Beranda Updates Presiden Jokowi Sebut Pabrik Baru Mitsubishi Contoh Investasi yang Baik

Presiden Jokowi Sebut Pabrik Baru Mitsubishi Contoh Investasi yang Baik

BERBAGI

CIKARANG, 25 April 2017 – Presiden Joko Widodo mengatakan pembukaan pabrik baru Mitsubishi Motors di Cikarang menunjukkan jika investasi sangat bermanfaat bagi masyarakat dalam tersedianya lapangan kerja. Karenanya penyederhanaan perizinan tak hanya mengejar nilai investasinya semata. Perizinan yang semakin mudah memang diharapkan untuk dapat menarik lebih banyak investasi yang masuk ke Tanah Air.

“Investor jangan dipersulit agar ekonomi kita bergerak dan supaya makin banyak rakyat kita yang mendapatkan pekerjaan. Karena investasi itu bisa membuka lapangan kerja,” ujar Presiden saat meresmikan pabrik PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI) di kawasan Greenland International Industrial Center Deltamas, Pasar Ranji Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Selasa, 25 April 2017.

Baca Juga:  Pajero Sport Dakar Jadi Raja Penjualan Pajero

Jokowi mencontohkan peningkatan investasi oleh Mitsubishi Motors dengan membangun pabrik baru di Indonesia mampu menyerap sekitar tiga ribu lapangan kerja.

Menurut Jokowi, investasi yang diwujudkan dalam pembangunan pabrik baru maupun dalam bentuk lainnya di bidang industri juga memunculkan potensi alih teknologi dan pengetahuan bagi Indonesia. Potensi inilah yang diminta Presiden Joko Widodo untuk betul-betul dimanfaatkan oleh para tenaga kerja Indonesia.

Baca juga: Jokowi Resmikan Pabrik Baru Mitsubishi di Cikarang

“Saya harap alih teknologi, alih pengetahuannya juga diperhatikan. Terus lakukan pelatihan untuk SDM lokal. Bagus juga bila disiplin yang tinggi dalam budaya kerja SDM-SDM Jepang bisa ditularkan kepada SDM Indonesia. Jangan ragu untuk melibatkan putra-putri Indonesia dalam melahirkan inovasi-inovasi baru. Karena SDM Indonesia itu aslinya pintar-pintar semua,” katanya.

Baca Juga:  Wakili Indonesia, Pegokart Prassetyo Hardja Siap Raih Prestasi di Sri Lanka

Presiden mengharapkan agar industri otomotif mulai meningkatkan pengembangannya untuk pasar ekspor. “Memang pasar lokal, pasar domestik itu besar. Tetapi kita juga memerlukan pasar ekspor sebagai sebuah keseimbangan,” ujarnya di penghujung sambutan.

Sementara itu, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan bahwa pembangunan pabrik baru PT. MMKI merupakan salah satu bukti komitmen Mitsubishi Motors Corporation dan mitra usahanya yang telah ada di Indonesia sejak 1970. “Untuk menjadikan Indonesia sebagai salah satu basis produksi Mitsubishi di dunia saat ini, dengan produk andalannya Colt yang mencapai dua juta unit,” ucap Airlangga.

‎Total investasi PT.MMKI sebesar Rp 7,5 triliun memiliki kapasitas produksi sebesar 160 ribu unit per tahun. “Dan bisa ditingkatkan hingga 240 ribu unit per tahun dan menyerap tenaga kerja sebanyak 3.000 orang,” kata Airlangga.

Baca Juga:  Pajero Sport Dakar Jadi Raja Penjualan Pajero

Turut hadir mendampingi Presiden, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Kepala BKPM Thomas Lembong, Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo dan Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar, Chairman of Mitsubishi Motors Carlos Ghosn, dan Osamu Masuko, chief executive dari Mitsubishi Motors.

RAJU FEBRIAN

BERBAGI



Mitsubishi FUSO Kuasai 45% Pasar Niaga Tahun 2017

JAKARTA, 19 Januari 2018 -- Status PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) sebagai pimpinan kendaraan niaga belum tergoyahkan. Sepanjang...

Honda Accord 2018 Mobil Terbaik Amerika

TORRANCE, 19 Januari 2018 - Honda Accord 2018, generasi ke-10 sedan yang paling populer di Amerika, meraih penghargaan 2018 North...

Inilah Wajah Hyundai Veloster 2019 di Film Ant-Man

JAKARTA, 19 Januari 2018 – Hyundai All New 2019 Veloster bakal tampil di film garapan Marvel Studio terbaru. Coupe-sport milik...

VIDEO : Launching Datsun Cross di Indonesia

Jakarta-Datsun resmi memperkenalkan model crossover miliknya di Indonesia pertama kali. Model ini adalah Datsun Cross yang juga menjadi model ketiga dari Datsun. Produk ini...

Bongkar Jantung Pacu Datsun Cross

Jakarta-Datsun Cross yang baru saja hadir di Indonesia hadir dengan mesin HR12DE berkapasitas 1.2 liter dengan konfigurasi 3 silinder. Mesin ini sebenarnya sama seperti...