Beranda Updates Carl Isenbeck: Porsche di Indonesia Punya Trend Positif
VIAINTERVIEW

Carl Isenbeck: Porsche di Indonesia Punya Trend Positif

BERBAGI
Carl Isenbeck, Marketing Director of Porsche Asia Pacific (Foto: Syaiful Achmad)

JAKARTA, 28 Februari 2017 — Porsche tak mau ketinggalan bersaing di pasar mobil premium di tanah air. PT Eurokars Artha Utama (Eurokars), importir resmi dan distributor untuk Porsche di Indonesia, meluncurkan dua model baru yaitu Porsche 718 Cayman dan Panamera terbaru di Indonesia, Senin, 27 Februari 2017.

Carl Isenbeck, Marketing Director of Porsche Asia Pacific yang ikut hadir dalam peluncuran kedua mobil tersebut mengatakan Porsche memang harus bekerja keras untuk pasar Indonesia. Ia mengakui penjualan mobil di Indonesia memang terbilang cukup sulit untuk beberapa perusahaan mobil. Bahkan hal ini juga menyangkut kepada mobil sport car seperti Porsche. Meski demikian, dengan model-model yang dimiliki Porsche diyakini bisa mendapat tempat tersendiri di tanah air.

Berikut petikan wawancara tim Carvaganza dengan pria ramah asal Jerman yang tinggal di Singapura itu:

Bagaimana tanggapan Anda mengenai penjualan Porsche di Indonesia?

Penjualan di Indonesia memang terbilang susah. Sehingga banyak yang harus saya lakukan untuk meningkatkan penjualan. Secara grafik, penjualan disini terkadang naik bahkan terkadang turun. Sebenarnya, produk kita terbilang memiliki nilai trend positif di Indonesia. Hal ini disebabkan karena mobil yang kita tawarkan adalah mobil berkapasitas mesin di bawah 3.0L sehingga bisa disesuaikan dengan sistem pajak di Indonesia. Artinya, mobil kami masih bisa bersaing dengan produk dari kompetitor lain. Baik dari CKD ataupun CBU.

Bagaimana dengan penjualan Porsche di Asia Pasifik?

Semuanya merupakan produk terbaik kami, sebagai bukti kami menghadirkan produk terbaru seperti Panamera. Desain baru, mesin baru, mesin juga lebih bertenaga, mobil lebih dinamis dan juga lebih nyaman. Selain itu air suspensi juga sudah diperbarui.

Baca juga: Porsche 718 Cayman dan Panamera 4S Resmi Diluncurkan di Indonesia
Baca juga: Porsche Bikin Rekor Penjualan Baru, Jual 237 Ribu Kendaraan

Dalam keterangan pers Porsche diumumkan bahwa tahun 2016 menjadi tahun terbaik bagi Dr. Ing. h.c. F. Porsche AG. Produsen mobil sport yang berbasis di Stuttgart ini mengirimkan sebanyak 237.778 unit kendaraan ke seluruh dunia sepanjang tahun 2016. Angka ini sekitar 6% lebih besar dari penjualan tahun 2015. Porsche Macan dan 718 Boxster terbaru memiliki efek yang positif. Respon yang sangat baik untuk Panamera terbaru memberikan dorongan tambahan.

Penjualan Porsche yang cukup baik berada di Eropa sebanyak 78.975 unit kendaraan, Jerman 29.247 unit, Amerika Serikat 54.280 model. Sedangkan Cina kembali menjadi pasar individual terkuat, dengan total pengiriman 64.246 unit kendaraan – peningkatan sebesar 12%.

Negara manakah yang mencatat penjualan Porsche terbaik di Asia?

Taiwan merupakan negara yang memiliki penjualan terbaik. Kemudian diikuti oleh Singapura, Malaysia, Thailand dan terakhir di Indonesia. Kelima Negara ini dikatakan memikliki penjualan terbaik terutama segmen SUV yang masih menjadi pilihan konsumen. Seperti Cayene, namun karena kemauan customer di setiap negara berbeda-beda, sehingga bagi kami semua produk kami adalah yang terbaik.

Segmen apakah yang paling banyak dipilih?

Segmen SUV memiliki tingkat penjualan yang lebih baik. Porsche memiliki Cayene dan Macan. Keduanya memiliki tingkat penjualan yang cukup bagus di Asia Pasifik.

Khusus untuk Porsche Macan, bagaimana penjualannya di Asia Pasifik?

“Cayene memang lebih dipilih konsumen di seluruh negara, namun Macan juga mengikutinya bagi yang menginginkan kelas medium di bawah Cayene.

VALDO PRAHARA | MIRAH PERTIWI

BERBAGI

Last Update

Emisi Bermasalah, Porsche Diminta Recall 60.000 Cayenne dan Macan Diesel

MUENCHEN, 22 Mei 2018 – Porsche telah diperintahkan untuk merecall sekitar 60.000 unit kendaraannya. Kendaraan yang masuk dalam program ini...
video

VIDEO: Ini Kata Senna Saat Geber McLaren Senna

WOKING, 21 Mei 2018 – McLaren Senna telah menarik perhatian sejak kehadirannya, sebagai hypercar yang tampil dengan desain radikal terfokus...

Ekspor Mitsubishi Xpander Gelombang Pertama Sudah Tiba di Filipina

BATANGAS, 22 Mei 2018 – Ekspor gelombang pertama Mitsubishi Xpander dari Indonesia diberangkatkan pada 25 April 2018 lalu oleh PT Mitsubishi Motors Krama Yudha...

Mercedes-Benz Tetap Jual Heavy-Duty G-Class

MUENCHEN, 22 Mei 2018 -- Bersamaan dengan Mercedes-Benz G-Class baru, yang diluncurkan pada di North American International Auto Show (NAIAS)...

AIA Financial Beri Asuransi Kecelakaan Gratis untuk 100.000 Pemudik

JAKARTA, 22 Mei 2018 – Menyambut Hari Raya Idul Fitri, PT AIA Financial (AIA), salah satu perusahaan asuransi jiwa terkemuka di...