Beranda Drives All New Chevrolet Captiva, The Starboy

All New Chevrolet Captiva, The Starboy

All New Chevrolet Captiva bisa menjadi satu kunci sakti bagi Cheverolet Indonesia dalam kompetisi di segmen SUV.

BERBAGI
Foto: Syaiful Achmad

ALL NEW CHEVROLET CAPTIVA akhirnya diluncurkan kembali di pasar Indonesia pada GIIAS 2016 lalu. Chevrolet Captiva bukanlah barang baru bagi pasar SUV Indonesia, bahkan beberapa sumber menyebutnya sebagai kendaraan yang fun to drive, “bandel”, dan lain sebagainya. Intinya kendaraan ini memberi kesan baik pada penggunanya. Seketika kesempatan untuk menguji All New Chevrolet Captiva ini datang dan kami membuktikannya langsung apa yang membuatnya begitu baik di mata konsumen.

Di dalam kabinnya rasanya begitu senyap seketika menyalakan mesin diesel 4-silinder 2.0-liter. Material yang digunakan mampu meredam suara mesin yang dikenal berisik ini, bisa jadi teknologi Variable Geometri Turbo & Intercooler ini juga adalah salah satu faktornya. Di sisi pengendaraan, mesin yang dikawinkan dengan transmisi otomatis 6-kecepatan ini terasa begitu responsive apalagi untuk mencapai kecepatan tinggi di atas 100 km/jam. Tenaga 160 hp dan torsi maksimal yang mencapai 400 Nm ini tersalur begitu cepat dan rasanya cukup untuk memacu adrenalin saya.

Tidak hanya itu, All New Chevrolet Captiva juga begitu komunikatif sesaat diajak untuk bermanuver di jalan padat. Kemudinya terasa begitu lentur membaca pergerakan tangan ditambah lagi dengan gerak suspensinya yang stiff dan stabil saat berakselerasi di tikungan tajam. O ya ada peran fitur electronic stability program yang juga ada andil besar dalam menjaga kestabilan kendaraan saat dipacu.

Baca Juga:  Menguji Kemampuan Mobil Listrik Mercedes-Benz C 350 di Malaysia

Kami pun sengaja mengarahkan All New Chevrolet Captiva ke habitatnya dengan kontur jalan yang sedikit menantang. Seperti tanjakan terjal, jalan bergelombang, hingga ke turunan yang cukup curam. Kerja mesin dibantu dengan beberapa fitur tambahan seperti hill descent control dan hill start assist. Tidak ada komplain saat melewati medan menantang ini, di samping torsi yang besar fitur hill descent control juga membantu kontrol kendaraan saat meluncur di turunan tajam. Dan untuk melewati tanjakan terjal Anda cukup mengurut gasnya hingga mendapatkan torsi maksimal dan biarkan Chevrolet Captiva ini menanjak mulus.

Selama dalam perjalanan kami pun memaksimalkan fitur hiburan yang tersedia dan kini telah dibekali dengan fitur MyLink. Kualitas audionya begitu bagus berkat 8 buah speaker yang tersebar diseluruh kabinnya meski hanya dengan equalizer mode Rock. Dentuman bass dari Daft Punk featuring The Weeknd dengan lagu Starboy langsung menyeruak menggetarkan kabinnya namun tetap nyaman didengar di telinga.

Baca Juga:  Menguji Kemampuan Mobil Listrik Mercedes-Benz C 350 di Malaysia

Interiornya dibungkus cukup mewah dengan aura hitam di beberapa bagian. Sangat mudah untuk menyesuaikan posisi duduk melalui pengaturan elektrik. Tak luput juga ruang yang nyaman dan ergonomis di semua sisi interior. Setirnya dilengkapi dengan pengaturan fitur-fitur seperti cruise control dan audio switch control.  Beberapa material seperti kulit dan aksen krom di hampir semua bagian seperti dashboard, door trim hingga tampilan kayu di tengah dashboard.

Di lokasi pemotretan saya dan fotografer berbicara tentang desain eksteriornya yang jauh lebih segar dibandingkan dengan generasi sebelumnya. All New Captiva kini telah dilengkapi dengan desain grille baru dengan posisi logo bowtie di bagian atas. Fascia depannya makin terlihat kekinian berkat penggunaan Daytime Running Light di bawah headlamp Projector. Desain velg berukuran 19-inci juga tampak lebih menonjol yang juga dikelir two-tone.

Tampang SUV Captiva ini juga dipertegas dengan penggunaan foot steep karena dimensinya yang cukup tinggi hingga 1,7 meter, fitur tersebut bisa membantu penumpang untuk memasuki kabin. Sisanya ornament seperti krom di beberapa bagian jendela dan rail roof masih dipertahankan pada desain eksterior All New Chevrolet Captiva 2016.

Baca Juga:  Menguji Kemampuan Mobil Listrik Mercedes-Benz C 350 di Malaysia

Chevrolet Indonesia masih melihat pasar SUV dan crossover di Indonesia masih bertumbuh di tahun 2017. Makanya belakangan ini brand Amerika tersebut kembali meluncurkan beberapa SUV termasuk All New Chevrolet Captiva. Sejujurnya saya puas dengan paket yang ditawarkan oleh All New Chevrolet Captiva dan akhirnya saya setuju dengan statement beberapa orang yang memiliki kesan baik terhadap SUV 7 penumpang ini.

Spesifikasi All New Chevrolet Captiva

Layout : SUV, 5-Pintu, 7-Penumpang, Mesin Depan, FWD
Mesin : 2.0 L Diesel Variable Geometry Turbo I-4, 160 hp @ 3800 rpm/ 400 Nm @ 2000 rpm
Transmisi : A/T 6-Kecepatan
Wheelbase : 2.707 mm
P x L x T : 4673 x 1849 x 1756 mm
Ground Clearence : 198 mm
Bobot Kotor : 1.986 kg
Kapasitas Tangki BBM : 65 liter
Rekomendasi BBM : Pertamina Dex

TITO LISTYADI

BERBAGI

Last Update

Porsche 718 Cayman GTS Resmi Goda “Speed Freak” di Indonesia

JAKARTA, 25 Mei 2018 – Porsche Indonesia akhirnya resmi meluncurkan Porsche 718 Cayman GTS ke pasar Indonesia, hari Kamis (24/5/2018)...

Bottas Pakai Helm Mika Hakkinen di F1 GP Monako 2018

MONTE CARLO, 25 Mei 2018 – Pada seri Formula 1 GP Monako 2018, akhir pekan ini, pembalap Mercedes Valtteri Bottas...

Honda Siapkan Peta Interaktif Bengkel Siaga Selama Lebaran

JAKARTA, 25 Mei 2018 – Berbagai peningkatan terus dilakukan PT Honda Prospect Motor (HPM) dalam melayani konsumennya termasuk program Honda...

New Ertiga Jadi Andalan Suzuki di Jakarta Fair Kemayoran 2018

JAKARTA, 25 Mei 2018 -- PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) selaku agen pemegang merek (APM) Suzuki di Indonesia ikut meramaikan...

Bocor! Porsche Macan Facelift Meluncur Akhir 2018

STUTTGART, 24 Mei 2018 – Sebuah informasi terbongkar soal model baru Porsche Macan, yang direncanakan tahun ini akan meluncur. Melalui...