Beranda Updates Begini 5 Tahap Produksi Toyota All New Kijang Innova

Begini 5 Tahap Produksi Toyota All New Kijang Innova

BERBAGI

JAKARTA, 24 November 2015 — Beberapa hari sebelum peluncuran Toyota All New Kijang Innova, Senin (23/11), PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) mengajak rekan-rekan media untuk berkunjung ke Plant 1 di Karawang, Jawa Barat. Kami diajak berkeliling untuk melihat secara langsung proses produksi Innova teranyar.

Sebelum generasi keenam Kijang Innova itu hadir di tangan konsumen ada 5 tahap produksi yang harus dijalani yakni stamping welding (pengelasan), painting (pengecatan), assembly (perakitan) dan quality inspection (tes kualitas). Kami tidak melihat fasilitas engine manufacturing (produksi mesin) karena lokasinya berada di Sunter, Jakarta Utara.

Produksi mobil di Toyota bertumpu pada Toyota Production System (TPS) yang memiliki dua pilar utama yaitu Just in Time dan Jidoka. Just in Time adalah aktivitas penyediaan produk sesuai dengan jenis yang diperlukan, pada saat diperlukan dan jumlah yang diperlukan. Dengan Just in Time, Toyota sukses meminimalisasi proses dan kegiatan yang tidak memiliki nilai tambah serta membagi beban kerja sesuai dengan kemampuan manusia dengan mesin/robot.

Baca Juga:  Jeep Wrangler 2018, Baru di Semua Bagian

Jidoka adalah berbagai aktivitas yang mencegah terjadinya ketidaknormalan sehingga kualitas produk tetap terjaga. Jidoka memiliki 3 prinsip dasar yaitu tidak menerima, membuat dan meneruskan cacat. Salah satu penerapan Jidoka adalah dengan memberikan wewenang penuh kepada operator untuk menghentikan lini produksi jika terjadi abnormalitas.

Tahap pertama pembuatan mobil dimulai dari proses stamping (pengepresan). Diproses ini, lembaran baja dicetak menjadi bagian bodi kendaraan seperti kerangka, kabin, deck, rangka chasis dan pintu. Usai tahap pertama, masuk tahap kedua adalah welding (pengelasan). Di proses ini, bagian kendaraan hasil proses stamping dilakukan pengelasan sehingga menghasilkan satu bagian utuh. Untuk menjamin akurasi dan tingkat presisi yang tinggi, welding shop TMMIN dilengkapi oleh robot las. Selain itu fasilitas khas Toyota lainnya adalah main body jig dan global body line yang memungkinkan dibuatnya berbagai model kendaraan dalam satu lini produksi.

Baca Juga:  Lexus Indonesia Genap 10 Tahun, Ini Rahasianya

Setelah proses pengelasan, bodi mobil akan memasuki painting shop untuk dilakukan proses pengecatan. Bodi mobil akan menjalani proses Electo Deeping Coating (EDC) untuk menjamin kualitas anti karat serta proses pengisian celah supaya tidak terjadi kebocoran pada saat hujan ataupun banjir.

Dari painting shop, kerangka bodi mobil dibawa ke assembling shop. Kerangka bodi utuh akan dirangkai dengan bagian mobil lainnya seperti frame, mesin, kursi, roda, lampu, kaca dan lainnya.

Pintu gerbang terakhir pada proses pembuatan mobil Toyota terletak di proses quality inspection (tes kualitas). Semua mobil yang telah diproduksi di assembling shop menjalani proses pengecekan kualitas terakhir untuk mewujudkan kepuasan pelanggan. Beberapa tes antara lain tes kecepatan, tes pengereman dan tes kebocoran harus dilalui oleh semua mobil Toyota sebelum dikirim ke konsumen.

Baca Juga:  Innova Community Gelar Pelatihan Detailing bagi Komunitas

EKA ZULKARNAIN

subscribe Carvaganza's youtube channel to get the latest car reviews

BERBAGI



Mitsubishi Motors dan Pemerintah Indonesia Menyepakati Rencana Terkait Kendaraan Listrik

TOKYO, 11 Desember 2017 - Mitsubishi Motors Corporation (MMC) dan Pemerintah Indonesia hari ini mengumumkan penandatanganan nota kesepahaman terkait pengembangan...

Toyota Terbaik dalam Layanan Purna Jual versi JD Power

JAKARTA, 11 Desember 2017 -- Toyota Indonesia kembali dinilai sebagai perusahaan otomotif kendaraan roda empat di Tanah Air dengan pelayanan...

Toyota Avalon 2019 Lakukan Debut di Detroit Auto Show 2018

DETROIT, 11 Desember 2017 – Mobil-mobil bergenre sedan tengah menurun penjualannya tergerus meningkatnya pemintaan akan SUV crossover. Meski demikian sedan...

Ikuti Tren, Jeep Cherokee 2019 akan Gunakan Mesin Hybrid 2.0L

DETROIT, 11 Desember 2017 -- Jeep Cherokee KL, yang pertama kali melakukan debutnya di New York Auto Show 2013, tengah...

Tak Menarik, Mazda Enggan Bangun Mesin Turbo Kecil dan Transmisi CVT

TOKYO, 11 Desember 2017 – Di saat pabrikan lain berlomba-lomba membuat mesin berkapaistas kecil dan turbo serta transmisi CVT, tidak...