Beranda Drives Test Drive: Bermain Lumpur Bersama Mitsubishi All New Pajero Sport

Test Drive: Bermain Lumpur Bersama Mitsubishi All New Pajero Sport

BERBAGI
(Foto: Arie Prastz/Carvaganza)

JAKARTA, 25 Februari 2016 — Akhirnya Hiroshi Masuoka benar-benar membuktikan janjinya untuk memperlihatkan sejauh mana ketangguhan Mitsubishi All New Pajero Sport Dakar 4×4 terutama di medan off road. PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) memfasilitasi kegiatan ini dengan menyulap lahan kosong di BizPark Kuningan Jakarta menjadi track mirip medan rally. Carvaganza.com mendapat kesempatan untuk berada di kursi penumpang depan saat Masuoka melakukan aksinya.

Pada kesempatan pertama Masuoka langsung menginjak pedal gas dalam-dalam saat start. First impression yang kami dapatkan datang dari respons mesin terbaru berkode 4N15. Saat dipaksa untuk bermanufer di tikungan-tikungan tajam dan berlumpur berat akibat hujan lebat, tenaganya terasa di setiap putaran.

Baca Juga:  Menguji Kemampuan Mobil Listrik Mercedes-Benz C 350 di Malaysia

“Bisa Anda rasakan meski sempat terhenti karena pengereman dan tikungan, mobil ini dapat dengan mudah berakselerasi lagi hanya dengan langsung menekan pedal gas,” ujar pembalap veteran yang memiliki banyak pengalaman di ajang Rally Dakar ini.

25022016-Car-Pajero-Sport_04

Kesan berikutnya yang dapat kami rasakan adalah stabilitas yang cukup baik dari SUV yang telah diorder 4.182 unit ini. Masuoka dapat dengan mudah mengendalikan kendaraan meski sesekali ia menikung dengan kecepatan diatas rata-rata. Gejala negatif pengendaraan seperti body roll memang terasa namun masih dalam batas normal.

“Saya hanya perlu menggoreksi setir untuk mengimbangi posisi mobil. Dengan mode 4LL pembagian distribusi torsi ke roda depan dan belakang hampir berimbang, sistem ECU akan memberikan proporsi terbaik tergandung kondisi jalan. Hal ini juga ditunjang oleh fitur Active Stability Traction Control (ASTC),” papar pria 56 tahun ini.

Baca Juga:  Menguji Kemampuan Mobil Listrik Mercedes-Benz C 350 di Malaysia

Hal menarik lainnya dengan ground clearence 218 mm, Masuoka kadang seperti tidak mengidahkan tanggul pembatas pada track. Dengan penuh percaya diri ia memotong tikungan melewati tanggul setinggi lebih kurang 30 cm.

25022016-Car-Pajero-Sport_01

Mengomentari kondisi dalam kabin, All New Pajero Sport memiliki sistem insulasi atau peredaman yang baik. Dan yang menarik, meski menggunakan mesin diesel, vibrasinya nyaris tak terasa. Itu sepertinya berkat penyempurnaan dari engine mounting dibuat lebih besar berikut dengan sound proofing yang disebar pada 13 titik.

Tak terasa track berliku dan berlumpur serta penuh genangan sepanjang 1,2 km terlalui. Kesimpulan kami adalah pada point ini, All New Pajero Sport layak disebut memiliki DNA dari saudara tuanya Mitsubishi Pajero yang sudah banyak asam garam rally Dakar.

Baca Juga:  Menguji Kemampuan Mobil Listrik Mercedes-Benz C 350 di Malaysia

Karena selain nyaman digunakan pada jalan-jalan raya, bersama Masuoka, bukan masalah serius bagi versi Dakar 4×4 ini untuk diajak bermain lumpur. Jika Anda terpancing untuk melakukan hal yang sama sebaiknya lengkapi ban yang sesuai denga karakter medan.

25022016-Car-Pajero-Sport_02

ARIE PRASTZ

BERBAGI

Last Update

Emisi Bermasalah, Porsche Diminta Recall 60.000 Cayenne dan Macan Diesel

MUENCHEN, 22 Mei 2018 – Porsche telah diperintahkan untuk merecall sekitar 60.000 unit kendaraannya. Kendaraan yang masuk dalam program ini...
video

VIDEO: Ini Kata Senna Saat Geber McLaren Senna

WOKING, 21 Mei 2018 – McLaren Senna telah menarik perhatian sejak kehadirannya, sebagai hypercar yang tampil dengan desain radikal terfokus...

Ekspor Mitsubishi Xpander Gelombang Pertama Sudah Tiba di Filipina

BATANGAS, 22 Mei 2018 – Ekspor gelombang pertama Mitsubishi Xpander dari Indonesia diberangkatkan pada 25 April 2018 lalu oleh PT Mitsubishi Motors Krama Yudha...

Mercedes-Benz Tetap Jual Heavy-Duty G-Class

MUENCHEN, 22 Mei 2018 -- Bersamaan dengan Mercedes-Benz G-Class baru, yang diluncurkan pada di North American International Auto Show (NAIAS)...

AIA Financial Beri Asuransi Kecelakaan Gratis untuk 100.000 Pemudik

JAKARTA, 22 Mei 2018 – Menyambut Hari Raya Idul Fitri, PT AIA Financial (AIA), salah satu perusahaan asuransi jiwa terkemuka di...