Beranda Drives MINI Cooper S Clubman 2016, MAXI-MINI

MINI Cooper S Clubman 2016, MAXI-MINI

MINI Clubman menyajikan ruang kabin yang nyaman dan roomy namun tetap mempertahankan karakter go-kart feeling

BERBAGI

Menyebut nama MNI memang membuat kami selalu penasaran. Pasalnya, meski disebut MINI namun kemampuan mobil ini sama sekali tidak mini. Generasi terbaru dari MINI Cooper S Clubman ini akhirnya terpakir di garasi Carvaganza. Kami mendapatkan kesempatan untuk menjajal langsung performa dan kenyamanan kabinnya.

Diluncurkan pada awal 2016, MINI Clubman generasi terbaru ini memiliki dimensi yang lebih lebar, panjang serta memiliki jarak wheelbase yang juga melar. Hasilnya, MINI sukses menyediakan ruang lebih lewat Clubman di samping go-kart feeling yang menjadi identitas sejatinya. Ditambah lagi ruang bagasi yang memiliki kapasitas volume hingga 360 liter dan bisa mencapai 1.250 liter dengan melipat kursi belakang.

Bahkan selain ruang lebih luas, MINI Clubman juga menyediakan akses masuk yang mudah berkat desain yang berbeda. Ada bagian seksi yang hilang pada MINI Clubman generasi terbaru ini. Suicide door-nya tidak lagi tersedia namun pintu khas kereta mayatnya masih terlihat di bagian belakang. Untuk postur seperti saya dengan tinggi 172 cm dan bodi yang gempal, saya tidak merasa kesulitan saat memasuki kabin dan mudah untuk mendapatkan posisi nyaman di dalam.

Baca Juga:  Ferrari GTC4Lusso T, The Other Side of Prancing Horse

Selain itu saya pun dapat dengan mudah mengatur kursi dengan pengaturan eletrik, tidak seperti MINI pada umumnya. MINI Clubman merupakan model pertama yang memiliki fitur pengaturan jok dan Parking Assistan. Dengan fitur terakhir tersebut, Anda dapat memarkirkan kendaraan secara pararel semi autonomousMINI juga menyematkan beberapa fitur lainnya seperti electronic parking brake, Forward Collision Warning, Video Adaptive Cruise Control dan MINI Connected hingga head up display yang ditampilkan di balik kemudi.

Saat menyalakan mesin, raungannya pun terasa smooth berkat penggunaan mesin 4-silinder 2.0-liter TwinPower Turbo. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga maksimal hingga 192 hp dan torsi 280 Nm pada putaran 1.250 rpm. Mesin ini dilengkapi dengan turbo, direct fuel injection dan variable camshaft control pada intake dan exhaust (double VANOS).  Meski berorientasi pada ruang yang lebih luas, namun MINI Clubman tetap memiliki karakter pengendaraan yang sama dengan model MINI lainnya.

Baca Juga:  Ferrari 812 Superfast, Gone In 2,9 Seconds

Paket mesin barunya tetap terasa responsif meski MINI Clubman S 2016 ini memiliki bobot yang jauh lebih berat dari generasi sebelumnya. Pedal gasnya terasa komunikatif saat berakselerasi maupun berdeselarasi. Tidak ada lag yang terasa. Ditambah lagi perpindahan transmisi manualnya yang agresif membaca situasi dan kebutuhan mesin.  Suspensinya disetting stiff yang menghasilkan handling khas MINI yang sangat stabil. Tidak hanya pada jalan lurus, MINI Clubman tetap terasa nyaman saat diajak menikung dengan kecepatan 80-90 km/jam.

Saya suka dengan visibilitasnya yang jauh lebih nyaman dibanding model lainnya. Minim blindspot dan sangat mudah mendapatkan pandangan maksimal di segala kondisi. Pada posisi stop & go, kemudi MINI tetap responsif membaca komando gerakan tangan.

Transmisi paddle-shift yang tersemat di balik kemudi cukup bisa diandalkan ketika ingin mendapatkan perpindahan gigi yang lebih cepat. Namun, saya tak banyak menyentuhnya. Pasalnya, lonjakan tenaganya sangat responsif ketika saya menginjak gas dengan dalam. Terlebih ketika menggunakan mode Sport, hentakan tenaga berbarengan dengan suara knalpot yang menggelegar berpadu begitu serasi.

Baca Juga:  MINI John Cooper Works GP, Hardcore Hatchback

Karakternya jauh berbeda dari tampangnya yang manis dan sangat metroseksual berkat fitur-fitur yang lebih disempurnakan dibanding generasi sebelumnya. Pada bagian depan, desain klasik khas MINI masih terpancar melalui dua buah lampu bulat yang dikelilingi ornamen krom. Grille pun masih sama seperti MINI Cooper S 3-doors hanya saja kini terlihat lebih lebar.

Begeser ke bagian buritan, desain lampu belakang dengan teknologi LED pun kini lebih unik dan berbentuk oval horisontal. Sangat cantik dilihat, apalagi ketika lampu LED yang membentuk garis vertikal dinyalakan pada malam hari. Dua buah knalpot hadir dibagian bawah bemper untuk menambah kesan sport.

Spesifikasi

Layout : Hatchback, 5-pintu, 5- penumpang, mesin depan, FWD
Mesin : 2.0 liter empat silinder twinpower turbo / 189 hp @4000rpm/ 280 Nm @ 1750 rpm
Transmisi : AT 6-kecepatan
Wheelbase : 2670 mm
P x L x T : 4275 x 1801 x 1440 mm
Bobot kosong : 1375 kg
Kapasitas tangki bbm : 48 liter
Rekomendasi BBM : Ron 98

TITO LISTYADI

BERBAGI



Mitsubishi Colt Diesel Terpanjang di Dunia Hadir di GIIAS Surabaya 2017

SURABAYA, 21 September 2017 -- PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), distributor resmi kendaraan Mitsubishi di Indonesia, memboyong Colt...

IIMS 2018 Kenalkan Logo Baru, Lebih Atraktif

JAKARTA, 21 September 2017 – Pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018 melakukan launching bagi non-APM. Pada kesempatan ini, IIMS...

Mitsubishi Xpander Bidik Penjualan 200 Unit di GIIAS Surabaya 2017

SURABAYA, 20 September 2017 – Antusiasme konsumen dengan kehadiran Mitsubishi Xpander dimanfaatkan PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (PT...

Honda Civic Type R Jadi Andalan di GIIAS Surabaya Auto Show 2017

SURABAYA, 20 September 2017 – Honda Civic Type R untuk pertama kalinya diperkenalkan di Surabaya pada gelaran GIIAS Surabaya Auto...

Wuling Mulai Ekspansi, Buka Dealer Ketiga di Sulawesi

MANADO, 20 September 2017 - Pabrikan mobil asal Cina yang menanamkan investasi sangat besar di Indonesia yaitu Wuling Motors mulai memperluas jaringan...