Beranda Updates Wawancara: Atsushi Arisaka, Large Project Leader Honda BR-V

Wawancara: Atsushi Arisaka, Large Project Leader Honda BR-V

BERBAGI
Atsushi Ariska, Large Project Leader Honda BR-V Honda Motor Corporation (Foto: Honda Prospect Motor)

BSD CITY, 22 Agustus 2015 – PT Honda Prospect Motor (HPM) akhirnya merilis wujud asli dari Honda BR-V di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2015. Meski masih prototype, namun HPM serius memperkenalkan segmen crossovernya ini pada konsumen di Indonesia, termasuk awak media.

Atsushi Arisaka, Large Project Leader Honda BR-V pun turut hadir untuk menjabarkan keunggulan crossover 7-penumpang yang akan dirilis resmi awal tahun 2016 mendatang. Ini hasil wawancara tim Carvaganza:

Honda BR-V merupakan model crossover terbaru keluaran Honda, segmennya berada di antar Mobilio dan HR-V. Apa yang membuatnya menarik dan berbeda dari model lainnya?

Honda Mobilio dikenal sebagai MPV dengan kapasitas 7-penumpang, sedangkan HR-V adalah SUV kompak dengan kapasitas 5-penumpang. Kami melihat ada gap kosong di antara dua mobil ini.

Baca Juga:  Honda HR-V dan BR-V Kuasai 58% Pasar LSUV Tahun Ini

Kami ingin memberikan pengalaman baru pada konsumen di Indonesia. BR-V memiliki kapasitas dan ruang tampung serupa MPV, namun kami juga memberikan DNA SUV yang dapat dilihat dari ground clearance namun memiliki pengendaraan yang stabil.

Jadi, Honda BR-V merupakan kendaraan yang benar-benar baru di keluarga Honda?

Honda BR-V merupakan crossover 7-penumpang dan tidak ada di line up Honda Indonesia sebelumnya. Tapi ada beberapa bagian Honda Mobilio yang juga disematkan pada BR-V.

Salah satunya adalah desain eksterior yang menunjukan tarikan-tarikan garis khas Mobilio. Meski demikian, tetap ada perbedaannya. Mengingat, Honda BR-V adalah crossover kami menyematkan peranti seperti suspensi, kaki-kaki, dan roda yang lebih besar. Itu dapat meningkatkan kemampuan BR-V di jalanan yang tidak rata.

Baca Juga:  Toyota Yaris Facelift 2018, Banyak Desain dan Fitur Baru

Honda BR-V menggabungkan dua elemen antara MPV dan SUV. Saat mendesain BR-V, bagian mana yang dirasa sulit oleh tim Honda?

Kami melihat Honda BR-V adalah kendaraan jenis baru, tentu ada bagian-bagian yang harus mendapat perhatian khusus. Bagi kami hal-hal yang menyangkut safety adalah bagian yang terberat karena kami harus memastikan BR-V tetap aman saat dikendarai oleh konsumen.

Bahkan, kami juga telah melakukan uji tabrak.  Selain itu, bagian lainnya adalah NVH (Noise Vibration & Harsness) juga menjadi bagian yang paling penting kami. Bahkan dalam pengerjaannya, kami tidak menggunakan material lokal tapi langsung dari Jepang.

Jadi berapa banyak kandungan lokal yang ada di BR-V?

Material lokal pada Honda BR-V hanya 80%, mengingat BR-V akan dibangun di Indonesia. Sisanya, 20% kami mengimpor dari beberapa negara seperti India, Thailand dan Jepang.

Baca Juga:  Honda Honda Freed Modulo X, Tampil Agresif

Kalau boleh tahu, berapa lama dan berapa jumlah tim Honda yang terlibat dalam proyek BR-V mulai dari perencanaan hingga menjadi sebuah prototype?

Hahaha… Maaf kami belum bisa berbagi tentang itu.

TIM CARVAGANZA

 

subscribe Carvaganza's youtube channel to get the latest car reviews

BERBAGI



Ini 3 Keunggulan Beli Mobil di momobil.id

JAKARTA, 17 Desember 2017 – Situs jual beli mobil bekas di Tanah Air sudah cukup banyak. Kini PT Adira Dinamika...

Adira Finance Perkenalkan Situs Jual Beli momobil.id

JAKARTA, 15 Desember 2017 -- Perusahaan pembiayaan otomotif dan multiguna terbesar di Indonesia, PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk (Adira...

Toyota Avanza, Mobil Bekas Terbaik Versi OLX

JAKARTA, 16 Desember 2017 – Toyota dan Toyota Avanza menjadi dua nama yang paling dicari para calon pembeli mobil bekas....

Honda Honda Freed Modulo X, Tampil Agresif

TOKYO, 16 Desember 2017 – Multi Purpose Vehicle (MPV), Honda Freed, tetap menjadi favorit di Jepang. Honda melansir Honda Freed...

Servis Berkala di Auto2000 Dapat Oli Mesin TMO Gratis

JAKARTA, 16 Desember 2017 -- Anda pemilik mobil Toyota yang rutin menjalani servis berkala di workshop Auto2000, kini ada reward...