Home Updates Forwot Gelar Diskusi Peluang dan Tantangan Model MPV di Indonesia

Forwot Gelar Diskusi Peluang dan Tantangan Model MPV di Indonesia

SHARE

JAKARTA, 23 Maret 2017Forum Wartawan Otomotif Indonesia (Forwot) selaku wadah yang menaungi wartawan otomotif di Indonesia menggelar diskusi hangat mengenai mobil bersegmen MPV di Indonesia. Pada diskusi yang bertajuk ‘Peluang dan Tantangan Model MPV di 2017’ di Indonesia ini di gelar di Tartine FX Sudirman hari ini, Kamis, 23 Maret 2017.

Saat ini penyumbang terbanyak penjualan mobil di Indonesia adalah Segmen MPV. Terbukti 40% penjualan mobil tanah air ditopang oleh MPV. Mobil pada segmen tersebut menjadi primadona lantaran mobil yang dapat digunakan untuk semua kegiatan. Mulai dari membawa banyak orang hingga membawa barang. Yang menjadi faktor utama adalah harganya yang relatif terjangkau dengan konsumsi bahan bakar yang irit. Ada faktor penunjang lainnya yang membuat MPV kian laris yaitu struktur pajak yang kecil.

Baca Juga:  Toyota Berpeluang Memperbesar Pasar Mobil Kompak di Indonesia

“Jika ditinjau dari segi pajak, saat ini kendaraan didominasi oleh sektor pajak 0 persen sebesar 41 persen, pajak 10 persen sebesar 44 persen, di mana 22 persen di pajak 0 persen dan 61 persen di pajak 10 persen didominasi MPV,” jelas Kukuh Kumara, Sekretaris Jenderal Gabungan Industri Kendaraan Bermotor (Gaikindo) yang hadir sebagai pembicara.

Namun penjualan dari MPV sempat goyang dan mengalami penurunan sejak lahirnya mobil bersegmen LCGC pada tahun 2013 silam.

“Ketika LCGC lahir tahun 2013 penjualan MPV menurun dari awanya 43,27% di tahun 2013 kemudian tahun 2014 turun menjadi 40,05%,” tambah Kukuh. Selain Kukuh juga hadir sebagai pembicara Dr. Yannes Martinus, Pakar Desain Otomotif dan Soni Riharto, Wartawan Otomotif Senior.

Baca Juga:  Toyota Berpeluang Memperbesar Pasar Mobil Kompak di Indonesia

Namun meski demikian, masyarakat Indonesia masih banyak yang memilih mobil dengan segmen MPV untuk tunggangan hariannya. Sebentar lagi, segmen MPV akan kedatangan pemain baru dari China yaitu Wuling. Konon kabarnya, Wuling siap untuk memproduksi mobilnya di Indonesia dengan lokal konten mencapai 100%.

TITO LISTYADI

SHARE

OSRAM Hadirkan Bohlam NBR Laser di GIIAS 2017

BSD CITY, 18 Agustus 2017 -- OSRAM sebagai produsen lampu otomotif, kini merayakan 10 tahun keberadaannya di Indonesia pada ajang...

Fakta-Fakta Menarik Tentang All-New Mazda CX-5

BSD CITY, 17 Agustus 2017 – PT Eurokars Motors Indonesia (EMI) sudah secara resmi meluncurkan All-New Mazda CX-5 di ajang...

Jimmy Martin Tomasuwa Jawara UD Trucks Extra Mile Challenge 2017

BSD CITY, 18 Agustus 2017 - UD Trucks Indonesia bersama Astra International UD Trucks kembali menggelar Extra Mile Challenge 2017 untuk para pengemudi. Dalam...

Komunitas Rayakan HUT RI 72 Dengan Membuat Koreografi Garuda

BSD CITY, 18 Agustus 2017 - Perayaan hari ulang tahun Kemerdekaan Republik Indonesia tak hanya diwarnai dengan beragam gelaran lomba...

Ini Yang Beda dari Edisi Spesial Honda Brio RS dan HR-V 15L

JAKARTA, 18 Agustus 2017 -- Honda meluncurkan edisi spesial New Honda Brio RS CVT dan New Honda HR-V 1.5 E...