BERBAGI
Nico Rosberg (Mercedes), Lewis Hamilton (Mercedes), Sebastian Vettel (Ferrari) (Foto: formula1.com)

SUZUKA, 27 September 2015 – Pembalap Mercedes, Lewis Hamilton memenangkan Grand Prix Jepang, Minggu (27/9), tanpa perlawanan berarti. Kemenangan ini membuat ia menyamai rekor mendiang Ayrton Senna menjadi 41 kemenangan di ajang Formula 1 sekaligus unggul 48 poin dari rekannya di Mercedes Nico Rosberg dengan menyisakan lima balapan.

Balapan yang berlangsung cerah di Suzuka, Hamilton mengawali start dari posisi kedua. Juara dunia dua kali itu merebut pimpinan lomba dari Rosberg di tikungan awal dan tertahankan hingga garis akhir

Ini menjadi kemenangan ke-8 Hamilton sepanjang musim ini. Ia mencatat waktu 1:28:06.508 untuk melintasi garis finish pertama. Rosberg menyusul di posisi kedua untuk mengantar dominasi Mercedes. Pembalap Jerman itu terpaut cukup jauh, 18.964 detik, di belakang Hamilton.

Baca Juga:  Alfa Romeo Come Back ke Formula 1 Bersama Sauber

“Datang ke sini untuk balapan, di mana saya dulu suka menonton Ayrton balapan, kemudian menyamakan jumlah kemenangannya… saya tidak bisa menggambarkannya dengan kata-kata,” kata Hamilton.

27092015-F1-SuzukaGP-03

“Saya sangat senang,” kata Hamilton. “Tim melakukan pekerjaan yang fantastis akhir pekan ini, sangat bagus kembali ke sini dengan kemenangan satu-dua.

Rosberg yang terpaksa melebar di tikungan untuk menghindari tabraka dengan Hamilton. “Lewis mendapat awal yang lebih baik,” kata pembalap Jerman tersebut. “Dia memiliki bagian dalam tapi semuanya cukup baik karena saya berada di posisi kedua.”

Menyusul di belakang Rosberg, andalan Ferrari Sebastian Vettel. Pemenang GP Singapura pekan lalu itu berada di urutan ketiga sekaligus mengulang hasilnya tahun lalu.

Baca Juga:  Alfa Romeo Come Back ke Formula 1 Bersama Sauber

Hamilton kini memiliki 277 poin dan Rosberg 229. Adapun Vettel di posisi ketiga dengan 218 poin. Sedangkan di klasemen konstruktor, Mercedes yang telah memenangkan 11 dari 14 balapan, tinggal selangkah lagi untuk mempertahankan gelar jura. Mereka mengumpulkan 506 poin dan Ferrari 337 poin.

Klik di sini untuk hasil lengkap F1 GP Suzuka.

RAJU FEBRIAN

subscribe Carvaganza's youtube channel to get the latest car reviews

BERBAGI