Beranda Drives Menjajal Keberanian Honda BR-V di Kaldera Gunung Batur

Menjajal Keberanian Honda BR-V di Kaldera Gunung Batur

BERBAGI

DENPASAR, 29 Januari 2016 — Hari kedua test drive Honda BR-V bertema #onlythebraver_challenge ternyata penuh kejutan. Sebanyak 60 jurnalis yang menggunakan 20 unit crossover terbaru Honda itu diajak ke lokasi yang benar-benar bisa menguji kemampuan Honda BRV yaitu kaldera Gunung Batur.

Yap, perjalanan pertama dari Ayana Resort and Spa memang masih terbilang biasa. Kami melewati jalan aspal biasa, kebanyakan lurus, dari kawasan Jimbaran menuju Kintamani. Setengah perjalanan barulah rute sedikit berganti menjadi jalanan menanjak dengan banyak tikungan tajam.

Satu mobil yang berisi empat orang bisa merasakan bagaimana kemampuan mesin 4-silinder 1.5-liter i-VTEC yang dipasang di BR-V. Mesin ini memang sama dengan Jazz, Freed, Mobilio dan HR-V. Marketing and Aftersales Service Director PT Honda Prospect Motor, Jonfis Fandy mengatakan ada sedikit modifikasi untuk BR-V.

“Hal ini untuk menyesuaikan dengan karakter BR-V yang merupakan crossover dengan 7 penumpang. BR-V lebih tinggi dan menggunakan ban yang juga lebih besar dibandingkan Mobilio sehingga perlu sedikit penyesuaian,” kata Jonfis di sela-sela test drive di Bali, 27-29 Januari 2016.

Baca Juga:  Paling Laris, Honda Brio Satya Kini Jadi Andalan Honda

29012016-Car-Honda-BRV_01

Jika dibandingkan dengan Mobilio yang masuk kategori MPV, Honda BR-V memang memiliki bodi lebih panjang dan tinggi. Karenanya, mesin juga harus disesuaikan untuk membawa bobot mobil yang lebih besar. Honda menyebut mesin 1.5 liter memiliki tenaga maksimum 120 PS (88kW) @ 6.600 rpm dan torsi maksimum 145 Nm @4.600 rpm.

Kami masih menggunakan mobil yang sama, yaitu E CVT Prestige. Tipe tertinggi dari 3 tipe BR-V ini menggunakan transmisi CVT 6 percepatan. Tipe lainnya adalah S MT, E MT dan E CVT. Sedangkan transmisi ada pilihan manual 6 percepatan yang merupakan pertama di kelasnya. Tak ada masalah dengan rute pertama ini. Semua tanjakan dan tikungan dilahap dengan mudah.

Baca Juga:  Ikuti Tren, Jeep Cherokee 2019 akan Gunakan Mesin Hybrid 2.0L

Kejutan kami dapat setelah makan siang sembari menikmati pemandangan Gunung Batur dan Danau Kintamani. HPM ternyata mengajak kami turun ke bawah, langsung ke kasawan kaldera gunung.

Jadilah mobil ini menurungi lereng dan kelokan yang cukup curam. Mengendalkan Honda BR-V ternyata tidak butuh banyak “extra effort”. Kemudi cukup ringan dengan turning radius besar sehingga menghadapi tikungan tajam tidak menjadi masalah.

29012016-Car-Honda-BRV_03

Kawasan Kaldera Gunung Batur di Kabupaten Bangli termasuk istimewa. Kawasan ini dilindungi dan masuk dalam jaringan geopark dunia (Global Geopark Network) UNESCO sejak 20 September 2012. Kaldera ini memiliki kaldera lain di dalamnya. Di tengahnya barulah terdapat Gunung Batur ang memiliki ketinggian 1.717 meter di atas permukaan laut.

Jalanan di kawasan ini cukup unik. Selain naik turun, jalanan berbatu dan tanah, di berapa tempat kami harus meliuk-liuk di antara batu-batu besar hasil muntahan letusan Gunung Batur. Ground clearance yang tinggi, sekitar 210 mm, dan juga ban berukuran 16 inci, menjadi salah satu keunggulan yang membantu kami melewati kawasan kaldera.

Baca Juga:  Mercedes-Benz CLS 2019 Alami Perubahan Radikal

Oh ya, satu lagi yang tak kalah penting, kenyamanan kabin sama sekali tak terganggu dengan beragam model jalanan yang kami lewati. Baik penumpang di depan maupun belakang menikmati perjalanan. Jok yang empuk, suspensi, dan Double Blower A/C, menjadikan perjalanan tetap nyaman.

Jonfis Fandy mengatakan pemilihan Bali untuk menguji Honda BR-V memang memiliki alasan khusus. “Kami melihat Bali sangat cocok. Lalu lintas padat, jalan banyak yang sempit, naik turun, dan beberapa tempat cukup ekstrem. Bali punya semua kondisi untuk dilalui sebuah SUV, juga merupakan perpaduan antara modern dan tradisional,” kata Jonfis Fandy.

RAJU FEBRIAN

subscribe Carvaganza's youtube channel to get the latest car reviews

BERBAGI



Honda Mobilio Battle of Efficiency Catat Konsumsi 24,1 Km/Liter

JAKARTA, 11 Desember 2017 -- PT Honda Prospect Motor menggelar tatangan hemat bahan bakar bagi komunitas dan calon konsumen Honda...

Maserati Levante Masuk Indonesia, Harga Rahasia

JAKARTA, 11 November 2017 – PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) meluncurkan Maserati Levante di Hotel Fairmont, Jakarta, hari ini, Senin,...

Innova Community Gelar Pelatihan Detailing bagi Komunitas

JAKARTA, 11 DESEMBER 2017 -- Komunitas atau klub otomotif tidak hanya sekedar kelompok kongkow atau berbagi informasi seputar kendaraan. Kegiatan...

BMW X3 Dapat Tampilan Baru

BANGKOK, 11 Desember 2017 – Tingginya permintaan crossover SUV terus disikapi BMW. Mereka meluncurkan 2018 BMW X3 yang sudah mendapat...

Mitsubishi Motors dan Pemerintah Indonesia Menyepakati Rencana Terkait Kendaraan Listrik

TOKYO, 11 Desember 2017 - Mitsubishi Motors Corporation (MMC) dan Pemerintah Indonesia hari ini mengumumkan penandatanganan nota kesepahaman terkait pengembangan...