Beranda Drives New Toyota Yaris Heykers TRD Sportivo, Cross The Rules

New Toyota Yaris Heykers TRD Sportivo, Cross The Rules

New Yaris Heykers adalah formula baru yang menawarkan hatchback dengan kemampuan mirip crossover.

BERBAGI

KONDISI jalan dan kebutuhan akan mobilitas masyarakat urban dewasa ini memang semakin unik. Contohnya sosok SUV dengan desain jangkung dan tenaga yang besar dulu lekat pada dunia laki-laki. Saat ini siapa saja butuh kendaraan tinggi dan dikenal mampu melalui berbagai medan karena kondisi di jalanan di sini yang belum mulus seluruhnya. Hal tersebut sepertinya dibaca oleh PT Toyota Astra Motor (TAM) dengan menghadirkan New Toyota Yaris Heykers. Kelebihan utama dari Yaris Heykers ini sangat lekat dengan poin saya di atas yakni kendaraan dengan groundclearance tinggi.

Hasilnya ground clearance Yaris Heykers bertambah hingga 185 mm dan ini diklaim cukup bagi sebuah kendaraan perkotaan agar tetap aman di berbagai kondisi jalan. Bagaimana dengan tampilan lainnya? Kebetulan Carvaganza mendapatkan kesempatan menguji New Yaris Heykers dengan paket TRD Sportivo. Hasilnya, tampilannya yang sudah sporty menjadi semakin macho berkat beberapa penambahan fitur di sekujur body sepanjang 4115 mm.

Bumper depannya dibekali dengan body kit TRD dengan aksen hitam, ditambah lagi dengan side molding dan bumper belakang yang juga tak lepas dari style TRD Sportivo yang sporty. Semua dibungkus agar tidak sama dengan tampilan Yaris sebelumnya. Namun Yaris Heykers mampu mengemasnya menjadi lebih baik dan benar-benar terlihat beda.

Baca Juga:  Jeep Wrangler 2018, Baru di Semua Bagian

Yap, benar ini merupakan kelanjutan dari tim desain Toyota Indonesia yang sempat memamerkan Yaris Heykers dan Yaris Legian pada GIIAS 2015 lalu. Setelah melalui proses panjang dengan tim R&D Toyota Jepang, akhirnya Toyota Yaris Heykers bisa diproduksi dengan standar Toyota.

Kembali pada ground clearance yang melar tersebut tidak lepas dari peran suspensi Torsion Beam baru dan velg yang kini menggunakan ukuran 16-inci dengan kelir gelap. Sisanya tidak ada lagi perbedaan dengan Yaris sebelumnya dan saya suka sistem keyless yang digunakan pada Heykers, selain memudahkan juga menjadi sangat kekinian untuk memasuki kabinnya.

New Toyota Yaris Heykers menggendong mesin terbaru 2NR-FE 4-silinder 1.5-liter yang merupakan mesin baru dan dikawinkan dengan transmisi CVT 7-kecepatan. Tenaga sebesar 105 hp dan torsi 140Nm tersalur linear baik dalam kondisi berakselerasi maupun kondisi konstan. Tidak ada hentakan berlebihan saat Anda melakukan kick-down maupun pada kondisi stop & go.

CVT memang memiliki perpindahan yang jauh lebih halus dibandingkan dengan transmisi otomatis pada umumnya. Hanya saja pada saat memasuki tanjakan, Anda harus jauh lebih pintar menjaga kecepatan agar mendapatkan momen untuk melewati tanjakan. Karakteristik kendaraan urban memang sangat melekat pada Yaris Heykers, di samping tampilannya yang modern ia juga terasa sangat mudah dikendalikan di kondisi apapun.

Baca Juga:  Lexus RX L, Akhirnya Punya Pilihan 7 Kursi

Kemudinya terasa komunikatif di dalam membaca ragam kondisi jalan dan memberikan feedback positif terhadap setiap input yang diberikan. Meski torsi dan tenaganya dialirkan ke roda depan, saya tak merasakan gejala understeer ketika memasuki tikungan medium. Mungkin ada benarnya konsep slalom dan drifting yang dikemas pada peluncurannya di akhir 2016 lalu sebagai bukti bahwa kendaraan ini memang cukup stabil.

All New Yaris Heykers juga dilengkapi dengan suspensi Torsion Beam dan menyumbang penambahan ground clearance hingga 185 mm. Kerja suspensinya memang tidak terlalu empuk tetapi tidak terlalu keras juga untuk ukuran sebuah kendaraan hatchback. Anda masih bisa menggiringnya ke jalan-jalan yang tak rata tanpa khawatir guncangan yang berlebihan di dalam kabin.

Di samping pengendaraan dan mesin, tampilan menariknya adalah di sektor desain interior yang menggabungkan nuansa sporty dan elegan. Memang kesan elegan tersebut kurang maksimal karena material yang digunakan di beberapa titik seperti dashboard dan door trim masih berbahan plastik keras dan hiasan menyerupai jahitan. Material kulit hanya membungkus kemudi yang dilengkapi dengan tombol pengatur fitur audio.

Baca Juga:  All-New Mazda CX-5, Broad Appeal

Joknya hanya dibekali dengan bahan kain dua warna namun cukup nyaman memeluk pengendara karena memiliki desain semi bucket. Saya juga mengacungkan jempol untuk fitur hiburan di layar 7-inci yang sudah dilengkapi dengan layanan-layanan seperti Browser, sambungan USB dan HDMI. Akurasi layar sentuhnya pun jauh lebih baik dan sangat user-friendly semua mudah dioperasikan juga cukup lengkap memenuhi kebutuhan hiburan penumpang.

New Yaris Heykers memang menjadi menarik dengan tampilan baru baik dari segi eksterior maupun m
esin Dual VVT-i. Paling tidak di kelas hatchback Yaris Heykers memiliki poin baru yang tidak dimiliki oleh competitor lain seperti Honda Jazz, Hyundai i20, dan Kia Rio yaitu ground clearance yang lebih tinggi.

Spesifikasi New Toyota Yaris Heykers TRD Sportivo

Layout Kendaraan: Hatchback, Mesin Depan, 4-pintu, 5-penumpang, FWD
Mesin: 2NR-FE 4-Silinder 1.5-liter Dual VVT-i/ 105 hp @ 6.000 rpm / 140Nm @ 4.200 rpm
Transmisi: CVT 7-kecepatan
Wheelbase: 2550 mm
P x L x T: 4115 x 1700 x 1510 mm
Bobot Kosong: 1500 kg
Kapasitas Tangki: 42 Liter
Rekomendasi BBM: RON92

ALVANDO NOYA

subscribe Carvaganza's youtube channel to get the latest car reviews

BERBAGI



video

VIDEO: Menikmati Kemampuan Mitsubishi Xpander di Kaki Gunung Halimun

JAKARTA, 14 Desember 2017 — Satu nama yang tengah naik daun di pasar otomotif nasional adalah Mitsubishi Xpander. Low MPV...

First Impression Range Rover Velar

JAKARTA, 14 Desember 2017 – Ketika Range Rover Velar diboyong ke Indonesia oleh PT Wahana Auto Ekamarga (WAE) pada pada Oktober...

Innova Community Kampanyekan “GATELL” 2017

JAKARTA, 14 Desember 2017 – Innova Community (IC) terus mensosialisasikan SOP Konvoy ala Innova Community berupa safety driving, penggunaan Radio...

Honda HR-V dan BR-V Kuasai 58% Pasar LSUV Tahun Ini

JAKARTA, 14 Desember 2017 -- Honda terus mempertahankan dominasinya di pasar Low Sport Utility Vehicle (LSUV) tanah air dengan menguasai...

11 Bulan 2017, Daihatsu Sigra Produk Paling Laris

JAKARTA, 14 Desember 2017 -- Selama periode 11 bulan (Januari – November) 2017, Daihatsu Sigra menjadi model paling populer dari...