BERBAGI
(Foto: Volkswagen)

HANNOVER, 25 September 2015 — CEO Volkswagen Group, Martin Winterkorn, secara resmi mengumumkan pengunduran dirinya dari jabatannya, karena skandal yang melibatkan VW dan model diesel Audi di Amerika Serikat. Winterkorn merasa bertanggung jawab atas kecurangan “perangkat” yang membantu mereka menipu tes polusi udara untuk masuk ke AS.

“Saya terkejut dengan peristiwa beberapa hari terakhir,” katanya dalam sebuah pernyataan. “Saya terkejut bahwa kesalahan pada skala seperti itu mungkin di Volkswagen Group. Sebagai CEO Saya menerima tanggung jawab atas penyimpangan yang ditemukan dan meminta dewan pengawas untuk mengakhiri tugas saya sebagai CEO Volkswagen Group.”

Pengunduran diri Winterkorn ini hanya beberapa pekan setelah ia mengumumkan akan bertahan setidaknya sampai 2018.

Baca Juga:  Lexus Indonesia Genap 10 Tahun, Ini Rahasianya

Badan Perlindungan Lingkungan Amerika Serikat (EPA) dilaporkan mulai melobi penarikan sekitar 482.000 VW dan Audi di negara itu. Sebelumnya ditemukan jika VW menggunakan perangkat lunak yang memungkinkan mereka untuk lulus tes emisi, meski dalam kenyataannya nitrogen oksida diesel mereka “40 kali” lebih tinggi dari yang diizinkan.

VW terancam denda hingga US$ 18 miliar serta penyelidikan kriminal Departemen Kehakiman AS. Awal pekan ini, harga saham VW terjun 23% dan menyebabkan kerugian sedikitnya € 15,6 miliar.

Berikut video pidato Winterkorn berdurasi 2:33 yang diunggah akun Youtube, Volkswagen Group:

RAJU FEBRIAN

subscribe Carvaganza's youtube channel to get the latest car reviews

BERBAGI