Beranda Drives Aston Martin V12 Vantage S, The Explosive Expert

Aston Martin V12 Vantage S, The Explosive Expert

Aston Martin V12 Vantage S menawarkan kenikmatan berkendara berkat formula yang pas mulai dari desain, performa, sampai fitur.

BERBAGI
Aston Martin V12 Vantage S (Foto: Syaiful Achmad)

Selama ini saya selalu mempertanyakan bagaimana pemilik sportscar bersenang-senang dengan kendaraanya di jalan umum. Jika Anda ingin memaksimalkan performa sebuah sportscar, sirkuitlah tempat yang tepat. Tapi ternyata jalan raya bisa menjadi ‘trek’ menyenangkan dan saya membuktikannya dengan Aston Martin V12 Vantage S 2016.

Ketika kami mengendarainya berkeliling kota, mobil itu menjadi pusat perhatian. Bahkan tak sedikit yang mengabadikannya dengan smartphone. Kami pun mengakui desain coupe ini merefleksikan sportscar sejati ditambah proporsi bonnet yang panjang dan bagian bokong yang pendek. Fitur seperti air scoop yang berfungsi sebagai pendingin mesin juga menambah kesan sport pada Aston Martin V12 Vantage S berkelir kuning (Sunburst Yellow 2). Di samping itu terdapat desain grille baru dengan material carbon fiber yang stand out diapit oleh HID Project headlamp. Perpaduan pada eksterior ini menegaskan nilai seni yang begitu tinggi lewat wujud sportscar.

Tapi menjadi pusat perhatian bukan satu-satunya alasan kenapa mengendarainya di jalan umum merupakan pengalaman menyenangkan. Sejak pertama kali mengaktifkan mesin lewat tombol start engine, jeritan berat khas Aston Martin menyeruak memecah garasi Aston Martin Service Jakarta di bilangan Gandaria.

Baca Juga:  VIDEO: Aksi Bos Red Bull dan Gerry Halliwell Geber Aston Martin di Bahrain

Selanjutnya kami giring Aston Martin V12 Vantage S ini membelah kemacetan ibukota dan menuju jalan tol. Seketika momen jalanan kosong itu hadir di depan mata dan secara otomatis kaki kanan meratakan pedal gasnya. Dorongan torsi 620 Nm pada putaran 5.500 rpm yang diikuti dengan keriuhan suara knalpotnya “meledak” bersamaan yang bersumber dari mesin V12 6.0-liter.

Transmisi 7-kecepatan Sportshift III Automated Manual berpindah secara agresif dan mengalirkan tenaga ke roda belakang. Setingan transmisinya yang unik memberikan sensasi berbeda. Bak mengendarai sebuah sportscar dengan transmisi manual, saya dapat merasakan setiap perpindahan gigi meskipun saat berakselerasi. Saya tidak sedikit pun kecewa dengan performa Aston Martin V12 Vantage S di jalan raya. Sepanjang perjalanan, saya begitu menikmati performanya sehingga hampir tak pernah mengaktifkan fitur hiburan yang dilengkapi dengan audio Bang & Olufsen.

Baca Juga:  Mengemudikan Rolls-Royce Phantom VIII Seharga Rp 20 Miliar

Saya lebih memilih sedikit membuka kaca dan membiarkan suara merdu knalpotnya masuk ke dalam kabin. Sungguh, pengalaman berkendara yang sulit untuk dilupakan sepanjang menjadi wartawan otomotif. Paket powertrain yang disematkan pada Aston Martin V12 Vantage S merangsang feeling Anda dalam berkendara. Saya dengan sangat mudah membuat bokong seksinya menari-nari di tikungan. Anda dapat merasakan betapa lengket ban Pirelli P Zero Corsa menggilas aspal melalui setir di setiap kesempatan mulai dari kondisi stop & go maupun saat berakselerasi.

Oh ya, suasana pada interiornya pun sarat akan kesan sport berkat penggunaan material karbon dan jok bucket yang begitu erat memeluk penghuni kabin ditambah dengan posisi duduk yang low-slung. Kabinnya didominasi dengan kelir hitam, sedangkan fitur-fitur yang tersedia lebih banyak memanjakan pengendara dibandingkan fitur hiburannya. Di tengah dashboard terdapat tombol transmisi yang juga dilengkapi mode pengendaraan sport. Jika ingin bersenang-senang dengannya di jalan raya, rasanya cukup berada pada mode Drive. Namun jika Anda berada di sirkuit dengan peralatan safety yang memadai, silahkan saja memaksimalkan kemampuan mesinnya pada mode Sport.

Baca Juga:  Galeri Foto: Rolls-Royce Phantom VIII

Selain itu terdapat juga fitur standar seperti cruise control, adjustment suspension, dan pengaturan kontrol traksi. Sisanya, Anda hanya menemukan tombol-tombol pengaturan AC dan audio tanpa layar sentuh untuk fitur hiburan. Dan di antara line up Aston Martin yang lain, Vantage S V12 varian Pure Performance merupakan mobil paling menyenangkan yang pernah saya coba selama menjadi wartawan otomotif.

Spesifikasi:

Layout Kendaraan: Sportscar Coupe, Front Mid-mounted Engine, 2-pintu, 2-penumpang, RWD
Mesin: V12 6.0-liter 48 valve / 565 hp @ 6.750 rpm / 620 Nm @ 5.500 rpm
Transmisi: A/T 7-kecepatan Sportshift III Automated Manual
0-100 km/jam: 3,9 detik
Top speed: 330 km/jam
Wheelbase: 2.600 mm
P x L x T: 4.385 x 2.022 x 1.250 mm
Bobot Kosong: 1.665 kg
Kapasitas Tangki: 80 liter
Rekomendasi BBM: RON 98-100

ALVANDO NOYA

BERBAGI

Last Update

Ini Program Cicilan Menarik Suzuki Selama IIMS 2018

JAKARTA, 23 APRIL 2018 – PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) memberikan berbagai promo dan cicilan menarik selama gelaran Indonesia International...

Mobil Listrik Anak Bangsa yang Dioperasikan dengan Android Hadir di IIMS 2018

JAKARTA, 22 April 2018 – Ajang IIMS 2018 tak hanya menyajikan mobil-mobil baru keluaran pabrikan. Mobil Listrik Kaliurang Unisi Generasi...

Sean Gelael Optimistis Menghadapi Sirkuit Baku

JAKARTA, 23 April 2018 - Setelah tampil perdana di putaran pertama Kejuaraan Balap F2 Series di Bahrain pada 6 – 8 April lalu, Sean...

Kejutan, Test Drive DFSK Glory 580 Paling Banyak di IIMS 2018

JAKARTA, 23 April 2018 – Kejutan terjadi di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018. Dari sekian banyak mobil yang...

IIMS 2018 Dikunjungi Lebih dari 118 Ribu Orang dalam 3 Hari

JAKARTA, 23 April 2018 – Ajang pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018 sudah berlangsung selama 5 hari, sejak...