Beranda Updates Ini Perbandingan Mitsubishi Small MPV dengan Pesaingnya

Ini Perbandingan Mitsubishi Small MPV dengan Pesaingnya

BERBAGI

JAKARTA, 25 Juli 2017 – Pasar Low atau Small Multi Purpose Vehicle tanah air kian panas dengan kedatangan pemain-pemain baru. Pabrikan mobil asal Jepang, Mitsubishi memperkenalkan wujud asli Low MPV mereka yang setahun lalu versi konsepnya mewarnai GIIAS 2016 melalui Mitsubishi XM Concept. Tepat, Senin (24/7) kemarin Mitsubishi memperkenalkan tampilan utuh Small MPV mereka.

Memang LMPV tersebut baru akan secara resmi diluncurkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017. Namun kehadirannya menyedot perhatian konsumen di pasar paling gemuk di tanah air ini.

Dari sektor mesin, Mobil tersebut akan bersaing dengan pemain LMPV lain yang sudah ada sebelumnya yaitu Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Suzuki Ertiga, Nissan Grand Livina, Honda Mobilio hingga pemain baru Wuling Confero S yang juga siap hadir. Nah apa perbedaannya?

Baca Juga:  Honda Mobilio Battle of Efficiency Catat Konsumsi 24,1 Km/Liter

Pertama kita lihat dari sisi mesin. Kecuali Suzuki Ertiga yang menggunakan mesin 4 silinder in-line 16 katup berkapasitas 1.373 cc, LMPV Mitsubishi, Avanza, Xenia, Livina, dan Mobilio, menggunakan mesin 1.5L. Ada juga Avanza dan Xenia yang menggunakan mesin 1.3L tapi kita tidak akan membahasnya. Perbedaannya terdapat pada penggerak.

LMPV Mistubishi memang belum melansir secara detail spesifikasi mesin mereka. Disebutkan mesin menggunakan 1.5L 16 katup dengan Innovative Valve Timing Electronic Control (MIVEC). Mesin tersebut dipadukan dengan dua pilihan transmisi yaitu manual 5-kecepatan dan otomatis 4-kecepatan untuk menggerakkan roda depannya.

Sedangkan di kelasnya terdapat Toyota Veloz dengan mesin berkapasitas 1.3 liter yang bertenaga 96,5ps dan torsi 12,3 kgm. Mesin tersebut dipadukan dengan pilihan transmisi otomatis dan manual 5-kecepatan untuk menggerakkan roda belakang. Suzuki Ertiga 1.4 liter yang memiliki tenaga 95 ps dengan torsi 130 Nm. Mesin ini dipadukan dengan transmisi otomatis dan manual 5-kecepatan untuk menggerakkan roda depan.

Baca Juga:  Honda Gelar Tantangan Hemat BBM Komunitas Mobilio

Nissan Grand Livina dibekali dengan mesin 1.5 liter bertenaga 109 ps dengan torsi 80 kw. Mesin ini dipadukan dengan transmisi CVT dan juga manual 5-kecepatan untuk menggerakkan roda depan. Untuk Honda Mobilio dibekali dengan mesin 1.5 liter i-VTEC bertenaga 118 ps dengan torsi 14,8 kgm. Mesin tersebut dipadukan dengan transmisi manual 5-kecepatan dan CVT untuk menggerakkan roda depan.

Bicara soal desain, ketujuh mobil tersebut memiliki garis tubuh yang berbeda beda untuk LMPV Mitsubishi memiliki garis tubuh yang tegas. Garis yang tegas tersebut juga dapat anda jumpai di Wuling Confero S dan Honda Mobilo. Nah untuk empat mobil lainnya memiliki garis desain yang cenderung dinamis.

Baca Juga:  Paling Laris, Honda Brio Satya Kini Jadi Andalan Honda

Nah untuk dimensinya, tak banyak jauh berbeda. Untuk panjang dari LMPV Mitsubishi 4.475 mm, lebar 1.750 mm dan tinggi 1.700 mm. Untuk Toyota Avanza 4.190 mm, lebar 1.660 dan tinggi 1.690 mm. Sementara Honda Mobilio memiliki panjang 4.390 mm, lebar 1.683 mm dan tinggi 1.603 mm. Untuk Suzuki Ertiga memiliki dimensi panjang 4.265 mm, lebar 1.695 mm dan tinggi 1.685 mm. Untuk nissan Grand Livina memiliki panjang 4.485 mm, lebar  1.690 mm.

Ketujuh mobil yang berada di segmen LMPV tersebut memiliki kapasitas 7 orang penumpang dengan konfirgurasi 2-3-2. Tentunya di bagian belakang memiliki kapasitas bagasi yang berbeda beda.

TITO LISTYADI

subscribe Carvaganza's youtube channel to get the latest car reviews

BERBAGI



Toyota Vios 2018 Masuk Singapura, Beda dengan versi Indonesia

SINGAPURA, 15 Desember 2017 – Toyota Vios 2018 mulai dijual di beberapa negara Asean. Yang terkini, sedan B Segmen itu...

Kia Picanto 2018 Hadir di Malaysia, Indonesia Menyusul?

KUALA LUMPUR, 15 Desember 2017 – Tak lama setelah perkenalan new Kia Picanto, city car andalan Kia Motors itu sudah...

10 Mobil BMW Hadir di Indonesia Pada 2018

JAKARTA, 15 Desember 2017 – Rencana besar tengah disiapkan BMW Indonesia. Pemegang merek BMW di Tanah Air itu akan memboyong...

Ganti Oli dan Servis Ringan Portable dari Pertamina Lubricants

JAKARTA, 14 Desember 2017 – Dalam rangka ulang tahun PT Pertamina ke-60, PT Pertamina Lubricants meluncurkan Pertamina Lubecare Mobile Service....

PLN Siap Dukung Kendaraan Listrik BMW

JAKARTA, 14 Desember 2017 -- BMW Indonesia bekerjasama dengan PLN Disjaya dalam pengembangan kendaraan masa depan yang menggunakan teknologi listrik...