Beranda Updates Terjebak di Tengah Aksi Unjuk Rasa? Ini Tips Melintasinya

Terjebak di Tengah Aksi Unjuk Rasa? Ini Tips Melintasinya

BERBAGI

JAKARTA, 26 Januari 2017 — Kegiatan unjuk rasa sering terjadi di tiap kota, terutama belakangan di ibu kota Jakarta. Sebenarnya informasi saat sekelompok masa akan melakukan unjuk rasa biasanya sudah dikabarkan melalui berbagai media. Namun, terkadang Anda harus melalui area tersebut guna mencapai tempat tujuan Anda. Hal ini sering menjadi konflik bagi para pendemo.

“Sebenarnya kan sudah tahu ada kegiatan unjuk rasa, sebaiknya dihindari jalur tersebut. Jika memang harus melaluinya, gunakanlah kendaraan umum,” ujar Mira Keumala, Marketing Director & Instruktur Jakarta Defensive Driving Consultant (JDDC).

Terjebak di kondisi seperti itu tentunya serba salah. Bagaimana menghadapinya?

1. Kurangi Kecepatan dan Menepi

Anda berhubungan langsung dengan massa. Jika Anda tidak di dalam kelompok mereka, akan dianggap sebagai intruder. Sehingga sikap anarkis akan merusak mobil Anda. Lebih baik Anda kurangi kecepatan dan menepi untuk menjaga jarak dengan kerumunan massa pendemo.

2. Cari Jalur Alternatif

Setelah jauh dari rombongan pendemo, lebih baik Anda memutar arah untuk mencari jalur alternatif. Hal ini guna menghindari kemacetan dan emosi para pendemo.

3. Jangan Membuka Kaca Mobil

Bicara pendemo, jika ini juga terjadi pada kaum Hawa lebih baik untuk tidak memperlihatkan identitasnya di mobil Anda. Oleh karena itu disarankan untuk pengendara wanita menggunakan kaca film gelap. Dan jangan sembarangan membuka kaca mobil. “Pengendara wanita lebih baik menggunakan kaca film gelap. Hal ini untuk menghindari risiko yang tidak diinginkan,” kata Mira.

Jika sudah berada di tengah kerumunan massa, lebih baik memberi lampu ‘sign’ untuk menepi ke tempat aman. Jika tidak memungkinkan, maka dengan berat hati lebih baik tinggalkan kendaraan Anda. Karena keselamatan Anda adalah nomer satu.

VALDO PRAHARA

BERBAGI

Last Update

Porsche 718 Cayman GTS Resmi Goda “Speed Freak” di Indonesia

JAKARTA, 25 Mei 2018 – Porsche Indonesia akhirnya resmi meluncurkan Porsche 718 Cayman GTS ke pasar Indonesia, hari Kamis (24/5/2018)...

Bottas Pakai Helm Mika Hakkinen di F1 GP Monako 2018

MONTE CARLO, 25 Mei 2018 – Pada seri Formula 1 GP Monako 2018, akhir pekan ini, pembalap Mercedes Valtteri Bottas...

Honda Siapkan Peta Interaktif Bengkel Siaga Selama Lebaran

JAKARTA, 25 Mei 2018 – Berbagai peningkatan terus dilakukan PT Honda Prospect Motor (HPM) dalam melayani konsumennya termasuk program Honda...

New Ertiga Jadi Andalan Suzuki di Jakarta Fair Kemayoran 2018

JAKARTA, 25 Mei 2018 -- PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) selaku agen pemegang merek (APM) Suzuki di Indonesia ikut meramaikan...

Bocor! Porsche Macan Facelift Meluncur Akhir 2018

STUTTGART, 24 Mei 2018 – Sebuah informasi terbongkar soal model baru Porsche Macan, yang direncanakan tahun ini akan meluncur. Melalui...