Beranda New Cars Toyota Fortuner Generasi Kedua vs Pertama

Toyota Fortuner Generasi Kedua vs Pertama

BERBAGI
(Foto: Tiwi / Carvaganza)
SEMARANG, 28 Januari 2016 – Saat Toyota All New Fortuner diperkenalkan di Jakarta, Jumat, 22 Januari 2016 lalu, terlihat bahwa Fortuner generasi kedua ini mendapat perubahan major. Tak hanya dari tampilan, tapi juga mesin dan fitur baru. Carvaganza mendapat kesempatan untuk melakukan test drive yang mengusung tema “Lead The Way with All New Fortuner” di Jawa Tengah, 28-30 Januari 2016.

Ketika tiba di Bandara Internasional Achmad Yani, Semarang, sudah tersedia 8 unit Toyota All New Fortuner yang terdiri dari dua tipe TRD Sportivo G 2.5L A/T 4×2 lansiran 2015 dan enam tipe VRZ 2.4L A/T 4×2 Diesel yang menggunakan transmisi 6-kecepatan. Ini merupakan satu dari enam tipe SUV terbaru Toyota tersebut.

Baca Juga:  Lexus LS 500h Melantai di Indonesia Awal 2018

“Kami menyediakan tipe tahun lalu supaya rekan media bisa merasakan bedanya dengan model terbaru,” kata Rouli Sijabat, Public Relations Manager PT Toyota Astra Motor (TAM).

Pada beberapa rute pertama, Carvaganza mendapat jatah jajal Fortuner generasi pertama. Saya pernah mencoba mobil ini sebelumnya dan terasa limbung. Ketika melakukan tiga rute pertama yang berupa city tour di Semarang (dengan jarak tempuh total sejauh 15,9 km), treknya menanjak dan menurun. Rasa limbung itu semakin nyata.

Pada rute keempat dari kota Semarang menuju Ketep Pass yang berada di ketinggian 1.200 m di atas permukaan laut, jalannya cukup sempit dan menanjak. Tanpa adanya paddle shift, tangan kiri sibuk mengganti perseneling untuk menambah tenaga.

Baca Juga:  Lexus Indonesia Genap 10 Tahun, Ini Rahasianya

Setelah menikmati pemandangan Gunung Merapi dan hijaunya hamparan sawah dari Ketep Pass, kami mendapat kesempatan jajal All New Fortuner VRZ 2.4L. Begitu meluncur menuju Jogjakarta, langsung terasa bedanya dari generasi sebelumnya. Selain lebih mudah menyalip dan melibas jalanan menanjak berkat paddle shift, SUV ini juga lebih stabil saat bermanuver.

915700114ff88e8c41cf760f3b33d044

Dadi Hendriadi, Division Head Technical Service Division PT TAM menjelaskan bahwa stabilitas bukan hanya ditentukan dari suspensi, tapi juga frame yang rigid. All New Fortuner dilengkapi stabilizer system dan framenya juga diperkokoh. Itulah yang membuatnya begitu terasa beda dari pendahulunya.

Soal tarikan tak perlu diragukan lagi. Torsi maksimal All New Fortuner mencapai 400 Nm pada 1.600-2.000 rpm, lebih besar 57 Nm dari generasi sebelumnya. Dengan segala penyempurnaan itu, perjalanan sepanjang lebih dari 40 km tersebut terasa menyenangkan.

Baca Juga:  Jeep Wrangler 2018, Baru di Semua Bagian

MIRAH PERTIWI

subscribe Carvaganza's youtube channel to get the latest car reviews

BERBAGI



Honda HR-V dan BR-V Kuasai 58% Pasar LSUV Tahun Ini

JAKARTA, 14 Desember 2017 -- Honda terus mempertahankan dominasinya di pasar Low Sport Utility Vehicle (LSUV) tanah air dengan menguasai...

11 Bulan 2017, Daihatsu Sigra Produk Paling Laris

JAKARTA, 14 Desember 2017 -- Selama periode 11 bulan (Januari – November) 2017, Daihatsu Sigra menjadi model paling populer dari...

Makin Luas, Mitsubishi Resmikan Diler Kendaraan Penumpang ke-3 di Makassar

MAKASSAR, 14 Desember 2017 -- PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) terus memperluas jaringan penjualan kendaraan khusus penumpang....

Hyundai Motor Gandeng Artha Mobil Indonesia Bangun Pabrik di Indonesia

SEOUL, 13 Desember 2017 -- Hyundai Motor Company (HMC) punya rencana besar di Indonesia. Pabrikan Korea Selatan itu menggandeng PT...

Las-Lasan Salah, Bugatti Recall 47 Unit Chiron

PARIS, 13 Desember 2017 – Menyebut nama Bugatti kita tentu membayangkan mobil yang dibuat dengan ketelitian tinggi dan kemampuan mesin...