Beranda Updates Menunggu Model ke-8 dari Platform Honda Jazz

Menunggu Model ke-8 dari Platform Honda Jazz

BERBAGI
(Foto: Raju Febrian/Carvaganza)

JIMBARAN, 28 Januari 2016 – Honda punya taktik efektif dalam mengembangkan produk-produk mereka di Indonesia. Honda BR-V, crossover tujuh penumpang yang mulai dikirimkan ke pemesannya bulan ini merupakan model ketujuh dari platform yang sama dengan Honda Jazz sebagai pionir platform global small car Honda.

Marketing and Aftersales Service Director PT Honda Prospect Motor, Jonfis Fandy, mengatakan pengembangan dengan menggunakan platform dan mesin yang sama sudah jauh dipikirkan Honda. Hal ini terkait efektifitas dan efisiensi. “Jika membuat satu platform untuk satu model tentunya akan lebih sulit dan mahal,” kata Jonfis di Jimbaran, Bali, Rabu (27/1).

Model pertama adalah dengan dikenalkannya Honda Jazz pada 2001. Hatchback ini mengusung platform Global Small Car Honda. Hingga saat ini Honda Jazz, yang juga dikenal dengan nama Honda Fit, sudah memiliki tiga generasi.

Baca Juga:  Komunitas Honda Civic Type R Ngebut di Sentul Sirkuit

Selanjutnya Honda menggunakan platform Honda Jazz untuk menjadi sedan yaitu Honda City pada 2013. City sendiri sebenarnya sudah ada sejak 1981 namun pada 2013, atau generasi keenam, barulah City mulai menggunakan platform yang sama dengan Jazz.

Kesuksesan dua model ini mendorong Honda terus berinovasi. Mereka kemudian mengisi segmen MPV dengan meluncurkan Honda Freed pada 2008. Sama seperti City, Freed juga menggunakan mesin 1.5 liter yang sama dengan Jazz.

Ternyata Freed juga mampu meraih perhatian konsumen saat mulai dipasarkan di Indonesia pada 2009. Selanjutnya Honda tak mau kalah dan menyasar segmen city car. Maka lahirnya Honda Brio pada Agustus 2012. Bedanya Brio menggunakan mesin 1,3 liter yang kemudian juga memiliki adik Honda Brio Satya dengan mesin 1.2 liter.

Baca Juga:  Honda Mobilio Battle of Efficiency Catat Konsumsi 24,1 Km/Liter

Kreasi Honda terus berlanjut. Di segmen Low MPV, Hoda mulai menggunakan platform ini saat menghadirkan generasi kedua Honda Mobilio. Diperkenalkan di ajang Indonesia International Motor Show 2013, Mobilio mulai di jual pada Januari tahun berikutnya. Low MPV tujuh penumpang ini ternyata mampu menggerus duet penguasa segmen ini Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia.

Tahun berikutnya, Honda memperkenalkan Honda HR-V. SUV dengan kapasitas 5 penumpang ini menggunakan mesin 1.5 liter dan 1.8 liter yang kemudian juga dijual secara global.

Terakhir, Honda meluncurkan Honda BR-V. Ketika diperlihatkan di Gaikindo Indonesia International Auto Show 2015, Honda BR-V langsung mendapat sambutan. Inilah crossover yang mampu menampung tujuh penumpang dengan beragam fitur unggulan.

Baca Juga:  Paling Laris, Honda Brio Satya Kini Jadi Andalan Honda

Nah, apakah akan ada model ke-8 yang hadir dari platform ini? “Tunggu saja,” kata Jonfis.

RAJU FEBRIAN

subscribe Carvaganza's youtube channel to get the latest car reviews

BERBAGI



Toyota Terbaik dalam Layanan Purna Jual versi JD Power

JAKARTA, 11 Desember 2017 -- Toyota Indonesia kembali dinilai sebagai perusahaan otomotif kendaraan roda empat di Tanah Air dengan pelayanan...

Toyota Avalon 2019 Lakukan Debut di Detroit Auto Show 2018

DETROIT, 11 Desember 2017 – Mobil-mobil bergenre sedan tengah menurun penjualannya tergerus meningkatnya pemintaan akan SUV crossover. Meski demikian sedan...

Ikuti Tren, Jeep Cherokee 2019 akan Gunakan Mesin Hybrid 2.0L

DETROIT, 11 Desember 2017 -- Jeep Cherokee KL, yang pertama kali melakukan debutnya di New York Auto Show 2013, tengah...

Tak Menarik, Mazda Enggan Bangun Mesin Turbo Kecil dan Transmisi CVT

TOKYO, 11 Desember 2017 – Di saat pabrikan lain berlomba-lomba membuat mesin berkapaistas kecil dan turbo serta transmisi CVT, tidak...

Pembalap Toyota Team Indonesia Siap Beradu Cepat di Fuji Speed Way

TOYOTA, 10 Desember 2017 – Dua pembalap Toyota Team Indonesia (TTI), Alinka Hardianti dan Haridarma Manoppo, tampil menawan dan berhasil...