai ketika dipacu dalam kecepatan tinggi.

Baca Juga:  Paus Fransiskus Lelang Hadiah Lamborghini Huracan

Tutup pentil juga tak boleh sembarangan asal pakai karena ada standar spesifikasi tertentu. Pastikan ada sil karet pada tutup pentil, kemudian ukuran dan ulir harus pas. Mengenai tutup pentil aksesoris tak masalah dipakai, asalkan bentuk dalamnya sesuai standar.

Nah sudah kah anda memeriksa pentil kendaraan Anda?

TITO LISTYADI

subscribe Carvaganza's youtube channel to get the latest car reviews

BERBAGI



Mobil Ferrari F1 Michael Schumacher Terjual Rp 101,4 Miliar

LONDON, 20 November 2017 – Nama Ferrari dan pembalap Michael Schumacher seolah tak bisa dipisahkan di tahun 2000-an. Ia menjadi...

IATS Gelar Pelatihan Khusus Modifikator Interior Mobil

JAKARTA, 20 November 2017 -- Para pengrajin interior mendapatkan penyuluhan dan pengetahuan baru dari Indonesia Authorized Trimmer Summit (IATS). Pelatihan...

Tesla Roadster II, 0-97 Km/Jam Hanya 1.9 Detik!

PALO ALTO, 20 November 2017 – Elon Musk bisa jadi adalah orang yang selalu membuat kejutan di dunia otomotif. Kini...

Toyota Fortuner A/T Diesel TRD Sportivo, Partner in Crime

DEWI Fortuna sedang tersenyum pada saya. Hari ini lalu lintas menyenangkan, jalanan cukup lengang untuk ukuran Jakarta. Mungkin karena sebagian...

Harga Pertamax Naik Jadi Rp 8.400 per Liter

JAKARTA, 20 November 2017 – Menjelang akhir tahun, harga minyak bergerak menguat. Dikutip dari Bloomberg yang dilansir pada Jumat (17/11)...