Beranda Drives Test Drive: All New BMW X1 2016

Test Drive: All New BMW X1 2016

All New BMW X1 2016 merepresentasikan aura kemewahan tanpa terlihat old-school.

BERBAGI

JAKARTA, 26 Agustus 2016 — Meski tak banyak dibahas, all new BMW X1 2016 ternyata meraup sukses di pasaran baik global maupun Indonesia. Sejak dipasarkan pada 2011 hingga saat ini, penjualan X1 di pasar global mencapai lebih dari 730.000 unit. Dan dalam kurun waktu yang sama untuk pasar Indonesia, penjualannya telah menembus lebih dari 1.300 unit. Dengan pencapaian tersebut, BMW optimis menghadirkan SUV mungil ini dengan rakitan lokal. Kami berkesempatan memboyong dan mengujinya beberapa kali.

Subscribe Now!

All new BMW X1 ini memiliki dua tipe, sDrive18i dan sDrive18i xLine. Yang terakhir disebutkan adalah tipe tertinggi dengan tampilan yang lebih menarik. Eksteriornya dibalut desain crossover kompak khas BMW, garis-garis tegas dengan ornamen abu-abu pada bagian bumper depan, side skirt, dan bumper belakang. Velg 21-inci pun menghiasi keempat rodanya, selain itu pada tipe xLine ini Anda juga akan menemukan panoramic roof yang membentang hingga ke baris kedua.

Jujur saja sebenarnya saya lebih kagum dengan performa mesinnya. Padahal jantung pacunya serupa dengan Active Tourer dan MINI, 3-silinder 1.5 liter TwinPower Turbo dengan transmisi steptronic 8-kecepatan. Di atas kertas, Anda bahkan tidak akan melihat perbedaan berarti dengan data tenaga dan torsi mesin pada tiga kendaraan berbeda tersebut.

Baca Juga:  Lamborghini Huracan Performante, Nurburgring Killer

Namun BMW Indonesia mengklaim ada setingan yang berbeda pada ECU agar sesuai untuk sebuah SUV kompak. Saya mencoba kickdown di jalan tol yang lengang, putaran mesin tiba-tiba berontak. Jarum rpm yang tadinya bergerak kalem melejit di atas 4.000rpm. Komputer begitu responsif membaca komando kaki kanan saya. Sontak torsinya yang mencapai 220 Nm menyandarkan semua penumpang kabin ke sandaran jok.

26082016-Car-BMW-X1_02

Belum puas dengan perilaku all new BMW X1 di jalan lurus, saya mencoba mengajaknya bermanuver cantik. Tentu saja dengan speed romantis, rata-rata 80 km/jam. Ini serupa dengan adegan ballroom dance pada film The Mask of Zorro. Sang superhero seperti menghipnotis Ellena dengan tatapannya sambil memandunya meliuk di tengah ballroom. Saya memandu X1 melintasi berbagai tikungan.

Ah rasanya momen ini tidak mau saya sudahi, namun ada kecanggungan yang terjadi. Kemudinya tak lagi terasa stiff di momen ini, malahan saya merasakan ada ruang kosong saat memutarnya. Namun hal tersebut tidak terjadi pada kerja transmisinya yang selalu aktif membaca putaran mesin. O ya, mode pengendaraannya pun serupa dengan adiknya, BMW Active Tourer yaitu Eco, Comfort, dan Sport. Lagi-lagi, kami lebih sering mengujinya pada mode Sport. Dan pencapaian terbaik kami dengan mode Eco di dalam kota hanya 18 km/liter seperti yang tertera pada MID.

Baca Juga:  Infiniti QX80 Baru Lakoni Debut di Dubai Motor Show

26082016-Car-BMW-X1_05

Namun, memang agak sulit untuk mencapai konsumsi BBM yang sangat irit di atas 18 km/liter di kota besar seperti Jakarta. Salah satu alasannya adalah volume kendaraan yang terus bertambah dan jalanan yang macet. Jangankan untuk berkendara secara Eco, memaksimalkan performanya saja paling mungkin pagi-pagi sekali saat akhir pekan. Tapi kemungkinan besar ia akan lebih sering berada di depan parkiran tempat hiburan malam yang sedang hits dan ruang valet mal-mal ternama di kota besar.

Dengan banderol yang mencapai Rp 600 juta lebih, Ia memang berada di market yang sama dengan BMW 3-series dan MINI Cooper 3-doors serta menyasar konsumen yang muda dan mapan.

Baca Juga:  Rolls-Royce Sweptail, World Record

26082016-Car-BMW-X1_03

Ruang interiornya juga tidak dibuat kaku dan modern. Semuanya terlihat clean dengan ornamen-ornamen yang lebih kekinian. Tidak ada aksen kayu. Nuansa yang sangat anak muda juga menghiasi bagian dashboard dan head-up display berukuran 6,5 inci yang dilengkapi puluhan fitur-fitur khas BMW. Memang tidak touch-screen tapi Anda dapat mengoperasikannya iDrive Controller di konsol tengah, atau lewat tombol-tombol di kemudi yang dibalut kulit berkelir gelap dan nyaman digenggam.

Semuanya dibuat ergonomis hingga pada ruang-ruang penyimpanan yang lagi-lagi mirip dengan Active Tourer. Seperti obrolan saya dan fotografer Carvaganza, Adun yang mencocokannya dengan dirinya. “Ini mobil pas banget sama gua, keluarga muda punya anak satu dan doyan nongkrong,” sahutnya.

26082016-Car-BMW-X1_04

Spesifikasi All New BMW X1 2016

Layout Kendaraan: SUV, Mesin depan, 4-pintu, 5-penumpang, FWD
Mesin: 3-silinder 1.5 liter TwinPower Turbo / 136 hp @ 4400 rpm / 22 Nm @ 1250 rpm
Transmisi: A/T Steptronic 8-kecepatan
0-100 km/jam: 9,7 detik
Bobot Kosong: 1660 kg
Wheelbase: 2670 mm
P x L x T: 4439 x 1612 x 1821 mm
Kapasitas Tangki: 60 liter
Rekomendasi BBM: RON95

ALVANDO NOYA

BERBAGI



Edisi Terakhir Mercedes-AMG G 65, Hanya 65 Unit

MUENCHEN, 21 Oktober 2017 -- Mercedes-AMG G 65 dikenal tak hanya karena tampilannya, tapi juga karena apa yang ada di...

10 Unit Honda Civic Type R Sudah Diserahkan ke Konsumen

JAKARTA, 21 Oktober 2017 -- PT Honda Prospect Motor (HPM) memperkenalkan hatchback terkencangnya yaitu Honda Civic Type R. Meski di banderol Rp 995.000.000...

Land Rover Sedan? Begini Kira-Kira Tampilannya

RIO DE JAINERO, 21 Oktober 2017 – Di segmen luxury sedan memang ada nama Mercedes S-Class, BMW 7-Series, Audi A8,...

Kia Stinger 2018, Different Animal

ALKISAH Kia Stinger, produk baru dari Kia Motors. Setelah berhasil mencuri perhatian saat versi konsep muncul pertama kali pada Frankfurt...

Ini Cara Menghilangkan Hewan Pengerat di Mobil Anda

JAKARTA, 21 Oktober 2017 - Banyak orang yang merasa heran dengan mobil yang tiba tiba rusak meski di parkir di dalam garasi yang tertutup...