Beranda New Cars Toyota All New Rush, Upgrade Total

Toyota All New Rush, Upgrade Total

BERBAGI

JAKARTA, 23 November 2017 — PT Toyota Astra Motor (TAM) meluncurkan sport utility vehicle (SUV) All New Rush dengan tampilan serba baru di Jakarta, hari ini, Kamis, 23 November 2017. Perubahan besar dilakukan baik pada body, eksterior, interior, dan fitur safety namun tetap dengan DNA SUV yang menjadi modalnya.

“Kami tetap mempertahankan DNA sebagai real SUV untuk menjawab kebutuhan masyarakat dengan mobilitas perkotaan yang kian dinamis,” kata Yoshihiro Nakata, President Director PT Toyota Astra Motor dalam sambutanya.

Nama All New memang layak disematkan pada Rush baru ini. Perubahan dramastis dilakukan Toyota sejak dari body. All New Rush kini lebih panjang 230 mm dibandingkan model sebelumnya, menjadi 4.435 mm. Penambahan panjang dilakukan di bagian overhang depan +60mm dan belakang +170mm. Hal ini membuat bagian kabin Rush lebih luas. Sedangkan untuk tinggi, lebar, maupun wheelbase tetap sama.

Satu bagian yang tak lagi ada adalah ban cadangan. Ban serep yang sebelumnya ada di pintu belakang kini ditempatkan di bagian bawah lantai belakang. Adapun ground clereance dibuat tinggi 220mm. Hal ini untuk menguatkan karakter SUV yang kekinian.

Chief Engineer Toyata Rush, Eiji Fujibayashi mengatakan berbagai perubahan ini dilakukan berdasarkan keinginan konsumen SUV di Indonesia. “All New Rush hadir melalui riset dan survei yang mendalam. Saya membutuhkan waktu lebih dari 1 tahun untuk tinggal di Indonesia, demi mencari tahu mobil apa yang dibutuhkan dan diinginkan masyarakat Indonesia,” kata Eiji Fujibayashi.

Baca Juga:  Mercedes-Benz CLS 2019 Alami Perubahan Radikal

Toyota Rush hanya menawarkan dua model yaitu tipe G dan TRD Sportivo. Dan keduanya memiliki kapasitas 7 penumpang. Tidak ada lagi varian 5 seater seperti pada generasi sebelumnya. Nakata mengatakan hal ini dilakukan karena selama ini sebanyak 89 persen model Rush generasi sebelumnya yang terjual tetaplah varian TRD Sportivo dengan kapasitas 7 penumpang.

Dari sisi tampilan banyak upgrade dilakukan. Bumper depan, headlight LED, dan cover lampu kabut (foglamp) mendapat desain baru. Perbedaan utama antara versi G dan TRD Sportivo bisa dilihat dari red striping pada bumper depan dan belakang. Selain itu juga ada perbedaan di side moulding dan desain velg.

Untuk bagian interior, All New Rush dilengkapi dengan 7 seatbelt tiga titik dan 7 head rest. Dengan jarak bangku baris ke dua dengan bangku baris ketiga sebesar 700 mm, penumpang baris ketiga jauh lebih nyaman dibandingkan model sebelumnya. Dan ini masih menyisakan ruang yang luas untuk tempat bagasi. Panjang bagasi All New Rush mencapai 450 mm atau lebih panjang 150 mm dibandingkan sebelumnya.

Keduanya menyajikan desain interior yang baru. Khusus untuk tipe TRD Sportivo, bagian panel depan dilapisi dengan material yang lembut agar terlihat semakin eksklusif. Interior dilengkapi dengan desain dashboard yang memancarkan nuansa ketangguhan All New Rush sebagai kendaraan SUV.

Baca Juga:  Toyota Indonesia Tingkatkan Kemampuan Para Pemasok

Tipe TRD Sportivo maupun G dilengkapi pengaturan audio melalui roda kemudi, bahkan khusus untuk tipe TRD Sportivo roda kemudinya juga dilengkapi pengaturan untuk telepon. Pengaturan AC juga menggunakan layar digital, dimana tipe TRD memiliki fungsi otomatis dan tipe G memiliki sistem memori yang dapat menyimpan 2 pengaturan.

Fitur entertainment, All New Rush tipe TRD Sportivo dilengkapi DVD AVX 7″ with Internet, USB, Bluetooth, Ipod/Iphone Connect, Physical Remote, Miracast, Weblink, Support Multitasking dan Smart Phone Remote App. Sedangkan untuk tipe G, fitur entertaintment-nya dilengkapi DVD AVX 7″, USB, Bluetooth, Ipod/Iphone Connect, Physical Remote, HDMI, dan Miracast. Kemewahan ini didukung surround audio system dengan 8 speaker untuk tipe TRD Sportivo dan 6 speaker untuk tipe G.

Mesin yang digunakan baru dengan kode 2NR-VE 4 cylinder in line, 16 valve, DOHC, Dual VVT-i. Sebelumnya, hanya VVT-i. Kapasitas mesin kini 1.496cc, tidak lagi 1495cc pada generasi sebelumnya. Mesin baru ini menghasilkan tenaga 104 ps @ 6.000 rpm dan torsi 13.9 kgm @ 4.200 rpm. Angka ini turun dibandingkan mesin generasi sebelumnya (tenaga 109 ps @ 6000 rpm dan torsi 14.4 kgm @ 4.400 rpm). Pilihan transmisi tetap sama manual 5-kecepatan dan otomotis 4-kecepatan.

Nah, untuk fitur keamanan dan keselamatan, semua tipe All New Rush dilengkapi dengan menggunakan Anti-lock Braking System (ABS) untuk mengurangi risiko tabrakan, Hill Start Assist Control (HSA) agar lebih percaya diri saat melewati jalan mendaki, Vehicle Stability Control (VSC) untuk menjaga kestabilan saat menikung. Mobil ini juga dilengkapi 6 airbags.

Baca Juga:  Servis Toyota Avanza di Auto2000 Gratis Oli 2 Liter

All New Rush hadir dalam dalam 6 warna menarik yaitu white, silver mica metallic, black mica, red mica metallic, serta dua warna baru bronze mica metallic dan bordeaux mica.

Hanya saja belum ada pengumuman soal harga resmi. “Harga akan kami umumkan pada awal Januari 2018 mendatang. Dibandingkan model saat ini kami usahakan kenaikan kira-kira Rp 3 juta,” kata Nakata. Ia mengatakan hal ini berkaitan dengan peraturan pajak tahun depan. Hal ini juga berkaitan dengan delivery kepada konsumen. Tapi sudah bisa dipesan konsumen mulai hari ini.

Sebagai perbandingkan Toyota Rush saat ini dijual mulai dari harga Rp 239.900.000 sampai Rp 267.850.000.

Spesifikasi Toyota All New Rush:

MESIN
Tipe: 2NR-VE, 4-cylinder In Line, 16 Valve, DOCH, Dual VVT-i
Bore x Stroke: 72.5 x 90.6 mm
Kapasitas: 1.496 cc
Daya maksimum: 104 ps @ 6.000 rpm
Torsi maksimum: 13.9 kgm @ 4.200 rpm
Transmisi: Manusl 5-speed, Otomatis 4-speed

DIMENSI
PxLxT: 4.435 x 1.695 x 1.705 mm
Wheelbase: 2.685 mm
Suspensi depan: MacPherson Struts with Coil Spring and Stablizer
Suspensi belakang: 5 Link Lateral Rod with Coil Spring and Stablizer
Rem depan: 16” Disc
Rem belakang: Drum
Ban: 215/65 R16 Alloy with Machining (G) R17 (TRD)

RAJU FEBRIAN

subscribe Carvaganza's youtube channel to get the latest car reviews

BERBAGI



Honda Mobilio Battle of Efficiency Catat Konsumsi 24,1 Km/Liter

JAKARTA, 11 Desember 2017 -- PT Honda Prospect Motor menggelar tatangan hemat bahan bakar bagi komunitas dan calon konsumen Honda...

Maserati Levante Masuk Indonesia, Harga Rahasia

JAKARTA, 11 November 2017 – PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) meluncurkan Maserati Levante di Hotel Fairmont, Jakarta, hari ini, Senin,...

Innova Community Gelar Pelatihan Detailing bagi Komunitas

JAKARTA, 11 DESEMBER 2017 -- Komunitas atau klub otomotif tidak hanya sekedar kelompok kongkow atau berbagi informasi seputar kendaraan. Kegiatan...

BMW X3 Dapat Tampilan Baru

BANGKOK, 11 Desember 2017 – Tingginya permintaan crossover SUV terus disikapi BMW. Mereka meluncurkan 2018 BMW X3 yang sudah mendapat...

Mitsubishi Motors dan Pemerintah Indonesia Menyepakati Rencana Terkait Kendaraan Listrik

TOKYO, 11 Desember 2017 - Mitsubishi Motors Corporation (MMC) dan Pemerintah Indonesia hari ini mengumumkan penandatanganan nota kesepahaman terkait pengembangan...