Beranda EDITOR'S PICKS Ini 8 SUV Paling Laris di Indonesia Tahun 2016

Ini 8 SUV Paling Laris di Indonesia Tahun 2016

BERBAGI

JAKARTA, 28 Desember 2016 – Tahun 2016 seolah menjadi tahunnya mobil berjenis Sport Utility Vehicle atau yang lebih kita kenal dengan nama SUV. Mobil yang dibekali dengan kemampuan di segala medan baik aspal maupun tanah ini menjadi model yang paling banyak diperbincangkan sepanjang tahun. Nah, SUV apa saja yang paling laris sepanjang tahun 2016?

Beberapa pabrikan memang meluncurkan SUV andalannya untuk menarik konsumen. Mobil ini dibekali dengan <em>ground clearence</em> yang tinggi. Tak hanya itu saja, banyak SUV yang dapat mengangkut 5-7 orang penumpang di dalamnya dan masih cukup untuk mengangkut barang di bagasinya.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), SUV terbagi dalam 2 segmen yaitu Low SUV dan Medium SUV. Sesuai dengan peruntukan dan harga, model-model di segmen LSUV masih paling laris. Honda menjadi pabrikan yang paling banyak menyumbangkan modelnya di segmen ini. Ada 2 model yaitu BR-V, HR-V 1,5L. Keduanya bahkan menjadi yang terbanyak diminati konsumen baik di segmen LSUV dan SUV. Selanjutnya ada dua pemain lawas, Toyota Rush dan Daihatsu Terios.

Di segmen SUV, pada periode Januari hingga November, persaingan ketat terjadi antara Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport. Keduanya diikuti dua model milik Honda, yaitu HR-V 1.8L dan CR-V.

Baca Juga:  Kenapa Harga Toyota Rush Tetap? Ini Jawaban Toyota

Nah ini dia LSUV dan SUV terlaris tahun ini berdasarkan data Gaikindo:

(Foto: Honda Prospect Motor)

1. Honda BR-V

Honda BR-V adalah sebuah SUV mini yang diproduksi oleh Honda sejak tahun 2015. Mobil ini pertama kali diperkenalkan di Gaikindo Indonesia International Auto Show 2015 pada tanggal 20 Agustus 2015. Mobil ini kemudian diluncurkan pada tanggal 23 Januari 2016. Mobil ini saling berbagi platform dari Brio dan Mobilio. BR-V adalah singkatan dari Bold Runabout Vehicle. Data Gaikindo mencatat mobil ini selama Januari-November terjual 35.810 unit.

2. Honda HR-V 1.5L

Honda HR-V adalah SUV crossover yang sudah memasuki generasi kedua sejak tahun 2015. HR-V atau Hi-rider Revolutionary Vehicle diperkenalkan untuk memenuhi permintaan untuk kendaraan dengan manfaat seperti SUV seperti peningkatan ruang kargo dan visibilitas yang lebih tinggi, bersama dengan manuver, kinerja dan konsumsi bahan bakar dari mobil yang lebih kecil. Data Gaikindo mencatat mobil ini selama Januari-November terjual 33.211 unit.

3. Toyota Fortuner

Toyota Fortuner pertama kali diperkenalkan pada tahun 2005 yang hadir dengan pilihan mesin bensin 2.7 liter. Kemudian Toyota menyediakan juga varian dengan mesin diesel 2.5 liter. Kini mesin diesel pada Toyota Fortuner mengalami perubahan yang sangat signifikan. Kini mesin diesel yang digunakan berkapasitas 2.4 liter yang memiliki tenaga 150 hp. Dan sebuah mesin bensin 2.7 liter yang memiliki tenaga 160 hp. Toyota Fortuner terjual sebanyak 27.154 unit.

Baca Juga:  Mau Toyota Rush Baru? Cukup DP Rp 2,5 Juta

4. Toyota Rush

Mobil SUV andalan Toyota, yaitu Toyota Rush, menjadi mobil yang didesain untuk para keluarga yang hobi menjelajah alam baik di perkotaan maupun pedesaan. Toyota Rush yang diperkuat mesin 1.5L jago melewati tanjakan dan berbagai jalan yang tak bisa dilewati mobil perkotaan lainnya. Ada 6 varian yang ditawarkan Toyota Astra Motor mulai dari tipe G M/T seharga Rp 235 juta hingga TRD Sportivo Ultimo A/T yang berkapasitas 7 penumpang seharga Rp 262,950 juta. Model ini terjual 22.832 unit.

(Foto: Arie Prastz/Carvaganza)

5. Mitsubishi Pajero Sport

Mitsubishi Pajero Sport pertama kali diperkenalkan di Indonesia di tahun 2009. Berbeda dengan Mitsubishi Pajero, mobil ini menggunakan basis yang sama dengan Mitsubishi Triton. Pada tahun 2016 All New Pajero Sport terlahir dengan hanya satu buah pilihan mesin diesel 2.4 liter MIVEC VGT yang memiliki tenaga 181 hp. Pada tahun 2016 dari bulan Januari hingga November 2016 Mitsubishi berhasil menjual sebanyak 18.520 unit Mitsubishi All New Pajero Sport.

6. Daihatsu Terios

Daihatsu Terios adalah sebuah mobil SUV produksi Daihatsu yang menggantikan Daihatsu Taruna untuk pasar Indonesia. Pembuatan mobil ini dilakukan oleh Daihatsu berkolaborasi dengan Toyota, sehingga terdapat versi Toyota-nya yaitu Toyota Rush. PT Astra Daihatsu Motor sangat mengandalkan Terios. ADM menawarkan hingga 9 varian mulai X M/T seharga Rp 191,7 juta hinga R A/T Adventure yang dijual Rp 248 juta. Hingga November, Terios terjual sebanyak 13.436 unit..

Baca Juga:  Daihatsu All New Terios Umumkan Harga, Ada yang Tetap Ada yang Turun

7. Honda HR-V 1.8L

Selain menawarkan HR-V bermesin 1.5L, PT Honda Prospect Motor (HPM) juga menawarkan versi 1.8L. Menggunakan mesin 1.8 L SOHC silinder segaris, 16 katup i-VTEC + DBW berkapasitas 1.799 cc. Menghasilkan tenaga 139 ps pada 6500 rpm dan torsi 169 Nm pada 4.300 rpm. PT Honda Prospect Motor menawarkan dua tipe HR-V 1.8L yaitu Honda HR-V 1,.8L Prestige seharga 372,8 juta dan Honda HR-V 1.8L Prestige Mugen Rp 398,8 juta. Sejauh ini sudah terjual 7.641 unit.

8. Honda CR-V

Inilah salah satu SUV paling bertahan di dunia dan Indonesia. SUV buatan pabrikan otomotif Jepang ini sudah ada sejak 1996.. PT Honda Prospect Motor HPM menawarkan dua pilihan mesin Honda CR-V yaitu 2.0 L SOHC, i-VTEC + DBW berkapasitas 1.997 cc dan 2.4 L DOHC, i-VTEC + DBW berkapasitas 2354 cc. Harga jual dimulai dari 402,5 juta hingga Rp 494,5 juta. Sejak Januari hingga November model ini terjual 7.590 unit.

TITO LISTYADI

BERBAGI



Toyota Vios Baru, Dapat 7 Airbag dan VSC

SINGAPURA, 15 Januari 2018 – Toyota memperkenalkan New Toyota Vios di ajang Singapore Motor Show 2018. Banyak perubahan baik dari tampilan...

FEATURE: Standar Keamanan NCAP, Not Good Enough

MENGEMUDIKAN mobil di kota besar seperti Jakarta memang penuh tantangan, terutama saat rush hour. Penyebabnya bukan hanya lalu lintas yang...

Luar Biasa, Pegokart Muda Indonesia Prassetyo Hardja Juara Satu di Sri Lanka

JAKARTA, 15 Januari 2018 – Kejutan luar biasa diraih Pegokart muda Tanah Air, Prassetyo Hardja, yang berhasil keluar sebagai juara satu...

Suzuki Ignis Tipe Baru, Fiturnya Tambah Keren

JAKARTA, 15 Januari 2018 – Penerimaan yang apik terhadap Suzuki Ignis, membuat PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) pede untuk menghadirkan...

Dari Mana Asal Nama Toyota? Ini Sejarahnya

JAKARTA, 15 Januari 2018 -- Merek Toyota saat ini sudah dikenal seluruh dunia. Namun dibalik nama besar tersebut, terdapat sejarah...