Beranda Updates Wawancara: Atsushi Arisaka, Large Project Leader Honda BR-V

Wawancara: Atsushi Arisaka, Large Project Leader Honda BR-V

BERBAGI
Atsushi Ariska, Large Project Leader Honda BR-V Honda Motor Corporation (Foto: Honda Prospect Motor)

BSD CITY, 22 Agustus 2015 – PT Honda Prospect Motor (HPM) akhirnya merilis wujud asli dari Honda BR-V di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2015. Meski masih prototype, namun HPM serius memperkenalkan segmen crossovernya ini pada konsumen di Indonesia, termasuk awak media.

Atsushi Arisaka, Large Project Leader Honda BR-V pun turut hadir untuk menjabarkan keunggulan crossover 7-penumpang yang akan dirilis resmi awal tahun 2016 mendatang. Ini hasil wawancara tim Carvaganza:

Honda BR-V merupakan model crossover terbaru keluaran Honda, segmennya berada di antar Mobilio dan HR-V. Apa yang membuatnya menarik dan berbeda dari model lainnya?

Honda Mobilio dikenal sebagai MPV dengan kapasitas 7-penumpang, sedangkan HR-V adalah SUV kompak dengan kapasitas 5-penumpang. Kami melihat ada gap kosong di antara dua mobil ini.

Baca Juga:  Toyota Yaris Facelift 2018, Banyak Desain dan Fitur Baru

Kami ingin memberikan pengalaman baru pada konsumen di Indonesia. BR-V memiliki kapasitas dan ruang tampung serupa MPV, namun kami juga memberikan DNA SUV yang dapat dilihat dari ground clearance namun memiliki pengendaraan yang stabil.

Jadi, Honda BR-V merupakan kendaraan yang benar-benar baru di keluarga Honda?

Honda BR-V merupakan crossover 7-penumpang dan tidak ada di line up Honda Indonesia sebelumnya. Tapi ada beberapa bagian Honda Mobilio yang juga disematkan pada BR-V.

Salah satunya adalah desain eksterior yang menunjukan tarikan-tarikan garis khas Mobilio. Meski demikian, tetap ada perbedaannya. Mengingat, Honda BR-V adalah crossover kami menyematkan peranti seperti suspensi, kaki-kaki, dan roda yang lebih besar. Itu dapat meningkatkan kemampuan BR-V di jalanan yang tidak rata.

Baca Juga:  Subaru Impreza 2017, Impressive Impreza

Honda BR-V menggabungkan dua elemen antara MPV dan SUV. Saat mendesain BR-V, bagian mana yang dirasa sulit oleh tim Honda?

Kami melihat Honda BR-V adalah kendaraan jenis baru, tentu ada bagian-bagian yang harus mendapat perhatian khusus. Bagi kami hal-hal yang menyangkut safety adalah bagian yang terberat karena kami harus memastikan BR-V tetap aman saat dikendarai oleh konsumen.

Bahkan, kami juga telah melakukan uji tabrak.  Selain itu, bagian lainnya adalah NVH (Noise Vibration & Harsness) juga menjadi bagian yang paling penting kami. Bahkan dalam pengerjaannya, kami tidak menggunakan material lokal tapi langsung dari Jepang.

Jadi berapa banyak kandungan lokal yang ada di BR-V?

Material lokal pada Honda BR-V hanya 80%, mengingat BR-V akan dibangun di Indonesia. Sisanya, 20% kami mengimpor dari beberapa negara seperti India, Thailand dan Jepang.

Baca Juga:  Lexus LS 500h Melantai di Indonesia Awal 2018

Kalau boleh tahu, berapa lama dan berapa jumlah tim Honda yang terlibat dalam proyek BR-V mulai dari perencanaan hingga menjadi sebuah prototype?

Hahaha… Maaf kami belum bisa berbagi tentang itu.

TIM CARVAGANZA

 

subscribe Carvaganza's youtube channel to get the latest car reviews

BERBAGI



video

VIDEO: Test Drive Mazda CX-5 Elite

JAKARTA, 15 Desember 2017 – Kesempatan menjajal All New Mazda CX-5 yang diberikan PT Eurokars Motor Indonesia tentunya tidak disia-siakan. Apalagi...

All New Mazda CX-5 Elite, SUV yang Menyenangkan

JAKARTA, 15 Desember 2017 – Saya harus membuat pengakuan. Sejak pertama kali melihat dan mencoba mobil-mobil Mazda, saya dibuat jatuh...

BMW Tebet Menjadi Dealer BMW i Kedua

JAKARTA, 15 Desember 2017 - PT BMW Indonesia bersama PT Tunas Mobilindo Parama meresmikan layanan baru dealer yang sudah berpengalaman sejak 1987, yaitu BMW Tebet, Jakarta Selatan....

Volkswagen Polo GTI Mk6 Gunakan Mesin Lebih Bertenaga

MUENCHEN, 15 Desember 2017 – Setelah diperkenalkan pertama kali di Frankfurt Motor Show pada September lalu, Volkswagen Polo GTI Mk6 mulai...

Toyota Vios 2018 Masuk Singapura, Beda dengan versi Indonesia

SINGAPURA, 15 Desember 2017 – Toyota Vios 2018 mulai dijual di beberapa negara Asean. Yang terkini, sedan B Segmen itu...