Beranda EDITOR'S PICKS Kelebihan-Kelebihan Toyota Fortuner TRD Sportivo

Kelebihan-Kelebihan Toyota Fortuner TRD Sportivo

BERBAGI

SEBAGAI kendaraan SUV modern, Toyota Fortuner dilengkapi dengan sejumlah kelebihan yang menjadikannya mobil yang bisa diandalkan di ragam medan jalan. Mengusung ruh mobil SUV, Toyota Fortuner TRD Sportivo memiliki ground clearance yang tinggi, jok pengemudi yang commanding, berpenggerak roda belakang, serta memiliki penampilan yang tangguh dan kokoh.

Sebagai tipe terbaru, Toyota Fortuner TRD Sportivo mewarisi karakteristik yang telah diwariskan secara turun-temurun sehingga tetap mendapat kepercayaan dari konsumen untuk menjadikan kendaraan ini sebagai kendaraan andalan untuk semua kebutuhan di permukaan jalan on-road maupun off-road.

Lantas apa yang menjadikan Toyota Fortuner TRD Sportivo ini mendapat kepercayaan dari konsumen untuk menemani mereka dalam kehidupan sehari-hari?  Ini beberapa keunggulannya:

Eksterior

Tampilannya terkesan kokoh dan tangguh berkat desain yang stylish, modern dan garis-garis tegas di sekujur bodi. Desain velg alloy 18 inci dan bentuk grille serta headlamp LED Bi-Beam memperkuat kesan macho. Kaca spion dapat dilipat secara otomatis dengan menekan tombol dari dalam. Desain bumper belakang TRD juga baru disertai dengan lampu belakang yang menarik.

Powertrain & Drivetrain

Toyota Fortuner TRD Sportivo mengadopsi mesin diesel baru dengan kode GD, untuk menggantikan mesin diesel lama berkode KD. Berkapasitas 2.4 liter 4 silinder segaris 4 katup DOHC VNT intercooler, mesin ini memberikan dorongan tenaga 149,6 PS pada 3400 rpm dan torsi  maksimal 40,8 kgm pada 1600 -2000 rpm. Artinya turbonya sudah bisa dirasakan pada putaran 1600 rpm sehingga Anda sudah mendapatkan limpahan tenaga yang besar di putaran rendah dan hal ini berguna di jalan-jalan menanjak atau pun ketika mobil membawa beban yang berat.

Baca Juga:  Lexus RX L, Akhirnya Punya Pilihan 7 Kursi

Mesin diesel yang baru ini lebih canggih, bertenaga, lebih efisien dan lebih senyap sehingga menambah kenyamanan penggunanya. Dikombinasikan dengan transmisi otomatis 6-kecepatan dengan Sport Sequential Switchmatic dan paddle-shift yang bekerja secara secara halus dan presisi. Terdapat tiga mode pengendaraan yakni Eco, Normal, dan Power.

 

Ground Clearance

Jarak yang tinggi antara permukaan jalan dengan bagian kolong mobil memudahkan Toyota Fortuner TRD Sportivo melewati permukaan jalan yang tidak rata maupun jalanan rusak serta berbatu. Dengan laju yang akurat, kolong mobil akan terhindar dari benturan-benturan benda keras akibat permukaan jalan bumpy dan berlubang.

SUV ini juga memiliki sudut datang (approach angle) dan sudut berangkat (departure angle) yang baik sehingga mempermudah mobil ketika melewati tanjakan maupun turunan curam.

Baca Juga:  Innova Community Gelar Pelatihan Detailing bagi Komunitas

Kaki-Kaki

Ground clearance yang tinggi juga harus didukung oleh sektor kaki-kaki yang baik. Artinya di satu sisi mobil harus memberikan kenyamanan kepada penumpang, namun di sisi lain juga menonjolkan kehandalan Toyota Fortuner TRD Sportivo sebagai mobil SUV. Suspensi depan menggunakan Double Wishbone dengan coil spring dan stabilizer sedangkan belakang 4-Link dengan Lateral Rod.

Suspensi dan velg 18 inci memberikan jarak main yang baik ketika Toyota Fortuner TRD Sportivo melibas jalanan yang tidak rata atau pun medan off-road ringan sehingga pengguna tidak perlu lagi merasa khawatir.

Kenyamanan

Kabin lapang dan mewah dengan sentuhan two-tone.Headroom dan legroom di baris depan, tengah dan belakang lega dengan bagasi yang luas. Pintu bagasi yang mengadopsi Power Back Door with memory function mempermudah akses akomodasi barang-barang. Posisi jok commanding dapat diatur secara elektronik dan setir sudah tilt steering dan telescopic serta dilapisi oleh kulit berkualitas. Begitu juga dengan lapisan kulit pada dashboard, konsol tengah, tuas persneling termasuk juga jok.

Baca Juga:  All-New Mazda CX-5, Broad Appeal

Sentuhan krom pada setir, konsol tengah, dashboard dan trim pintu membuat tampilan interior semakin elegan dan berkelas.

Untuk menyalakan mobil, tinggal tekan tombol saja di bagian belakang setir, jok pengemudi bisa diatur secara elektronik, sedangkan bagian penumpang secara manual. Dilengkapi layar sentuh 8 inci padadashboard yang berisi informasi sistem infotainment dan sistem navigasiSistem infotainment itu dapat diatur melalui tombol di setir,voice recognition dan hand gesture serta terkoneksi dengan Bluetooth.

Untuk menunjang kenyamanan penumpang juga tersedia rear infotainment berupa layar 8 inci di langit-langit baris kedua sehingga anak-anak pun bisa menonton video kesayangan sepanjang perjalanan. Tersedia juga power outlet untuk men-charge baterei HP sehingga Anda tetap berhubungan dengan dunia luar.

Safety

Dilengkapi dengan seatbelt di setiap jok dan ISOFIX di jok baris kedua. Dua kantung udara untuk pengemudi dan penumpang depan plus kantung udara lutut untuk pengemudi. Sistem pengereman depan dan belakang sudah menggunakan disc brake plus ABS dan EBD.

EKA ZULKARNAIN

subscribe Carvaganza's youtube channel to get the latest car reviews

BERBAGI



Toyota Vios 2018 Masuk Singapura, Beda dengan versi Indonesia

SINGAPURA, 15 Desember 2017 – Toyota Vios 2018 mulai dijual di beberapa negara Asean. Yang terkini, sedan B Segmen itu...

Kia Picanto 2018 Hadir di Malaysia, Indonesia Menyusul?

KUALA LUMPUR, 15 Desember 2017 – Tak lama setelah perkenalan new Kia Picanto, city car andalan Kia Motors itu sudah...

10 Mobil BMW Hadir di Indonesia Pada 2018

JAKARTA, 15 Desember 2017 – Rencana besar tengah disiapkan BMW Indonesia. Pemegang merek BMW di Tanah Air itu akan memboyong...

Ganti Oli dan Servis Ringan Portable dari Pertamina Lubricants

JAKARTA, 14 Desember 2017 – Dalam rangka ulang tahun PT Pertamina ke-60, PT Pertamina Lubricants meluncurkan Pertamina Lubecare Mobile Service....

PLN Siap Dukung Kendaraan Listrik BMW

JAKARTA, 14 Desember 2017 -- BMW Indonesia bekerjasama dengan PLN Disjaya dalam pengembangan kendaraan masa depan yang menggunakan teknologi listrik...