Beranda New Cars Renault Scenic 2017, All Over Again

Renault Scenic 2017, All Over Again

Renault All-New Scenic menggoda pasar crossover, ‘memaksa’ mereka untuk jatuh cinta lagi pada compact MPV

BERBAGI

Renault Scenic boleh saja laku keras dalam 20 tahun terakhir di pasar global. Tapi belakangan ini trend mobil bergeser, penjualan MPV terus menurun dan digantikan dengan SUV serta crossover. Meski begitu, Renault tetap melansir All-New Scenic 2017. Sepertinya Renault optimistis bahwa kita akan kembali jatuh cinta pada compact MPV.

Bukan mustahil Renault All-New Scenic merebut hati pasar. Pasalnya mobil tersebut memiliki tampilan yang sama sekali baru dan desainnya mengingatkan kita akan crossover. Siluet All-New Scenic terkesan tegap berkat proporsi body yang lebar. Overhang belakangnya pun dibuat lebih pendek dari pendahulunya dengan ground clearance tinggi.

Renault All-New Scenic memiliki desain yang berbasiskan R-Space concept, mobil konsep MPV yang muncul di Geneva Motor Show 2011. Tapi sepertinya kepala desainer Renault, Laurens van den Acker, juga terinspirasi dengan Renault Captur saat menggarap All-New Scenic. Lekuk-lekuk bodi keduanya memang mirip dengan bentuk footstep beraksen krom yang serupa.

Baca Juga:  Mazda CX-8 2018, Bullet Strike

Renault juga meminimalisir blind spot dengan penggunaan kaca segitiga di pilar A yang mereka sebut sebagai three-part screen. Kaca model ini bukan barang baru bagi Renault, mereka sudah menggunakannya di Renault Escape. Tapi yang paling mencolok dari eksterior adalah velgnya. All-New Scenic menggunakan velg berukuran 20 inci sebagai standar. Penggunaan roda yang besar ini berkontribusi besar terhadap keseimbangan proporsi mobil dan membuatnya terlihat semakin gagah.

Meski terlihat seperti crossover, All-New Scenic tetaplah mobil keluarga. Interiornya dibuat nyaman dengan jok depan yang menggunakan dual-density foam seperti pada Espace. Selain itu, kursinya juga bisa disesuaikan secara elektrik. Di tengah dashboard terdapat head-up display dan layar sentuh 8,7 inci dalam posisi vertikal yang dapat di-zoom in/out dengan sentuhan jari seperti pada mobile phone.

Konsol tengahnya dapat digeser ke depan dan belakang, tergantung kebutuhan ruang. Penumpang belakang tak luput dari perhatian Renault. Mereka dimanjakan dengan meja lipat dengan slot untuk mobile phone atau tablet, dua USB port, koneksi AUX dan glove box.

All-New Scenic memiliki enam pilihan mesin diesel dan dua bensin. Semuanya dilengkapi transmisi 6-kecepatan, kecuali tipe dCi 110 dengan transmisi otomatis 7-kecepatan. Untuk tipe bensin tertinggi, TCe 130, Renault membekalinya dengan mesin berkapasitas 1.2 L 4 silinder turbo yang mampu menghasilkan tenaga 128 bhp dan torsi 205 Nm. Berbekal transmisi manual 6-kecepatan, mobil ini mampu melesat 0-100 km/j dalam 11,4 detik dan kecepatan maksimalnya mencapai 190 km/j.

Baca Juga:  Wuih, Ford Ranger Raptor Pakai Transmisi Otomatis 10 Kecepatan

Dengan desain yang jauh dari kesan mobil keluarga tradisional, ruang lega plus fitur-fitur yang memanjakan penumpang, Renault mungkin saja membuat para konsumen kembali tergoda pada MPV.

Spesifikasi Renault All-New Scenic 2017

Layout Kendaraan: MPV, mesin depan, 4 pintu, 5 penumpang, FWD
Mesin: 4-silinder 1.2 L turbo/128 bhp/205 Nm (Tipe TCe 130)
Transmisi: M/T 6-kecepatan
Wheelbase: 2734 mm
P x L x T: 4406 x 1865 x 1653 mm
Bobot Kosong: N/A
Kapasitas Tangki: N/A

MIRAH PERTIWI

BERBAGI

Last Update

Kenapa Warna Ikon Model Yaris Terbaru Kuning?

JAKARTA, 21 Februari 2018 – Pada peluncuran Toyota New Yaris hari Selasa kemarin (20/2) ada dua warna mobil Yaris teranyar...

Cuma Kosmetik Doang? Begini Penyempurnaan di Toyota New Yaris

JAKARTA, 21 Februari 2017 – Persaingan segmen hatchback memang tidak sepanas multi purpose vehicle (MPV) atau sport utility vehicle (SUV)....

Honda Civic Nouva Community Selenggarakan Gathnas ke-5 di Semarang

JAKARTA, 21 Februari 2018 – Honda Nouva Community Indonesia (HNCI), salah satu komunitas mobil senior dengan member yang cukup banyak,...

Mazda CX-5 TOURING Harganya Tak Sampai Rp 500 Juta

JAKARTA, 21 Februari 2018 – Mazda CX-5 menjadi satu dari tiga andalan utama penjualan Mazda di Indonesia. Dua lainnya adalah...

TAC Jakarta dan TAC Tangerang Raya Gelar Kopdargab Perkuat Silaturrahmi

TANGERANG, 18 Februari 2018 – Setelah sekian lama tidak menggelar kopi darat (kopdar) gabungan, Toyota Agya Club (TAC) Jakarta dan...