Beranda Updates Rimac Concept One, Hypercar Listrik Pertama di Dunia

Rimac Concept One, Hypercar Listrik Pertama di Dunia

BERBAGI

LONDON, 25 Februari 2016 — Rimac Automobili, pabrikan asal Kroasia, akhirnya memperkenalkan hypercar listrik pertama mereka yang diberi nama Rimac Concept One. Model ini sudah masuk produksi pertama. Meski nama ini sedikit membingungkan karena sudah memasuki tahap produksi namun Rimac tetap memilih nama tersebut.

Rimac Concept One adalah hypercar listrik. Desain model ini juga layak kategori mobil sport eksklusif ditempatkan di atas supercar “biasa”.

Concept One memiliki empat motor listrik magnet permanen, satu untuk setiap roda, dan masing-masing dengan gearbox sendiri. Gearbox pada as roda depan adalah single-speed unit, sedangkan yang pada poros belakang adalah unit two-speed twin-clutch.

Motor listrik yang terletak di pusat kedua as roda ini mengembangkan total output 1.088 HP dan torsi 1.600 Nm. Hypercar listrik memiliki fitur sistem all-wheel-drive canggih dengan torsi vectoring. Sistem vectoring torsi disebut R-AWTV dan juga bekerja sebagai ABS, kontrol traksi, kontrol stabilitas, dan mendukung pengereman regeneratif hingga 400 kW. Selain itu, mobil memiliki sistem pengereman hidrolik, yang beroperasi dengan bagian karbon-keramik.

Baca Juga:  BMW i8 Roadster, Gunakan Pintu Gullwing dan Soft-Top

Produksi pertama hypercar listrik dunia ini mampu melaju dari 0 hingga 100 km/jam hanya dalam 2,6 detik. Adapun soal akselerasi mobil ini berlari dari 0 hingga 300 km/jam dalam 14,2 detik, sementara kecepatan puncak 355 km/jam.

Pada bagian interior, hypercar mengguanakan dua kursi dan memiliki sistem infotainment seperti yang terdapat di rumah. Semua tombol fisik menggunakan tombol aluminium, sementara fitur lainnya dikendalikan melalui sistem layar sentuh. Bahkan, mobil ini memiliki koneksi internet 4G LTE, Cloud khusus, dan menggunakan informasi dari lebih dari 500 sensor untuk memberikan pengalaman berkendara tertinggi.

Rimac Automobili hanya akan membuat delapan unit Concept One. Namun hinga kini belum ada harga yang dilansir.

RAJU FEBRIAN

subscribe Carvaganza's youtube channel to get the latest car reviews

BERBAGI



Toyota Avalon 2019 Lakukan Debut di Detroit Auto Show 2018

DETROIT, 11 Desember 2017 – Mobil-mobil bergenre sedan tengah menurun penjualannya tergerus meningkatnya pemintaan akan SUV crossover. Meski demikian sedan...

Ikuti Tren, Jeep Cherokee 2019 akan Gunakan Mesin Hybrid 2.0L

DETROIT, 11 Desember 2017 -- Jeep Cherokee KL, yang pertama kali melakukan debutnya di New York Auto Show 2013, tengah...

Tak Menarik, Mazda Enggan Bangun Mesin Turbo Kecil dan Transmisi CVT

TOKYO, 11 Desember 2017 – Di saat pabrikan lain berlomba-lomba membuat mesin berkapaistas kecil dan turbo serta transmisi CVT, tidak...

Pembalap Toyota Team Indonesia Siap Beradu Cepat di Fuji Speed Way

TOYOTA, 10 Desember 2017 – Dua pembalap Toyota Team Indonesia (TTI), Alinka Hardianti dan Haridarma Manoppo, tampil menawan dan berhasil...

BMW Siapkan 11 M Series dan 15 M Performance Hingga 2020

STUTTGART, 9 Desember 2017 -- BMW M memiliki empat angka penting dalam beberapa tahun ke depan: 11, 15, 2020 dan...