Beranda Updates 9 Tips Persiapan Pengendara Saat Mudik dari Toyota

9 Tips Persiapan Pengendara Saat Mudik dari Toyota

BERBAGI

JAKARTA, 29 Juni 2017 — Selain mempersiapkan kondisi kendaraan Anda di Bengkel Resmi Toyota, juga diperlukan persiapan pengendara. Maklum perjalanan mudik maupun saat kembali yang menempuh jarak dan waktu yang cukup panjang membutuhkan stamina yang prima.

Perjalanan yang jauh dan memakan waktu panjang — bahkan kerap kali disertai macet berjam-jam — tentunya harus dibarengi dengan persiapan tubuh yang baik. Banyak hal yang harus dipersiapkan.

Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan sebagai persiapan sebelum melakukan mudik.

1. Kondisi tubuh fit dan prima. Makan makanan bergizi, olahraga, istirahat yang cukup sangat dianjurkan sebelum Anda mudik. Kondisi tubuh yang sehat dan fit akan menjaga konsentrasi dan tidak mudah lelah serta mengantuk selama mengemudi.

Baca Juga:  Toyota Land Cruiser Prado 2018, Ini Perubahannya

2. Gunakan sabuk pengaman (safety belt) selama perjalanan. Pastikan penggunaan sabuk pengalaman dilakukan dengan benar. Sabuk pengaman dapat melindungi dari cedera lebih berat saat terjadi kecelakaan.

3. Perhatikan dan sesuaikan posisi tubuh ideal dalam mengemudi. Letakkan kedua tangan pada posisi arah jarum jam 3 dan 9, agar kedua tangan mudah mengoperasikan tuas lampu, wiper, dan kopling. Sesuaikan pula kaca spion depan dan samping hingga pengemudi memiliki sudut pandang ideal.

4. Jangan gunakan handphone selama mengemudi. Menelpon atau menerima telpon dan mengetik pesan di handphone selama mengemudi merupakan salah satu penyebab kecelakaan tertinggi. Jika mendesak, pinggirkan kendaraan Anda dan berhenti sejenak di tempat yang aman.

Baca Juga:  Toyota Kijang dan Veloz Sukses Jelajahi 3 Negara Sejauh 3.000 Km

5. Jaga jarak aman kendaran. Sediakan selalu ruang yang cukup antara mobil di depan, samping, dan belakang. Semakin banyak ruang semakin banyak waktu untuk bereaksi dalam mengemudi. Anda prinsip 3 detik sebagai waktu jarak dengan kendaraan di depan.

6. Siapkan perlengkapan kondisi darurat. Antisipasi kondisi darurat kendaraan dengan kesiapan tools seperti kunci set, kunci roda, dongkrak, segitiga pengaman, dan kotak P3K.

7. Siapkan kelengkapan identitas diri. KTM, SIM, STNK. Kartu identitas dan surat-surat kendaraan sangat penting untuk identifikasi diri.
8. Untuk kemudahan perjalanan siapkan peta atau GPS. Selain untuk kemudahan perjalanan, alat komunikasi seperti handphone, tablet sangat berguna dalam kondisi darurat.

Baca Juga:  Toyota Land Cruiser Prado 2018, Ini Perubahannya

9. Persediaan makanan dan minuman yang cukup selama perjalanan. Utamakan membawa makanan dan minuman sehat dan praktis seperti buah-buahan, roti, sereal, serta air mineral.

Semoga bermanfaat…

TITO LISTYADI

BERBAGI



Hino Resmikan Showroom Baru dan Kenalkan New Dutro di Sampit

SAMPIT, 19 September 2017 - PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) terus memperkuat jaringan mereka baik penjualan maupun purna jualnya....

Lamborghini Huracan LP 580-2 Mengaspal di Indonesia, Berapa Harganya?

JAKARTA, 19 September 2017 -- Lamborghini Jakarta resmi menghadirkan Lamborghini Huracan LP 580-2 di tanah air. Mobil yang hadir dari...

Ini Tampilan Volvo All-New XC40

GOTHENBURG, 19 September 2017 - Pabrikan mobil yang terkenal dengan keamanannya yaitu Volvo sudah mengumumkan rencannya memperkenalkan sport utility vehicle (SUV)...

Hyundai-KIA Gaet Mantan Designer BMW M

CALIFORNIA, 19 September 2017 - Hyundai-KIA Group baru saja mendatangkan seorang designer baru untuk perusahaan mereka. Sosok tersebut adalah Pierre...

Honda Resmi Pasok Mesin Scuderia Toro Rosso Musim 2018

TOKYO, 18 September 2017 – Honda secara resmi mengumumkan kerjasama dengan tim balap F1 Scuderia Toro Rosso untuk balap Formula...