Beranda Drives Test Drive: All New Hilux Makin Mantap

Test Drive: All New Hilux Makin Mantap

BERBAGI
(Foto: Raju Febrian/Carvaganza)

BSD CITY, 24 Agustus 2015 — Tampilan sudah “ngota” tapi memiliki kemampuan off-road? Kendaraan pick-up double cabin rupanya tengah naik daun. Setelah Nissan, Mitsubishi, dan Ford meluncurkan model terbarunya, kini Toyota juga meluncurkan Toyota All New Hilux di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2015.

Nah, Carvaganza mendapat kesempatan untuk mencoba produk terbaru Toyota ini. PT Toyota Astra Motor (TAM) mengundang beberapa media untuk melakukan test drive All New Hilux di Sirkuit Off Road Pagedangan, BSD City, Tangerang, akhir pekan lalu.

Banyak perubahan yang dilakukan Toyota untuk pick-up barunya ini. Tampilan lebih galak, sporty, dan dinamis. Berbagai settingan anyar dilakukan misalnya pada luas bak belakang, suspensi, frame yang lebih tebal, juga kekedapan kabin dalam. Semuanya sudah diperbaiki.

Baca Juga:  Toyota Yaris Facelift 2018, Banyak Desain dan Fitur Baru

Bagian interior juga lebih oke. Dashboard didesain ulang, meski tak banyak. Kesan modern dan eksklusif semakin terasa pada hadirnya aplikasi jok model terbaru. Dari sisi keamanan, All New Hilux dilengkapi fitur keamanan seperti (ABS, EBD), hingga SRS airbag depan (driver & passanger), serta knee untuk semua grade.

24082015-Car-Toyota_Hilux_03

Yang bikin penasaran adalah soal mesin. Selain tipe baru Extra Cabin, All New Hilux double cabin tersedia dalam 3 varian; E, G, dan V. Mesin masih menggunakan tipe 2KD-FTV (2.494 cc) tapi telah dilengkapi teknologi andalan ToyotaVariable Nozzle Turbo (VNT). Sedangkan transmisi semua menggunakan manual 6-percepatan kecuali tiper tertinggi V yang menggunakan transmisi 5 A/Tsequential.

Carvaganza mendapat kesempatan mencoba All New Hilux 2.5G M/T. Penggunaan transmisi 6 percepatan ini dilakukan Toyota dengan alasan, “Rasio gigi bawah lebih besar tapi rasio gigi 6 lebih kecil dibandingkan gigi 5 pada model sebelumnya,” kata Iwan Abdurrahman, Technical Division PT TAM menjelaskan. “Nah, ini artinya tenaga tetap besar di gigi bawah tapi irit di gigi tinggi.”

Baca Juga:  BMW Siapkan 11 M Series dan 15 M Performance Hingga 2020

Benar saja, saat menginjak pedal gas, mobil melaju kencang di jalanan datar. Tapi ada yang lebih menarik. All New Hilux sudah menggunakan sistem penggerak empat roda yang dioperasikan melalui tombol putar di dashboard tidak lagi menggunakan dua tuas seperti beberapa rivalnya. Simpel.

24082015-Car-Toyota_Hilux_04

Selain itu juga ada fitur rear differential lock. Dengan fitur ini, pembagian traksi bisa diatur lebih baik sehingga bisa melewati jalur berat sekalipun.

Meski harus menghadapi turunan dan tanjakan lumayan terjal, hampir 45 derajat, mobil dengan mantap merayap naik meski berisi 4 orang. “Kemampuan crawling-nya makin bagus,” kata Iwan. Sedangkan saat turun mobil turun dengan mengandalkan engine break.

Kesimpulannya, All New Hilux kini punya penampilan lebih modern dan kenyamanan kabin yang baik. Soal performa, mobil ini boleh diacungi jempol karena pengoperasian makin mudah dan kemampuannya.

Baca Juga:  Pembalap Toyota Team Indonesia Siap Beradu Cepat di Fuji Speed Way

RAJU FEBRIAN

Berita Terkait:
Toyota All New Hilux, Ini 5 Keunggulannya
GIIAS 2015: All New Hilux 2015 Sudah Hadir

subscribe Carvaganza's youtube channel to get the latest car reviews

BERBAGI



Toyota Vios 2018 Masuk Singapura, Beda dengan versi Indonesia

SINGAPURA, 15 Desember 2017 – Toyota Vios 2018 mulai dijual di beberapa negara Asean. Yang terkini, sedan B Segmen itu...

Kia Picanto 2018 Hadir di Malaysia, Indonesia Menyusul?

KUALA LUMPUR, 15 Desember 2017 – Tak lama setelah perkenalan new Kia Picanto, city car andalan Kia Motors itu sudah...

10 Mobil BMW Hadir di Indonesia Pada 2018

JAKARTA, 15 Desember 2017 – Rencana besar tengah disiapkan BMW Indonesia. Pemegang merek BMW di Tanah Air itu akan memboyong...

Ganti Oli dan Servis Ringan Portable dari Pertamina Lubricants

JAKARTA, 14 Desember 2017 – Dalam rangka ulang tahun PT Pertamina ke-60, PT Pertamina Lubricants meluncurkan Pertamina Lubecare Mobile Service....

PLN Siap Dukung Kendaraan Listrik BMW

JAKARTA, 14 Desember 2017 -- BMW Indonesia bekerjasama dengan PLN Disjaya dalam pengembangan kendaraan masa depan yang menggunakan teknologi listrik...